x

Logo Nike. Foto Michele Franzese Moda

Iklan

darling siregar

Mahasiswa Produksi Media Politeknik Tempo
Bergabung Sejak: 2 Maret 2023

Sabtu, 23 September 2023 07:59 WIB

Cara Nike Bertransformasi Memanfaatkan Big Data

Artikel ini adalah tugas analisis mata kuliah Big Data Analytic dengan Dosen Program Studi Produksi Media Politeknik Tempo Rachma Tri Widuri, S.Sos., M.Si.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Nike berhasil melakukan rtransformasi dengan memanfaatkan big data. Nike sangat memperhatikan peluang-peluang dengan memanfaatkan data penjualan untuk mendapatkan wawasan tentang preferensi konsumen, pola pembelian, dan tren pasar. Dari data-data tadi berpeluang besar membantu Nike menyesuaikan penawaran produk untuk memenuhi permintaan pelanggan secara efektif.

Selain itu, Nike juga menggunakan big data untuk menganalisis seluruh rantai pasokannya, mulai dari penyediaan material hingga pengiriman produk. Analisis ini membantu Nike untuk mengidentifikasi hambatan dan inefisiensi. Ini akan memberikan dampak positif yaitu menghasilkan penghematan biaya dan peningkatan biaya dan peningkatan ketersediaan produk.

Nike menyadari pentingnya memakai data-data sebagai keunggulan untuk berkompetitif. Dengan mengambil keputusan berdasarkan data dan terus memaksimalkan pengoperasiannya, Nike dapat mempertahankan keunggulan kompetitif di pasar dan pada akhirnya menjadi perusahaan yang lebih menguntungkan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Penulis telah merangkum singkat analisis saya tentang Nike bertransformasi dengan memanfaatkan Big Data yakni Nike memanfaatkan Big Data dan analisis efektifnya di berbagai aspek bisnisnya yang mengarah pada peningkatan efisiensi rantai pasokan, dan peningkatan daya saing di pasar.

Ikuti tulisan menarik darling siregar lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu