x

Iklan

Anisa Maharani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Desember 2023

Rabu, 6 Desember 2023 07:06 WIB

Melindungi Mata dari Katarak, Tips Kesehatan Mata Harian

Kesehatan mata merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga kualitas hidup kita. Di era dimana kita semakin terekspos pada layar digital dan lingkungan yang menuntut penglihatan optimal.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kesehatan mata merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga kualitas hidup kita. Di era dimana kita semakin terekspos pada layar digital dan lingkungan yang menuntut penglihatan optimal. 

Salah satu penyakit yang sering dialami mata adalah Katarak. Setiap aktivitas yang dilakukan manusia memerlukan mata untuk berperan dalam melihat. Hal tersebut tersebut membuat kesehatan mata anda perlu diperhatikan dan juga dijaga. 

Tips Melindungi Mata dari Katarak

Sebab, seiring bertambahnya usia, kesehatan mata akan menurun. Oleh karena itu, penting untuk mengambil langkah pencegahan untuk menjaga kesehatan mata anda. Ada beberapa cara menjaga melindungi mata yang sebaiknya dilakukan secara rutin. 

Jaga Kebersihan Dan Jangan Mengucek Mata

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menjaga kebersihan mata dengan menggunakan obat tetes mata saat mata kering atau tidak menyentuh mata dengan tangan kotor dan tidak menggosoknya saat gatal dapat menjadi salah satu cara menjaga kesehatan mata.

Lindungi Mata dari Paparan UV 

Sinar matahari ultraviolet (UV) dapat merusak mata. Gunakan kacamata hitam dengan perlindungan UV saat berada di luar ruangan, terutama di bawah terik matahari. 

Istirahatkan Mata Anda

Menggunakan layar komputer, ponsel, dan tablet dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kelelahan mata dan sindrom mata kering. Sebaiknya anda terapkan aturan 20-20-20: jadi setiap 20 menit anda fokuskan pandangan pada objek berjarak 20 kaki atau sekitar 6 meter kurang lebih selama 20 detik. Ini membantu mengendurkan otot mata dan mengurangi ketegangan.

Penggunaan Kacamata Atau Lensa Kontak 

Jika Anda mempunyai masalah penglihatan, pastikan untuk memakai kacamata atau lensa kontak yang diresepkan oleh dokter mata Anda. Penggunaan yang tepat membantu mengurangi ketegangan mata dan risiko komplikasi.

Jaga Kelembaban Mata

Bagi yang sering merasakan mata kering, gunakan obat tetes mata sesuai anjuran dokter. Jaga juga kelembapan udara di lingkungan tempat Anda tinggal atau bekerja, terutama di ruangan ber-AC. 5. Hindari merokok. Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit mata serius seperti degenerasi makula dan katarak. Berhenti merokok merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan mata.

Periksakan Mata Anda Secara Rutin

Setiap orang, mulai dari anak-anak hingga orang tua, dianjurkan untuk memeriksakan mata ke dokter spesialis mata minimal 2 tahun sekali. Pemeriksaan mata secara rutin dapat mendeteksi dini gangguan mata akibat penyakit tertentu, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Orang dewasa yang berusia di atas 40 tahun bahkan disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali. Hal ini berguna untuk mencegah penyakit mata yang berhubungan dengan penuaan, seperti degenerasi makula, glaukoma, dan katarak. 

Sementara itu, anak sebaiknya diperiksa minimal dua tahun sekali untuk mendeteksi adanya gangguan penglihatan yang mungkin mempengaruhi kemampuan belajarnya. Anak-anak tidak perlu bisa membaca untuk melakukan pemeriksaan mata.

Makan Makanan Bergizi

Penelitian menunjukkan bahwa makanan sehat yang mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin A, C dan E, zinc, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3, dapat membantu menangkal masalah mata terkait usia, seperti katarak dan degenerasi makula. Dengan berbagai nutrisi tersebut anda bisa konsumsi sayuran yang berdaun hijau, telur, kacang-kacangan, ikan salmon, tuna dan jeruk.

Jangan Terlalu Lama Menatap Layar Elektronik

Dengan menatap smartphone atau layar komputer terlalu lama dapat menyebabkan mata anda lelah. Gejalanya bisa berupa sakit kepala, nyeri leher, nyeri bahu dan punggung, mata kering dan tegang, kesulitan fokus pada jarak jauh, dan penglihatan kabur. 

Jika Anda bekerja di depan komputer seharian, setiap 20 menit pandanglah sejauh 6 meter selama 20 detik, untuk mengurangi ketegangan mata. Atau anda dapat istirahatkan mata selama 15 menit setiap 2 jam. Jika mata Anda terasa kering, sering-seringlah berkedip.

Rajin Olahraga

Penelitian mengungkapkan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol tinggi. Anda juga bisa menjaga kesehatan mata dengan tidak mengabaikan berbagai masalah mata. 

Jika terasa ada butiran pasir di mata, bilas dengan air bersih. Jika mata Anda terasa gatal atau tampak merah, obati dengan obat tetes mata atau kompres dingin. Segera konsultasikan ke dokter mata jika keluhan mata terus berlanjut, atau jika mata terasa nyeri, bengkak, sensitif terhadap cahaya, seperti bintik hitam melayang saat melihat, atau jika Anda mengalami gangguan penglihatan.

Demikian penjelasan dari saya tentang melindungi mata dari Katarak, tips kesehatan mata harian semoga bermanfaat, terimakasih.

Ikuti tulisan menarik Anisa Maharani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu