x

Indra Sjafri

Iklan

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 20 September 2023 06:44 WIB

Manusia Tidak Nasionalis, Kembali Menghambat Timnas di Asian Games

Timnas sepak bola Indonesia tampil di Asian Games tidak dengan pemain-pemain terbaiknya. Banyak klub tak mau melepas pemainnya untuk membela Indonesia. Mereka beralasan Asian Games bukan agenda FIFA. Pelatih Indra Sjafri harus bekerja keras dengan pemain yang ada.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bersyukurlah sebagai rakyat Indonesia, masih diberikan kemurahan dan keberkahan dapat mencari makan di Republik ini. Maka, berikanlah jiwa dan raga untuk bangsa dan negara. Apalagi untuk kepentingan bersaing prestasi dengan negara lain.

(Drs. Supartono, M.Pd. / Supartono JW.18092023) Pengamat pendidikan Nasional, sastra, dan sosial. Pengamat sepak bola nasional

Dengan mengkambing-hitamkan bukan agenda FIFA, lalu tidak memiliki jiwa nasionalisme, jujur saya sedih melihat kejadian demi kejadian menimpa Timnas sepak bola Indonesia yang harus tampil dalam event international, tetapi tidak dapat menurunkan putra terbaik yang dimiliki Indonesia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sejak awal kejadian seperti ini, saya sangat sedih, melihat tingkah polah manusia Indonesia yang seperti ini. Mencari makan melalui sepak bola di Indonesia, mendapat dukungan suporter juga orang-orang Indonesia, sehingga mereka mendapatkan sponsor yang juga dari perusahaan di Indonesia, tetapi saat negara membutuhkan tenaga pemain yang dikontraknya, sikapnya sudah lebih berkuasa seperti pemilik kerajaan saja.

Dalam mengarungi kompetisi di Indonesia, bukankah setiap klub mengontrak pemain yang tidak pas-pas-an? Tetapi mengikuti regulasi?

Seharusnya, pemilik klub dan yang mengurus klub bangga, karena pemain yang dikontraknya, ternyata terpilih menjadi pemain yang dibutuhkan Timnas, demi membela nama bangsa dan negara di kancah internasional, yang sudah pasti akan mengangkat harkat dan martabat bangsa, ketika Timnas berprestasi. Apa pun eventnya. Meski bukan agenda FIFA.

Shin Tae-yong merasakan

Saat Piala AFF U-23 2023 yang lalu, siapa yang menjadi salah satu penyebab Timnas Indonesia U-23 gagal meraih juara? Jawaban faktanya, adalah Timnas Indonesia U-23 yang diasuh Shin Tae-yong (STy) yang membikin mereka gagal sendiri, karena kalah adu pinalti versus Vietnam.

Tetapi bila STy dibantu oleh semua pemain terbaik Indonesia, apakah bukan hal mustahil bila Garuda Muda dapat menang tanpa harus melalui adu pinalti? Jawabnya, tidak mustahil Indonesia dapat meraih juara.

Sayang, dengan selalu mengkambing hitamkan turnamen bukan agenda FIFA, maka beberapa manusia-manusia asli Indonesia yang mempekerjakan orang asing, malah sudah hilang jiwa nasionalismenya. Sehingga, Timnas yang seharusnya berisi pemain-pemain terbaik Indonesia, harus terhalang oleh kepentingan pribadi.

STy pun harus terhukum oleh sikap egois dan individualis yang jauh dari budaya dan karakter nenek moyang bangsa Indonesia. Harus menerima keadaan karena pemain terbaik yang dibutuhkan berlaga di Piala AFF, dilarang bergabung membela negara bersama Timnas sepak bola Indonesia.

Pelarangan itu, alasan klasiknya, selain berlindung di balik kambing hitam agenda FIFA, lalu pemain yang dibutuhkan Timnas, adalah pemain andalan klub, atau setok pemain yang terbatas, padahal setiap klub minimal mendaftarkan berapa pemain dalam kompetisi, mungkin manusia-manusia yang menghalangi pemain yang dianggap terbaik bergabung bersama Timnas Sepak Bola Indonesia, mungkin adalah orang-orang yang tidak pernah pandai bersyukur.

Mungkin, saat sekolah juga tidak lulus mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila. Tetapi, mencari makan di Indonesia, tidak mau berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara, meski pun turnamen bukan agenda FIFA.

Padahal Piala AFF tetap menjadi gengsi dan nama baik setiap bangsa dan negara Asia Tenggara, tidak terkecuali untuk publik sepak bola Indonesia.

Hasilnya, publik sepak bola nasional tetap bersyukur. Dengan kompetensi STy, nyatanya dengan pemain yang kurang layak sebagai sebuah tim bernama Timnas, nyatanya tetap mampu di antar sampai ke partai puncak. Tidak meraih juara pun karena kalah adu pinalti dari Vietnam yang sepanjang laga bermain tidak sportif, tidak fair play.

Indra seperti STy

Kini, kejadian serupa Piala AFF, terulang lagi. Kali ini dialami oleh Indra Sjafri yang harus mengampu Timnas Indonesia U-24 dalam gelaran pesta olahraga se Asia. Bukan Asia Tenggara.

Lebih parah dari yang dialami STy, berbagai kendala dihadapi Indra Sjafri dalam menyiapkan Timnas Indonesia U-24 menjelang tampil pada Asian Games 2022.

Mulai dari hanya 15 pemain yang mengikuti pemusatan latihan awal, hingga di detik terakhir malah ada pemain yang pada akhirnya tidak dilepas oleh Klub.Atas persoalan yang sama dengan STy, sejatinya, Indra telah menjalin komunikasi dengan pihak klub terkait pemanggilan pemain ke Asian Games 2022.

"Kami telah melakukan pembicaraan dengan pelatih klub-klub di Indonesia. Negosiasi itu berjalan baik dan kami membawa 22 pemain," kata Indra dikutip dari laman resmi PSSI.

Apa yang diungkap Indra, nyatanya tetap saja ada manusia yang menjilat ludah sendiri. Atas kondisi ini, Indra pun sama seperti STy saat itu. Tetap legowo.

Sebagai informasi, Asian Games 2023 ini sebenarnya dijadwalkan pada 10-25 September 2022. Namun, pandemi Covid-19 membuat penyelenggaraan pesta olahraga negara-negara Asia tersebut diundur setahun. Meski diselenggarakan pada 2023, Asian Games edisi ke-19 tetap mengusung nama resmi "Asian Games 2022".

Semoga dengan kendala yang sama, seperti dialami STy, Indra dapat tetap memaksimalkan pemain yang diberikan oleh Klub, bergabung dengan Timnas untuk membela bangsa dan negara di kancah Asia.

Sebab, terkendala oleh kondisi pemain yang tidak sesuai harapan, karena adanya kambing hitam Asian Games bukan agenda FIFA, plus manusia-manusia yang sepertinya tidak pandai bersyukur dapat hidup dan mencari makan lewat sepak bola di alam Indonesia, semoga Indra dapat membawa Garuda Muda, dapat tampil maksimal. Persoalan hasil, kita semua sebagai rakyat Indonesia yang ada militansi dan jiwa nasionalis, tetap harus bersyukur bahwa dengan kendala klasik, Timnas sepak bola Indonesia tetap dapat berpartisipasi di pesta olah raga Asia.

Untuk manusia yang egois, tidak ada jiwa nasionalis, mungkin tidak lulus pelajaran Pendidikan Moral Pancasila atau PPKN atau P4, semoga tetap diberikan keberkahan pada dirinya, keluarganya, dan klubnya, dalam mencari mekan lewat sepak bola di Indonesia. Aamiin.

Ayo, Penggawa Garuda U-24, dengan keterbatasan pemain yang ada, semoga bersama Indra Sjafri, semoga tetap dapat tampil maksimal. Tampil dengan cerdas intelegensi, personality, teknik, dan speed (IPTS/TIPS). Aamiin.

Singkirkan dulu Kirgistan pada Selasa (19/9/2023) pukul 18.30 WIB. Baru kemudian Taiwan dan Korea Utara yang sama-sama menghuni Grup F. Aamiin.

Ikuti tulisan menarik Supartono JW lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu