x

Iklan

Rena Wati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 November 2023

Kamis, 30 November 2023 11:47 WIB

Pantai Widarapayung Cilacap: Keindahan Unik dan Aktivitas Menyenangkan

Meskipun pantai ini tidak memiliki garis pantai yang luas, tapi ada debur ombak pantai selatan yang menyambut Anda. Kebersihan pantai ini memungkinkan Anda dan kleuarga leluasa bermain pasir atau berlarian.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kita seharusnya bersyukur berada di Indonesia, karena negara kita diberkahi dengan keindahan yang sulit digambarkan. Dari lautan yang luas hingga pegunungan yang teguh berdiri, air terjun, dan berbagai keajaiban alam lainnya. 

Pantai menjadi destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi, termasuk Pantai Widarapayung di Cilacap. Meskipun tidak memiliki pasir putih, kecantikannya patut untuk diapresiasi. Mari kita simak ulasannya.

Keindahan yang Menarik dari Pantai Widarapayung

Saat berada di Cilacap, disarankan untuk mengunjungi objek wisata alam ini. Pantai ini menjadi destinasi utama di Cilacap yang selalu ramai dikunjungi saat hari libur. Tidak hanya cocok untuk wisata keluarga, tapi juga banyak muda-mudi yang menikmati waktu di sana. Keindahan pantai ini dapat menjadi penghilang penat yang efektif bagi Anda yang sedang berlibur di Cilacap.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Meskipun pantai ini tidak memiliki garis pantai yang luas, keunikannya justru terletak di sana. Meskipun pasir pantainya bukan pasir putih, namun bersih, memungkinkan Anda untuk leluasa bermain pasir atau berlarian di tepi pantai. Keaslian pantai Selatannya benar-benar terasa di sini, dengan debur ombak yang menyambut Anda, seolah-olah mengajak untuk segera bersenang-senang.

Di sekitar pantai ini, Anda akan menemukan beragam tumbuhan yang menciptakan kesan rindang. Oleh karena itu, bersantai di tepi pantai menjadi pilihan yang tepat. Meskipun tidak terlalu luas, Pantai Widarapayung melintasi tiga desa sekaligus. Untuk mengakses area pantai, Anda dapat memilih melewati salah satu dari desa-desa tersebut. Di sepanjang tepi pantai, terdapat pondok yang terbuat dari daun kelapa, yang dapat dijadikan sebagai tempat istirahat.

Pada bulan Sura, Pantai Widarapayung menyelenggarakan upacara adat bernama sedekah bumi, sebuah ritual sebagai ungkapan syukur atas segala berkah yang diterima. Jika Anda berada di sana pada bulan tersebut, Anda berkesempatan untuk menyaksikan tradisi yang masih berlangsung hingga kini. Selain itu, ombak pantai ini cukup besar, menciptakan kondisi ideal untuk aktivitas selancar yang menantang dan seru.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Widarapayung

Pantai ini terletak di Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun, Cilacap, Jawa Tengah. Dengan jarak sekitar 35 km dari pusat kota, dapat diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun roda tiga. Karena keindahan pantai ini melintasi tiga desa, lebih tepat untuk memberikan opsi rute yang berbeda. Setiap desa memiliki akses jalan menuju Pantai Widarapayung, namun pintu utamanya terletak di Desa Widarapayung Wetan.

Akses menuju Pantai Widarapayung dapat dianggap mudah dijangkau. Bahkan tanpa membawa kendaraan pribadi, Anda tetap dapat mencapai pantai yang menawan ini. Awali perjalanan dengan menggunakan transportasi kereta api menuju Stasiun Kroya. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi umum yang tersedia untuk mencapai pantai. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Stasiun Kroya dan dapat diakses dengan angkutan umum.

Jika Anda berpergian dari Purwokerto, rute yang dapat diambil adalah melalui Jl. Banyumas Kroya. Dari jalan ini, arahkan kendaraan ke arah Pasar Kato dan masuk ke pintu gerbang menuju Pantai Widarapayung. Jika masih ragu, Anda dapat memanfaatkan GPS pada ponsel pintar Anda. Warga sekitar telah familiar dengan keberadaan pantai ini, sehingga mudah untuk menanyakan lokasinya.

Harga Tiket Masuk Pantai Widarapayung

Berlibur ke Pantai Widarapayung, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu besar, karena tiket masuknya hanya sekitar Rp. 7.500. Harga tersebut sangat terjangkau untuk menikmati keindahan pantai ini, sehingga wajar jika banyak orang yang memilih menghabiskan waktu di sini. Perlu diingat bahwa biaya parkir kendaraan belum termasuk dalam harga tersebut.

Namun, jangan khawatir, biaya parkirnya juga terjangkau, dimulai dari Rp. 3.000, tergantung jenis kendaraan yang Anda miliki. Harga tersebut bersahabat untuk sebuah tempat wisata. Perlu dicatat bahwa tarif tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola. Terkadang, ada penyesuaian harga pada hari-hari tertentu, seperti libur nasional atau saat musim liburan puncak.

Kegiatan Menarik di Pantai Widarapayung

Banyak yang berpendapat bahwa berkunjung ke pantai tidak menawarkan banyak kegiatan. Padahal, setiap pantai memiliki keunikannya sendiri dan menawarkan berbagai aktivitas menarik. Pantai andalan Cilacap ini, selain menikmati pemandangan yang memukau, juga menyediakan berbagai kegiatan menarik. Berjalan-jalan di tepi pantai sambil sesekali mengabadikan momen merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan.

Pantai ini termasuk dalam zona surfing kelas Internasional dengan ombak yang menantang, sangat cocok untuk olahraga selancar yang menjanjikan. Bagi yang mahir berselancar, mencoba kegiatan menantang ini adalah pilihan yang baik. Tidak perlu khawatir jika Anda belum mahir, karena Pantai ini memiliki Surfing Club yang siap membantu Anda.

Sebelumnya, lakukan pendaftaran untuk dapat berlatih, dan Anda tidak perlu membawa papan selancar sendiri karena tersedia layanan penyewaan di pantai ini. Jika tidak tertarik berselancar, menikmati aksi wisatawan lain yang berselancar juga memberikan keseruan tersendiri. Bagi yang gemar fotografi, pantai ini merupakan tempat yang cocok untuk hunting foto yang menarik, memungkinkan Anda untuk mengasah keterampilan fotografi Anda.

Aktivitas yang tak kalah seru adalah berkuda atau naik delman di pantai ini, di mana kuda dan delman tersedia untuk disewa. Pengalaman menaiki delman atau kuda bersama keluarga pasti menyenangkan, dan tarif untuk aktivitas ini terjangkau. Naik kuda, misalnya, dibandrol mulai dari Rp. 5 ribu saja untuk menjelajahi sekitar pantai. Kegiatan naik delman atau berkuda ini masih menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Jika Anda masih ingin mencoba aktivitas lain, berburu kepiting bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Pasir pantai ini merupakan habitat bagi kepiting, sehingga Anda perlu berhati-hati agar tidak terkena serangan. Meskipun ukurannya kecil, kepiting-krecek ini dapat diburu. Bagi yang berlibur bersama keluarga, pengalaman ini tentu akan menjadi momen yang tidak terlupakan.

Penginapan & Fasilitas di Pantai Widarapayung

Bagi yang ingin menghabiskan waktu lebih lama, Anda dapat menginap di sekitar Pantai Widarapayung, Cilacap. Terdapat beberapa penginapan dan hotel di daerah Kroya yang dapat Anda pilih. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pantai, hanya sekitar 1 km dengan menggunakan kendaraan bermotor. Untuk penginapan di sekitar tiga desa, hingga saat ini belum tersedia, sehingga opsi bermalam terkonsentrasi di daerah Kroya.

Seperti yang dilansir slot88, Pantai yang menakjubkan ini dilengkapi dengan fasilitas yang akan memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengunjungnya. Pengelola telah menyediakan fasilitas yang memadai, termasuk lahan parkir yang luas sehingga pengunjung tidak kesulitan mencari tempat parkir. Terutama saat musim liburan, pantai ini selalu ramai oleh pengunjung dari berbagai kota.

Tidak hanya itu, tersedia fasilitas toilet yang bersih untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Bagi yang ingin bersantai di tepi pantai, gubug pantai dan gazebo juga dapat dimanfaatkan. Setelah lelah bermain, nikmatnya duduk di gazebo sambil menikmati es kelapa muda dan berbagai kudapan lainnya. Di pantai ini, Anda juga dapat dengan mudah menemukan penjual makanan dan minuman dengan harga yang bersaing.

Tiap pantai memiliki daya tarik uniknya sendiri, meskipun ada unsur deburan ombak, air, dan pasir yang serupa, keindahannya tetap memikat. Begitu juga saat Anda mengunjungi Pantai Widarapayung, favorit warga Cilacap. Di sini, Anda dapat menikmati berbagai kegiatan menyenangkan dan fasilitas yang memadai. Apakah Anda tertarik untuk menjelajahi keindahan pantai ini?

Ikuti tulisan menarik Rena Wati lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu