x

ilustrasi kaum sofis yang memiliki banyak wajah

Iklan

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Rabu, 25 Oktober 2023 21:27 WIB

Kata-katamu Menentukan Nasibmu

Nasibmu ditentukan oleh kata katamu. Loh kok bisa? SIla baca terus.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bambang Udoyono

 

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nasib kamu ditentukan oleh banyak faktor.  Salah satu faktor penentunya adalah kata kata baik yang kamu ucapkan dengan lantang maupun yang kamu bisikkan dalam hati.   Kok bisa kata kata menentukan nasib seseorang? 

 

Mari cermati dulu kata mutiara dari seorang penulis terkemuka dari Amerika. Robert Kiyosaki adalah seorang keturunan Jepang yang sudah menjadi warga Amerika Serikat. Inilah kata mutiaranya.

“It’s not what you said to everyone else that determines your life; it’s what you whisper to yourself that has the greatest power.” (Robert Kiyosaki)

Bukan apa yang kamu katakan pada orang lain yang menentukan kehidupanmu;  tapi apa yang kamu bisikkan pada dirimu sendiri yang memiliki kekuatan terbesar.

Pengaruh kata

 

Kalau kamu mengucapkan kata kata yang positif,  kata kata yang baik, maka dampaknya akan baik juga kepadamu. Sebaliknya kalau kamu membisikkan kata kata buruk, kata kata negatif,  maka dampaknya padamu juga akan buruk.

Kata kata yang kamu bisikkan kepada dirimu sendiri tentang kamu sendiri akan memiliki pengaruh terbesar kepada dirimu. Kata kata itu akan masuk ke pikiran bawah sadarmu.  Selanjutnya konsepmu tentang dirimu sendiri akan terbentuk.  Misalnya kamu selalu mengatakan pada dirimu sendiri bahwa kamu suka pada suatu pelajaran atau ilmu tertentu, dan kamu bisikkan pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa menguasainya, maka kamu akan percaya diri ketika mengerjakannya.  Kemudian kamu akan mudah memusatkan perhatian pada pokok itu. Kamu akan merasa asyik Ketika mengkajinya. Akibatnya kamu akan menguasai ilmu atau ketrampilan itu dengan baik.

 

“Whether you think you can, or you think you can’t, you are right.”  (Ketika kamu pikir kamu bisa,  atau kamu pikir kamu tidak bisa,  kamu benar)  Demikian kata Henry Ford.

 

Kata kata yang masuk ke pikiran bawah sadarmu itu akan memengaruhi perilakumu. Jika kamu membisikkan kepada dirimu sendiri setiap hari bahwa kamu adalah abdi Allah, bahwa hidup dan matimu adalah untuk Allah, maka kamu akan memandang dirimu sebagai hamba Allah.

 

Ketika kamu sudah merasa sebagai hamba Allah maka kamu akan rajin melakukan solat, puasa, bersedekah, membayar zakat dll.

 

Demikian juga kalau kamu membisikkan kepada dirimu sendiri bahwa kamu adalah seorang pelajar atau mahasiswa yang rajin.  Maka kamu akan rajin belajar.  Jika kamu membisikkan kepada dirimu bahwa kamu adalah seorang pekerja atau karyawan atau wiraswastawan yang baik, yang ulet dan kreatif maka kamu akan bekerja dnegan rajin dan bersemangat. Akibatnya kinerjamu akan baik. Jadi hasil karyamu juga akan baik.

 

Kalau kamu mmebisikkan kepada dirimu bahwa kamu adalah pemalas, maka kamu akan bermalas masan saja setiap hari.  Tidak sudah untuk menebak akibatnya.

 

Penutup

Dengan paparan di atas menjadi jelas dampak dari kata kata yang kamu bisikkan kepada dirimu sendiri.  Tindakan ini sangat penting karena menentukan jati dirimu.  Akan jadi apa kamu, sangat tergantung pada konsep dirimu. Dan konsep diri ini dipengaruhi oleh kata kata yang kamu bisikkan kepada dirimu sendiri.

Jadi mulai sekarang, bertekadlah kamu akan berbisik kepada dirimu sendiri dengan kata kata yang positif atau yang baik. Katakan pada dirimu bahwa kamu adalah seorang hamba Allah swt. Kamu adalah seorang pelajar atau mahasiswa yang rajin, cerdas dan soleh / solehah.  Kamu belajar dan bekerja untuk Allah.  Kamu akan berjalan di jalan yang lurus, jalan yang diridoi Allah.  bisikkan kata kata positif itu setiap hari. Insya Allah hal itulah yang akan terjadi.

Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu