x

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Rabu, 6 September 2023 08:08 WIB

7 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipanaskan Kembali

Makanan bisa dipanaskan kembali supaya awet dan tahan lebih lama. Tetapi ada juga makanan yang tidak boleh dipanaskan karena bisa menimbulkan penyakit.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Makanan merupakan bahan dasar pangan yang dibutuhkan oleh manusia, selain untuk kebutuhan dasar manusia tetapi makanan juga berfungsi untuk pertumbuhan serta proses metabolisme pada manusia. Makanan yang baik adalah makanan sehat yang mengandung empat sehat lima sempurna. Dimana makanan mampu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Makanan mempunyai kadar batas kadaluwarsa masing–masing tergantung jenis makanan serta iklim suasana lingkungan yang mempengaruhi. Banyak makanan yang bisa awet dalam jangka waktu yang lama dikarenakan diberikan bahan pengawet. Tetapi ada juga makanan yang tahan lama dikarenakan proses alami makanan bisa bertahan dalam kondisi tertentu.

Makanan bisa dipanaskan kembali yang bertujuan supaya makanan tersebut bisa awet dan tahan lebih lama. Tetapi ada juga makanan yang tidak boleh dipanaskan dikarenakan berbahaya dan bisa menimbulkan penyakit berbahaya pada tubuh manusia itu sendiri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa Menurut Food Standards Agency (FSA), jika Anda makan nasi yang dihangatkan kembali, Anda dapat menderita keracunan makanan karena adanya bakteri yang sangat resisten yang disebut Bacillus cereus.

Berikut tujuh jenis makanan yang tidak boleh dipanas kembali, dikarenakan apabila dipanaskan akan menyebabkan penyakit pada tubuh manusia. Yang pertama adalah daging ayam, pada daging ayam terdapat protein ayam yang tidak boleh dipanaskan kembali karena berpotensi akan terurai secara berbeda dan akan menganggu kenyamanan saluran pencernaan pada manusia.

Makanan yang kedua yang tidak boleh dipanaskan adalah telur, pada makanan telur mengandung protein yang tinggi apabila dipanaskan akan banyak mengandung nitrogen yang dimana nitrogen tersebut akan membahayakan tubuh dan akan bisa menyebabkan keracunan.

Makanan yang ketiga adalah nasi, makanan nasi pada dasarnya memang tidak boleh dipanaskan kembali dikarenakan saat dipanaskan maka bakteri Bacillus Careus akan mati dan akan menghasilkan spora yang beracun bagi tubuh manusia.

Makanan yang keempat adalah jamur, dimana jamur ini akan menjadi rusak apabila dipanaskan dan akan bisa menyebabkan sakit perut ketika dipanaskan kembali. Apabila tetap dipaksa dikonsumsi maka akan menyebabkan keracunan pada tubuh serta bisa menyebabkan kematian.

Makanan yang kelima yang tidak boleh dipanaskan kembali adalah makanan kentang, kentang atau fren frech atau makanan yang berbahan dasar dari kentang tidak boleh dipanaskan kembali dikarenakan akan berpotensi kehilangan zat gizi.

Makanan yang keenam yang tidak boleh dipanaskan kembali adalah minyak. Jenis minyak seperti minyak biji anggur, minyak kemiri memiliki titik asap yang rendah. Otomatis apabila tetap dikonsumsi akan menyebabkan gangguan pada sistem metabolisme pada manusia.

Dan yang terakhir makanan yang tidak boleh dikonsumsi adalah seledri. Pada seledri mengandung nitrat yang tinggi sehingga bisa menjadi racun yang berbahaya jika tetap dipanaskan kembali. *Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu