x

Iklan

Media Pewarta

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Juli 2023

Selasa, 25 Juli 2023 17:29 WIB

Keindahan Pasir Putih dan Batu Karang Unik Pantai Bingin, Denpasar

Bali, sebagai salah satu pulau di Indonesia, menawarkan beragam pesona wisata bahari yang memukau.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bali, sebagai salah satu pulau di Indonesia, menawarkan beragam pesona wisata bahari yang memukau. Di samping Pantai Kuta, Sanur, dan Nusa Dua yang sudah terkenal, ternyata terdapat beberapa pantai indah yang belum begitu populer. Salah satunya adalah Pantai Bingin Bali, yang menawarkan keindahan yang tak kalah dengan pantai-pantai terkenal lainnya.

Pantai Bingin Bali menjadi surga tersembunyi yang sangat cocok sebagai destinasi liburan. Karena belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, pantai ini menawarkan suasana yang tenang dan damai. Ciri khasnya adalah tebing-tebing batu kapur dan karang besar yang mempercantik sekitarnya.

Rute menuju pantai indah ini memang agak terjal dan berliku, namun daya tarik yang ditawarkannya mampu membuat siapa pun yang mengunjunginya jatuh hati. Inilah alasan mengapa pantai ini dijuluki sebagai surga tersembunyi di Bali. Sebelum merencanakan kunjungan ke sana, disarankan untuk memperhatikan ulasan mengenai pantai yang menakjubkan ini.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Bingin Bali

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pantai ini mendapat namanya dari kata "bingin" yang berasal dari bahasa Bali dan memiliki makna "terpesona". Tidak dapat dipungkiri, keindahannya mampu mempesona setiap orang yang mengunjunginya. Kelebihan lainnya adalah suasana yang tenang dan nyaman, karena belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan, sehingga pantai ini menjadi tempat yang sempurna untuk melepaskan penat.

Lalu, apa sajakah daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini?

Keindahan Pasir Putih

Pantai Bingin menawarkan air berwarna biru yang jernih, dipadukan dengan pasir putih yang halus dan bersih, menciptakan suasana yang indah dan menarik. Pantai ini sangat cocok untuk berjemur dan bermain olahraga pantai. Selain itu, pantai ini juga terkenal dengan ombaknya yang menantang. Ketika air pasang, ombaknya bahkan bisa mencapai ketinggian 5 - 8 meter, yang sering dimanfaatkan oleh para peselancar (surfing).

Pesona Sunset yang Indah

Pantai Bingin menawarkan pemandangan matahari tenggelam (sunset) yang indah. Dari tepi laut, terlihat pancaran sinar jingga saat matahari mulai tenggelam. Wisatawan dapat menikmati keindahan momen ini baik dari tepi pantai maupun dari warung makan yang tersedia di sekitar pantai. Tidak mengherankan jika kawasan pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan pada sore hari untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang memukau.

Tebing dan Batu Karang di Sekelilingnya

Pantai Bingin dihiasi oleh batu karang dan tebing tinggi yang menambah daya tariknya secara mencolok. Pemandangan ini merupakan hal yang memukau bagi para pengunjung. Bebatuan karang di sekitar pantai juga bisa menjadi spot foto yang menarik. Dari tempat ini, pengunjung dapat mencoba mengabadikan keindahan pantai ketika gelombang tidak terlalu tinggi, sehingga pemandangan pantai yang eksotis dapat terekam dengan baik.

Alamat dan Rute Menuju Pantai

Pantai Bingin terletak di bagian selatan Pulau Bali dengan alamat di Desa Pecatu, Kuta Selatan, Bali. Dari Kota Denpasar, jaraknya sekitar 29 km dan waktu tempuhnya sekitar satu jam. Lokasinya cukup tersembunyi dan aksesnya tidak mudah, karena harus melewati jalan-jalan berupa gang sempit.

Agar lebih mudah mencapai lokasi, dapat menggunakan aplikasi penunjuk arah atau bertanya kepada penduduk setempat. Sebelum menuju pantai ini, kendaraan harus diparkir terlebih dahulu karena tidak ada akses kendaraan langsung menuju bibir pantai. Selanjutnya, perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Perjalanan menuju Pantai Bingin Bali memerlukan perjuangan yang cukup panjang karena harus melewati sejumlah anak tangga yang sangat menuntut tenaga. Oleh karena itu, sebelum mengunjungi pantai indah ini, disarankan untuk mempersiapkan stamina ekstra agar dapat menghadapi jalur yang sulit dan terjal. Namun, setelah melewati tantangan tersebut, kelelahan akan terbayar lunas dengan pesona alam yang memukau yang akan disuguhkan.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Pantai Bingin beroperasi selama 24 jam setiap hari dan tidak mengenakan biaya masuk bagi pengunjungnya (gratis). Namun, perlu diingat untuk menyiapkan uang parkir kendaraan. Biaya parkir sepeda motor hanya Rp2.000, sementara mobil harus merogoh Rp5.000.

Selain tiket masuk dan biaya parkir, hal penting yang perlu diperhatikan saat mengunjungi pantai ini adalah mengetahui jadwal pasang surut air laut. Kondisi air laut yang sedang pasang bisa membuat akses ke pantai sulit dan bahkan tergenang air. Untuk menghindari kekecewaan, sangat disarankan untuk mencari informasi tentang jadwal pasang surut sebelum mengunjungi Pantai Bingin.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Pantai Bingin Bali menawarkan beragam aktivitas menarik yang pastinya akan membuat siapa pun betah berlama-lama di sana. Suasana di sekitar pantai begitu tenang dan udaranya masih segar, sehingga membuatnya cocok sebagai tempat untuk melepaskan segala penat dan melupakan sejenak rutinitas sehari-hari.

1. Berenang

Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Bingin Bali ketika ombak sedang surut adalah berenang. Ketika ombak surut, terbentuklah area yang mirip kolam akibat adanya karang-karang yang dangkal di dasar laut, sehingga para pengunjung dapat berenang dengan cukup aman di sini. Selain berenang, para wisatawan juga memiliki kesempatan untuk melakukan snorkeling dan menikmati pemandangan indah di dasar laut.

2. Surfing di Pantai Bingin Bali

Pantai Bingin terkenal dengan ombaknya yang besar, terutama saat air laut sedang pasang. Ombak yang besar ini menjadi daya tarik bagi para peselancar yang ingin menyalurkan hobi mereka. Di pantai ini, tersedia penyewaan papan selancar bagi mereka yang ingin mencoba berselancar. Selain itu, bagi para pemula yang ingin belajar berselancar, pantai ini juga menyediakan pelatih berpengalaman yang siap memberikan bimbingan.

3. Menikmati Keindahan Sunset

Pantai Bingin Bali merupakan lokasi yang sempurna untuk menikmati keindahan matahari terbenam pada saat sore hari. Keistimewaan ini terjadi karena pantai ini menghadap ke arah barat, sehingga setiap sudut pantai memungkinkan seseorang untuk menyaksikan momen senja yang menakjubkan. Tak heran beberapa orang lebih memilih mengunjungi pantai ini pada waktu sore untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang luar biasa.

4. Bersantai di Tepi Pantai

Di Pantai Bingin, Anda dapat bersantai dengan menikmati udara segar sambil menikmati suara deburan ombak yang menenangkan. Pengalaman ini dapat berfungsi sebagai self-healing untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan kepenatan. Selain itu, para wisatawan juga dapat berfoto-foto yang menarik serta berjemur di pantai ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Walaupun akses menuju pantai ini bisa dibilang menantang, namun kini telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung. Pengunjung dapat menemukan berbagai warung makan di sepanjang pantai yang menyajikan aneka menu masakan. Selain itu, Pantai Bingin juga menyediakan beberapa tempat penginapan bagi para wisatawan.

1. Hotel atau Tempat Penginapan

Bagi para wisatawan yang ingin beristirahat di sekitar Pantai Bingin Bali, tidak perlu khawatir karena telah disediakan berbagai pilihan akomodasi seperti hotel, resort, dan villa yang menawarkan pemandangan pantai yang indah. Saat pagi tiba, pengunjung akan disambut dengan suara ombak yang menenangkan serta pemandangan pantai yang bisa dinikmati secara langsung.

2. Warung Makan

Pantai Bingin di Bali memiliki potensi wisata yang indah, sehingga beragam kuliner tersedia dengan mudah di sekitar pantai ini. Para pengunjung dapat menemukan berbagai pilihan menu makanan, mulai dari kuliner khas Bali, hidangan dari berbagai daerah di nusantara, hidangan seafood, hingga makanan western dengan harga yang beragam.

Pantai Bingin Bali menjadi destinasi wisata yang sangat direkomendasikan, terutama bagi para peselancar yang memiliki hobi berselancar. Walaupun aksesnya cukup sulit, tetapi usaha untuk mencapai pantai indah ini akan terbayar dengan daya tarik dan pesona keindahan pantai yang menakjubkan yang ditawarkannya.

Pantai Bingin di Bali menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Dengan keindahan alamnya yang memukau, ombak yang menarik para peselancar, dan beragam kuliner yang lezat, pantai ini adalah tempat yang cocok untuk bersantai, menikmati pemandangan matahari terbenam, dan menyegarkan diri dari kepenatan sehari-hari.

Meskipun aksesnya mungkin cukup menantang, namun setiap perjuangan untuk mencapai pantai cantik ini pasti akan terbayar dengan pesona dan daya tariknya yang luar biasa. Pantai Bingin Bali adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi siapa saja yang ingin mengeksplorasi keindahan alam Pulau Bali.

Ikuti tulisan menarik Media Pewarta lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan