x

ilustr: Southern Living

Iklan

Bachtiar R. Pudya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Mei 2023

Rabu, 5 Juli 2023 09:31 WIB

Panduan Menabung Emas Digital untuk Pemula

Tingginya biaya hidup dan kebutuhan lainya yang kian hari kian berat. Maka, emas pun kembali menjadi pilihan terbaik, tetapi harga emas yang mahal menjadi kendalanya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tingginya biaya pendidikan, kesehatan dan kebutuhan lainya yang kian hari semakin terasa berat, tentunya hal tersebut perlu dilakukan langkah antisipasi. Apalagi persoalan tersebut juga diikuti laju inflasi yang semakin menyulitkan kondisi keuangan kita masyarakat biasa. Maka, emas pun kembali menjadi alternatif terbaik, tetapi harga beli emas yang mahal menjadi kendalanya. Jadi nabung emas secara digital menjadi salah satu solusi terbaik yang data ditempuh.

Manfaatkan Tabungan Emas Digital Sebagai Pilihan

Berinvestasi emas tidak harus memiliki modal besar, apalagi jika investasi tersebut dilakukan secara mandiri atau pribadi. Tentunya membutuhkan pemahaman yang betul berkaitan dengan cara berinvestasi emas, terutama yang berbentuk fisik. Jangan sampai kita salah langkah, sehingga merugikan diri kita sendiri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sementara untuk menabung emas fisik mulai dari 1 gram emas, masih juga terasa berat. Belum lagi tempat aman yang perlu dipersiapkan. Tabungan emas digital  menjadi solusi terbaik bagi pemula yang hendak memulai berinvestasi emas. Dengan beberapa langkah sebagai berikut:

 

1. Pilih Platform Yang Sesuai 

Selain beragam produk emas fisik, saat ini marak berbagai penawaran tabungan emas digital. Semuanya menawarkan berbagai kemudahan dan janji-janji manis yang menguntungkan para pelanggan (pada awalnya). Untuk itu diperlukan langkah bijak dalam memilih platform yang tepat ketika akan membuka akun tabungan emas digital, antara lain:

  • Kemudahan dan kecepatan dalam proses jual mapun beli
  • Kemudahan ketika emas digital tersebut di withdraw (diambil) ke dalam bentuk emas fisik
  • Harga yang terus terupdate dengan harga emas dunia
  • Biaya-biaya tambahan yang mungkin menjadi beban kita di kemudian hari

 

2. Lakukan Registrasi Terlebih Dahulu

Untuk memulai menabung emas secara digital, anda harus membuka akun dengan cara melakukan registrasi terlebih dahulu. Pendaftaran untuk  dapat dilakukan dengan datang langsung kantor atau butik penyelenggara  tabungan digital. Anda juga dapat mendaftar diri melalui aplikasi ataupun lewat agen maupun dealer yang dapat anda percayai

Tentunya Anda sebagai calon pelanggan wajib menyiapkan dan mengisi data di formulir registrasi yang telah disediakan. Serta jangan lupa dilengkapi dengan beberapa dokumen pribadi, seperti; fotocopy KTP dan NPWP, struk pembelian perdana nya.

 

3. Memulai Transaksi Emas

Untuk mulai bertransaksi di tabungan emas digital, para pelanggan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja secara online melalui situs di websitenya atau dapat juga melalui aplikasi. Pelanggan juga dapat melakukan pembelian.dengan datang ke kantor, toko maupun butik yang terdekat dengan anda.

 

4. Lakukan Dengan Konsisten

Saat awal-awal mulai menabung emas akan terasa berat .tetapi seiring dengan waktu, apabila dilakukan secara konsisten akan membentuk kebiasaan yang positif. Sebab yang utama dalam menabung emas bukan 1 kali transaksi dengan nominal besar, tetapi konsisten dengan rutin menabung meski dengan nominal kecil.

 

5. Pilih Fisik Atau Virtual

Di era serba digital ini, banyak kemudahan bagi para calon investor, agar mendapatkan kenyamanan saat berinvestasi emas. Sehingga menabung emas tidak harus ke dalam bentuk fisiknya saja.   Bentuk tabungan emas dalam bentuk akun virtual atau digital  ini banyak membantu para konsumennya untuk dapat menyimpan emas secara nyaman dan aman.

 

6. Saat Buyback Terbaik

Saat terbaik untuk kita menjual kembali emas tersebut adalah setelah menyimpan tabungan emas tersebut selama lebih dari 2 tahun. Dapat juga ketika tabungan emas tersebut akan digunakan untuk membeli aset berharga lainnya, seperti rumah, tanah dan lain sebagainya. 

Atau dapat juga ketika ada kebutuhan mendadak yang harus membutuhkan dana cukup besar. Maka menjual tabungan emas milik kita tersebut dapat menjadi solusi terbaiknya, daripada berhutang.

 

Nah, demikian cara menabung emas secara digital bagi pemula yang ingin mempersiapkan masa depannya, agar lebih baik lagi. Menabung emas merupakan salah bentuk investasi jangka panjang yang menguntungkan. Selain menjadi simpanan di masa depan, juga menjadi alternatif pola hidup hemat jika dilakukan dengan konsisten. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Bachtiar R. Pudya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu