x

Ilustrasi Cinta Alam. Foto: Fethi Bouhaouchinedari Pixabay.com

Iklan

Khalidiya Ninda W.

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Desember 2023

Senin, 25 Desember 2023 06:40 WIB

Terapi Alam: Manfaat untuk Kesejahteraan Mental dan Psikologis

Interaksi dengan alam memiliki dampak positif yang signifikan pada kesejahteraan mental dan psikologis manusia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pernahkah kamu saat menyaksikan keelokan alam, muncul ketenangan dan kebahagiaan yang mendalam pada dirimu? Ternyata itu adalah kecenderungan bawaan dalam diri kita ketika melihat keindahan.

Tapi tahu tidak, melalui banyak penelitian telah dijelaskan bahwa selain daya tarik estetika yang dimiliki, alam memberikan sejumlah manfaat bagi kesejahteraan manusia salah satunya adalah meningkatkan kesehatan mental.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berinteraksi dengan alam merupakan salah satu contoh penerapannya. Yuk simak lebih dalam mengenai interaksi dengan Alam dan pengaruhnya pada kesejahteraan mental dan psikologis.

 

Alam dan pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Manusia

Terlibat dengan alam nyatanya akan menumbuhkan kekaguman dan menciptakan emosi positif sebagai bentuk kebahagiaan manusia. Sejumlah besar penduduk kota mengemukakan hal yang sama mengenai peningkatan kesejahteraan mental dalam lintasan yang lebih positif ketika terpapar ruang hijau di lingkungan perumahan mereka. Menurut Hartig et al., dalam (Merlisa et al, 2022) beberapa temuan menunjukkan bahwa alam terkait dengan efek positif pada kesejahteraan manusia. 

Beberapa studi korelatif dan kualitatif  telah menunjukkan bahwa alam memberikan pengaruh yang menguntungkan pada kesejahteraan psikologis seseorang. Melalui terapi alam, seseorang dapat mengalami peningkatan mood yang signifikan. Interaksi dengan alam di masa kanak-kanak juga berkaitan dengan hasil perilaku dan kesehatan mental yang lebih baik. Terbukti dengan rendahnya risiko gangguan kejiwaan  dan peningkatan kesehatan psikologis pada remaja yang sering berinteraksi dengan alam.

 

Bentuk Interaksi dengan alam

Tidak sedikit manusia mengekspresikan kesulitan hidup mereka dengan berkomunikasi dengan alam. Keterkaitan tersebut terungkap melalui serangkaian upaya yang dilakukan, seperti tinggal di lingkungan yang hijau, menikmati ketenangan ruang hijau, dan terlibat dalam kegiatan yang dipenuhi alam. Aktivitas-aktivitas itulah yang berkontribusi langsung pada kesejahteraan psikologis seseorang. Namun, tidak hanya terbatas pada keterlibatan dalam kegiatan tertentu, hanya berada di tengah-tengah alam tanpa melakukan kegiatan apa pun dapat memberikan efek pemulihan pada kesehatan mental, menanamkan ketenangan dan mengurangi emosi negatif dalam diri seseorang.

 

Manfaat berinteraksi dengan alam

Hubungan simbiosis antara manusia dan sumber kehidupan alami ini menumbuhkan potensi dalam meningkatkan kesejahteraan emosional dan psikologis seseorang. Dengan memanfaatkan banyak eksperimen yang diperkuat oleh beberapa teori, Alam berfungsi sebagai lingkungan yang menyegarkan yang memungkinkan individu untuk mengisi kembali sumber daya kognitif mereka. Berjalan-jalan di tengah lingkungan alam mendorong peningkatan ketajaman intelektual dan mengurangi beban kelelahan mental. Tidak hanya itu,  berkaitan dengan teori pemulihan stres telah terbukti secara empiris bahwa alam memberikan pengaruh yang menenangkan pada jiwa,  sehingga mengurangi tingkat stres dan meningkatkan relaksasi, menumbuhkan emosi positif, dan memberikan manfaat jangka panjang bagi kesehatan mental.

 

Ikuti tulisan menarik Khalidiya Ninda W. lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu