x

Iklan

Silvina febiola

hallo, saya Silvina Febiola. seorang mahasiswi Universitas Andalas program studi S1 Ilmu Komunikasi
Bergabung Sejak: 13 April 2023

Rabu, 5 Juli 2023 21:32 WIB

Pengaruh Komunikasi dalam Setiap Bidang Kehidupan Manusia

Dapat kita bayangkan apa yang akan terjadi apabila tidak adanya komunikasi yang terjalin di dunia ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Komunikasi, satu kata yang memiliki pengaruh dengan dampak yang besar dalam kehidupan manusia. Jika mendengar kata komunikasi, maka yang terbayang bagi kita adalah orang-orang yang sedang berinteraksi, proses bertukar pesan imformasi dan fikiran, dengan maksud dan tujuan tertentu yang ingin dicapai.

Apakah komunikasi sangad berpengaruh dalam kehidupan? Jawabannya adalah sangat berpengaruh. Bagaimana tidak, komunikasi menjadikan apa yang kita fikirkan bisa terungkapkan, membuat orang lain mengertia maksud yang ingin kita sampaikan, karena adanya komunikasi pula kehidupan manusia menjadi berjalan dengan lancar sampai saat sekarang ini.

Dapat kita bayangkan apa yang akan terjadi apabila tidak adanya komunikasi yang terjalin di dunia ini, maka dapat dikatakan tidak adanya kehidupan yang baik, tidak terciptanya masyarakat dan kegiatan sosial, tidak adanya penemuan, dan berbagai hal lainnya yang tidak akan terjadi bila tidak adanya komunikasi. Itulah mengapa komunikasi dikatakan sebagai sebuah hal yang sangt penting dalam kehidupan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Komunikasi akan selalu ada dan mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan manusia. Baik dari aspek sosial, ekonomi, politik dan aspek lainnya. Karena adanya komunikasi, segala aspek tersebut dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan. Tentunya untuk mencapai suatu yang maksimal, komunikasi yang dibutuhkan juga harus komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik memperjelas setiap bagian dari kegiatan yang kita lakukan.

Tak menutup kemungkinan bahwa dapat terjadi kesalahan dalam komunikasi yang biasa dikenal dengan mis komunikasi. Mis komunikasi sendiri merupakan kesalah pahaman dalam penafsiran dan pengertian sebuah makna hingga apa yang dilakukan tidak sesuai dengan yang diperintahkan. Akibatnya, terjadi kesalahan-kesalahan yang berdampak buruk dalam kehidupan manusia. Mis komunikasi dapat  menyebabkan pertikaian dan perkelahian,  kegagalan, kekecewaan dan hal buruk lainnya yang dapat terjadi. Itulah mengapa komunikasi yang dijalankan pun harus yang baik dan benar.

Terdapat beberapa cara untuk membuat proses komunikasi menjadi efektif. Yaitu dapat dengan menyimak dengan seksama imformasi yang diberikan orang lain terhadap kita, memperkuat komunikasi dengan menyertakan bahas tubuh ekspresi dan sebagainya, dan juga menggunakan pemakaian bahasa yang baik dan benar.

Berbagai bidang dalam kehidupan mausia seperti bidang ekonomi,sosial,budaya,pendidikan, dan bahkan bidang agama pun seluruhnya dipengaruhi oleh komunikasi. Contoh pengaruh komunikasi dalam berbagai bidang tersebut yaitu :

  1. Dalam bidang

Ekonomi yang baik menjadi penentu kebahagiaan dan kesejahteraan dalam kehidupan masyarakat. Untuk mencapai suatu perekomian yang baik, maka dibutuhkan Kerjasama yang baik dalam setiap aspek perekonomian baik itu masyarakat, pemerintah dan sebagainya. Kerjasama yang baik dapat terjadi apabila adanya komunikasi yang baik pula. Komunikasi yang baik dalam bidang perekonomian ini contohmya, daalam pengambilan suatu keputusan ekonomi , pemerintah dapat terlebih dahulu berkomunikasi dengan masyarakat atau perwakilannya, agar tidak terjadinya berbagai ketimpangan ekonomi yang dapat menimbulkan konflik. Komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat yang lebih terbuka dapat meminimalisir terjadinya permasalahan ekonomi tersebut

 

  1. Dalam bidang sosial

Seorang individu merupakan makhluk sosial yang hidup ditengah masyarakat. Bagaimanapun, seorang individu akan selalu membutuhkan bantuin orang lain. Untuk meminta bantuan dan pertolongan dari orang lain, tentunya kita harus menjalin hubungan yang baik terlebih dahulu dengan orang-orang tersebut. Komunikasi menjadi hal yang penting dalam menjalin hubungan dengan masyarakat. Tutur kata yang baik dan bahasa yang sopan membuat kita dihargai lebih sehingga orang-orangpun menganggap kita sebagai seorang yang ramah dan baik hati tentunya. Itulah pentingnya komunikasi dalam bidang sosial masyarakat

 

  1. Dalam bidang Pendidikan

Komunikasi juga mempengaruhi bidang Pendidikan. Ilmu yang dimiliki oleh para ahli disebarkan luaskan dengan cara mengkomunikasikannya kepada khalayak. Sebagai contoh, seorang guru mendidik muridnya dan memberikan pemahaman mengenai materi pembelajaran adalah dengan menjelaskan kepada murid-muridnya.pada saat menjelaskan materi pembelajaran tersebut, terjadilah komunikasi. Yaitu guru sebagai Pemberi Imformasi dan murid sebagai penerima imformasi.

Zaman semakin canggih. Ilmu pengetahuan semakin mudah untuk disebarkan hanya dengan melalui media internet. Namun, proses belajar dengan media internet juga merupakan proses komunikasi. Karena adanya pihak yang memberi imformasi, dan adanya pihak yang menerima imformasi tersebut. Begitulah peran komunikasi dalam bidang Pendidikan

 

  1. Dalam bidang agama dan kepercayaan

orang-orang pada zaman dahulu menyebarkan ajaran agama islam melalui jalur perdagangan. Dimanapun ia berdagang, maka ia akan menyebarkan ajaran agama islam tempat ia berdagang tersebut. Contohnya adalah orang-orang india yang berdagang ke wilayah Nusantara. Mereka berdagang sekaligus mengajarkan serta menyebar luaskan ajaran agama islam pada setiap masyarakat dan orang-orang yang mereka temui. Proses penyebaran agama inilah yang dilakukan dengan cara berkomunikasi dengan orang-orang yang ditemui.

  

Ikuti tulisan menarik Silvina febiola lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

23 jam lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

23 jam lalu