x

Suasana kuliah tatap muka di masa pandemi 2021 di Jakarta. Tempo/M Taufan Rengganis

Iklan

Ni Kadek Sinarwati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 September 2023

Senin, 11 September 2023 12:41 WIB

Hilirisasi Inovasi Perguruan Tinggi: Berkolaborasi atau Berjalan Sendiri?

Artikel ini mengulas tentang makna, manfaat dan cara melakukan kolaborasi Perguruan Tinggi dengan Industri Dalam Hilirisasi Inovasi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kolaborasi Perguruan Tinggi dengan Industri khususnya dibidang hilirisasi inovasi merupakan salah satu program yang gencar digaungkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi, Kolobarasi merupakan  jalinan  kerjasama antara insan perguruan tinggi sebagai penghasil inovasi dengan industry sebagai pengguna inovasi. Perguruan tinggi memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk-produk inovasi, tetapi menghadapi keterbatasan dana. Industri memiliki pendanaan namun menghadapi keterbatasan waktu dan pengetahuan.

Kolaborasi ini bermanfaat sebagai solusi dari keterbatasan tersebut. Manfaat lain dari kolaborasi adalah agar inovasi yang dihasilkan oleh Perguruan   Tinggi merupakan produk yang urgen dibutuhkan dan menjadi solusi permasalahan yang dihadapi oleh industri. Produk inovasi yang akan dirancang oleh Perguruan  Tinggi hendaknya diawali oleh riset yang dijalankan bersama dengan industry. Tahapan analisis kebutuhan sebagai bagian awal dari penciptaan inovasi menyepakati inovasi apa yang diperlukan industri untuk menyelesaikan permasalahan bisnis yang dihadapi. Tahapan ini penting, sebab jika tidak, bisa jadi perguruan tinggi menghasilkan produk inovasi yang tidak diperlukan oleh industri.

Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri menghilirasi inovasi dilakukan dengan memanfaatkan platform kedaireka. Kedaireka merupakan sebuah platform yang dibangun oleh Kemendikbud untuk meningkatkan sinergi Perguruan Tinggi dan Industri. Kedaireka merupakan implementasi dari program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang menunjukkan flexibilitas dalam pembelajaran. Langkah kolaborasi Perguruan Tinggi  dengan mitra industri yang disampaikan pada tulisan ini mengacu pada pengalaman penulis ketika mengajukan proposal Matching Fund melalui platform kedaireka. Tahapannya adalah, dosen/insan perguruan tinggi dan mitra industri membuat akun dikedaireka.  Dosen memilih mitra industri yang diajak berkolaborasi. Pihak kedaireka menyetujui pemilihan industry. Mitra yang dipilih jika bersedia berkolaborasi kemudian mengunggah surat pernyataan kesedian berkolaborasi.  Insan perguruan tinggi selanjutnya mensubmit proposal dan dokumen penunjang lainnya.  Proposal yang memenuhi kriteria penilaian, jika dinyatakan lolos didanai, maka kolaborasi perguruan tinggi dengan industri segera dieksekusi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kedaireka sebagai “makcomblang” yang mempertemukan perguruan tinggi dengan industry merupakan platform yang memberikan manfaat ke berbagai pihak. Keterbatasan informasi yang dihadapi perguruan tinggi ketika hendak menghilirisasi inovasi, akibat tidak memiliki jaringan ke industri, teratasi oleh platform kedaireka. Temuan inovasi perguruan tinggi tidak lagi hanya menjadi tumpukan laporan diperpustakaan atau tidak hanya menjadi karya publikasi dijurnal atau di prosiding. Inovasi mampu terhilirisasi ke Industri yang relevan. Industri mendapatkan produk inovasi yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pengembangan usaha tanpa harus mendanai sendiri. Simbiosis mutualisme ini memberikan pengalaman belajar yang dapat meningkatkan kompetensi dan kreativitas dosen dan mahasiswa. Kelas kolaboratif dan partisipatif tentu akan tercipta selama penciptaan produk inovasi di perguruan tinggi. Manfaat lain yang diterima Perguruan Tinggi dari Kolaborasi adalah peningkatan nilai Indikator Kinerja Utaama (IKU) perguruan tinggi khususnya IKU ke lima (5) yaitu hasil kerja dosen digunakan oleh Masyarakat. Jadi, jika bisa berkolaborasi apakah masih memilih berjalan sendiri?

Kata Kunci: Kolaborasi; Hilirisasi; Inovasi;Kedaireka

Ikuti tulisan menarik Ni Kadek Sinarwati lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu