x

Daun dan Biji Nimba untuk jadi Pestisida Hayati

Iklan

Rikhardus Roden Urut Kabupaten Manggarai-NTT

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Oktober 2022

Rabu, 23 Agustus 2023 18:13 WIB

Minyak Nimba Bantu Petani Atasi Hama dan Penyakit Tanaman Hortikultura

Minyak Mimba adalah senyawa kompleks yang mengandung lebih dari 150 senyawa aktif biologis yang lebih dikenal sebagai limonoid, telah muncul sebagai Bahan alami yang ampuh dalam meningkatkan kesehatan dan produktivitas tanaman. 

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 


MEMANFAATKAN KEKUATAN MINYAK NEEM 



Di bidang pertanian berkelanjutan, permintaan akan solusi yang efektif dan ramah lingkungan untuk melindungi tanaman dari hama dan penyakit telah berkembang secara signifikan. Minyak Mimba adalah senyawa kompleks yang mengandung lebih dari 150 senyawa aktif biologis yang lebih dikenal sebagai limonoid, telah muncul sebagai Bahan alami yang ampuh dalam meningkatkan kesehatan dan produktivitas tanaman. 


 
Minyak yang luar biasa ini tidak hanya menawarkan perlindungan terhadap berbagai hama tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tanaman dan lingkungan secara keseluruhan. Beberapa limonoid kunci yang sangat aktif adalah Azadirachtin, salannin, meliantriol, nimbin, nimbidin, nimbinin, & nimbolides. Senyawa aktif ini memungkinkan minyak Mimba memiliki beberapa cara aksi, termasuk Antifeedant, Pengatur Pertumbuhan Serangga, Pembasmi Serangga, Pengganggu Molting, dan Penghambat Pertumbuhan Jamur. Di Terramera (Canada), mereka menggunakan pengujian milik mereka sendiri untuk memastikan hadirnya limonoid kunci di setiap kendi yang menghasilkan fungisida, insektisida, dan mitisida spektrum luas.


Biji Nimba


Ekstraksi minyak nimba yang diolah dengan cara pengepresan dingin adalah yang Terbaik



Minyak Mimba diekstraksi dari biji Mimba karena bijinya memiliki konsentrasi senyawa insektisida dan fungisida tertinggi. Ada 3 cara ekstraksi, pelarut, panas, dan pengepresan dingin. Metode ekstraksi pelarut dan panas memisahkan senyawa berdasarkan kelarutan menjadi dua cairan yang tidak dapat bercampur. Ini menggunakan pelarut kimia sintetis untuk mengekstrak minyak dari kernel biji Mimba. 
 
 
Proses ekstraksi pelarut dan panas membahayakan limonoid yang mengakibatkan variabilitas dan hilangnya kadar limonoid tertentu selama proses ekstraksi. Minyak Mimba Hidrofobik yang Diklarifikasi berasal dari proses ekstraksi pelarut. Azadirachtin dipisahkan untuk digunakan dalam produksi produk yang hanya mengandung azadirachtin. Sisa minyak yang sebagian besar bebas azadirachtin disebut sebagai Minyak Margosa atau Mimba Klarifikasi Hidrofobik. RANGO® & SOCORO® adalah contoh minyak nimba yang diperas dingin. Ini adalah proses mekanis di mana kernel de-pulped dihancurkan dan diperas. Karena tidak ada panas yang dihasilkan dan tidak ada pelarut yang digunakan dalam ekstraksi ini, hal ini memungkinkan minyak mempertahankan profil alaminya yang mengandung 150+ Limonoid termasuk azadirachtin.
 

Pengendalian Serangga secara Alami

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan


Minyak nimba yang diperas dingin telah mendapat pengakuan luas sebagai alternatif alami untuk pestisida sintetik. Ini mengandung banyak senyawa aktif biologis, terutama azadirachtin, nimbin, dan salannin, yang menunjukkan sifat insektisida yang kuat. Ketika disemprotkan pada tanaman, minyak Mimba yang diperas dingin bertindak sebagai penolak, antimakan dan pengganggu saat ulat berganti kulit, serta pengatur pertumbuhan serangga, termasuk kutu daun, cacing, tungau, thrips, dan lalat putih.

Minyak Nimba dapat Mengatasi Penyakit yang disebabkan oleh Jamur

 

Penyakit tanaman yang disebabkan oleh jamur menimbulkan ancaman yang signifikan terhadap produktivitas pertanian. Minyak nimba yang diperas dingin menunjukkan sifat antijamur yang luar biasa, menjadikannya alat yang sangat berharga untuk pengelolaan penyakit. Senyawa aktif minyak telah terbukti menghambat pertumbuhan dan reproduksi banyak patogen jamur, termasuk penyakit bulai dan tepung, botrytis, karat, dan penyakit bercak daun. Dengan menggunakan minyak Mimba, petani dapat secara efektif mengendalikan infeksi jamur ini, mengurangi kehilangan hasil, dan kebutuhan fungisida kimiawi yang dapat membahayakan lingkungan dan kesehatan manusia.

Minyak Nimba untuk menjamin Keberlanjutan lingkungan hidup


Pemanfaatan minyak Mimba perasan dingin dalam produksi tanaman selaras dengan praktik pertanian berkelanjutan. Sebagai produk alami dan dapat terurai secara hayati, minyak nimba yang diperas dingin meminimalkan pencemaran lingkungan dan mengurangi risiko yang terkait dengan residu bahan kimia dalam makanan dan sumber air. Itu dianggap aman untuk manusia, hewan, dan serangga bermanfaat bila digunakan sesuai petunjuk. Selain itu, pohon Mimba sangat cocok tumbuh pada daerah gersang dan semikering, di mana nimba dapat dibudidayakan sebagai sumber minyak Mimba yang berkelanjutan, berkontribusi pada mata pencaharian petani di pedesaan dan upaya reboisasi pada lahan gundul di dataran rendah hingga sedang.


Kesimpulan


Dengan memanfaatkan kekuatan minyak Mimba, kita dapat melindungi tanaman, meningkatkan hasil panen, mengurangi  biaya produksi dan mengolah sistem pertanian yang lebih berkelanjutan dan tangguh demi keuntungan petani, konsumen, dan planet ini secara keseluruhan
.

Oganisme Pengganggu Tanaman yang bisa diatasi oleh ekstrak Nimba


Mimba mampu mengendalikan sekitar 127 jenis hama dan mampu berperan sebagai fungisida, bakterisida, nematisida, serta moluskisida (anti keong-keongan).

Pemrosesan biji Mimba menjadi pestisida hayati


Setelah buah dipanen, daging buah yang masak sebaiknya dipisahkan dari bijinya dengan cara mencucinya. Pengeringan dan penyimpanan biji mimba dapat dilakuan dengan menjemurnya selama beberapa hari di bawah sinar matahari. Biji diratakan setipis mungkin. Proses pengeringan yang kurang sempurna akan menyebabkan biji terserang cendawan selama penyimpanan. Biji yang kering disimpan di tempat kering dalam wadah yang teraliri udara, misalnya karung goni atau keranjang. Wadah yang tidak tembus udara seperti kantong plastik kurang baik untuk menyimpan biji mimba.

Cara mengaplikasi


Untuk membuat larutan semprot 10 liter diperlukan campuran air 10 liter dan 500 gram biji Sebelum dicampur, biji ditumbuk lalu diaduk di dalam air dan dikocok dengan kuat. Campuran didiamkan paling sedikit 5 jam, atau sebaiknya satu malam, supaya senyawa mimba terlepas dari bijinya ke dalam larutan air. 
 
 
Ekstrak mimba dapat disemprotkan dengan menggunakan alat semprot, sebelumnya partikel-partikel biji mimba harus disaring dari larutan untuk mencegah penyumbatan nozle. Apabila tidak ada alat semprot, dapat menggunakan kuas jerami. Dalam hal ini larutan tidak perlu disaring. Kuas dicelupkan dalam larutan kemudian dipercikkan di atas tanaman sampai semua daun basah. Efek senyawa mimba berlangsung selama 3 - 6 hari.
 
 
Untuk mengendalikan ulat buah ( armigera) sebanyak 5 kg biji mimba ditumbuk dibungkus dalam kain/serbet kemudian direndam dalam satu ember air selama 12 jam. Mimba yang terbungkus dalam serbet diperas. Dalam wadah lain larutkan 10 gram deterjen dalam 1 liter air, kemudian campurkan dalam larutan mimba. Encerkan larutan Nimba dengan air sampai menjadi 100 liter larutan. Larutan tersebut juga dapat digunakan untuk mengendalikan serangga belalang, dan kematian belalang biasanya terjadi 2 - 3 hari kemudian.
 
 
 

Ikuti tulisan menarik Rikhardus Roden Urut Kabupaten Manggarai-NTT lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu