x

buku di perpustakaan

Iklan

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Selasa, 6 Februari 2024 10:04 WIB

Menjadi Pembelajar Mandiri dan Mencari Sumber Ilmu

Ilmu dan teknologi adalah kunci buat kemajuan setiap bangsa. Maka kita orang Indonesia harus menjadi pembelajar mandiri. Kita juga harus mencari ilmu ke sumbernya langsung. Bagaimana caranya? Sila ikuti terus.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Oleh: Bambang Udoyono

Intro

 

Pendidikan adalah kunci kemajuan sebuah bangsa. Karena itu pendidikan harus berhasil.  Orang Indonesia harus berkembang menjadi independent learner alias pelajar/mahasiswa/pembelajar mandiri agar Indonesia menjadi negara maju, adil dan makmur.

 

Pembelajar Mandiri

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Tapi tunggu dulu, apa itu independent learner?

Seorang pelajar mandiri adalah orang yang mampu mengontrol pembelajaran mereka. Mereka belajar melalui tindakan mereka sendiri dan mengarahkan, mengatur, dan menilai pembelajaran mereka sendiri. Pelajar mandiri mampu menetapkan tujuan, membuat pilihan, dan keputusan tentang bagaimana memenuhi kebutuhan pembelajaran mereka, mengambil tanggung jawab untuk membangun dan melaksanakan pembelajaran mereka sendiri, memantau kemajuan mereka dalam mencapai tujuan pembelajaran mereka, dan menilai diri sendiri atas hasil pembelajaran.

Manfaat dari pembelajaran mandiri singkatnya adalah pelajar makin meningkat penguasaannya atas materi yang dipelajari. Dia akan mengalami kemajuan pesat.

 

Bagaimana cara menjadi pelajar mandiri?

 

Pertama tetapkan tujuan Anda sendiri. Kedua, identifikasi sumber daya Anda sendiri. Ketiga, kelola waktu dan kemajuan Anda dengan jujur dan efektif. Keempat membaca dan mencatat secara intensif dan ekstensif. Kelima melakukan refleksi diri. Selain banyak membaca juga banyak diskusi dengan para cendekiawan.

 

Orang-orang yang sukses sering menunjukkan ciri-ciri pembelajar mandiri. Mereka biasanya memiliki motivasi diri, rasa ingin tahu, dan kemampuan untuk menetapkan dan mencapai tujuan pribadi. Mereka dapat memecahkan masalah untuk mengoptimalkan upaya belajar mereka dan mencari sumber daya untuk menjawab pertanyaan mereka. Mereka terus-menerus termotivasi untuk merefleksikan kinerja mereka dan bahkan jika mereka telah memenuhi tujuan pembelajaran mereka. Ini membantu mereka menjadi lebih mandiri dan sadar akan kekuatan, kemajuan, dan area yang perlu mereka tingkatkan.

 

Mengembangkan diri dengan membaca

 

Setelah menjadi pembelajar mandiri, Anda akan mampu mengembangkan diri dengan banyak membaca.  Anda akan mampu mengembangkan kompetensi membaca dari level pemula sampai level mahir.  Di tingkat ini Anda akan mampu membaca sampai mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang buku yang dibaca.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengembangkan kemampuan membaca sampai tingkat lanjutan?

 

Menuju Kemampuan membaca lanjutan

 

Ada beberapa Langkah agar kompetensi membaca Anda sampai pada tingkat lanjutan.

Pertama praktekkan membaca secara berjenjang. Mulai dari yang paling ringan sampai ke yang paling berat.  Mulai dari Bahasa Indonesia sampai ke bahasa asing.

 

Kedua, hubungkan antara membaca dengan menulis. Jika Anda dapat memahami teks lanjutkan dengan mengikat makna. Ini adalah teori dari Hernowo Hasim almarhum.  Gunanya untuk menyusun bangunan ilmu Anda.  Tuliskan apa yang anda dapatkan dari membaca dalam sebuah artikel atau catatan.  Mengikat makna, demikian istilah Hernowo Hasim, akan membuat Anda mampu mengintegrasikan informasi dari teks dengan pengalaman dan ilmu Anda untuk membangun ilmu pengetahuan Anda.

 

Selain itu, praktekkan juga membaca intensif dan ekstensif.  Membaca ekstensif adalah membaca berbagai jenis bahan bacaan. Bisa buku fiksi, non-fiksi, majalah, artikel koran dll. Arti dari membaca ekstensif adalah membaca secara luas tetapi tidak harus fokus pada satu teks saja. Anda dapat membaca dari berbagai sumber untuk mengembangkan keterampilan membaca Anda.

 

Jika dilakukan dengan baik, Anda akan mendapatkan pemahaman umum tentang materi bacaan. Anda juga akan mampu meningkatkan keterampilan bahasa Anda. Membaca ekstensif akan membantu Anda meningkatkan kemampuan membaca Anda.

 

Membaca intensif adalah membaca dengan konsentrasi penuh dan fokus total pada sebuah topik tertentu.  Anda  bukan membaca sejumlah besar materi, tetapi lebih tentang memahami sebuah topik secara mendalam. Fokus Anda adalah  memahami lebih banyak dan mendalam, memahami tata bahasa dan kosakata, dan memahami maksud dan materi dari penulis.

 

Untuk mencapai pemahaman yang baik, sembari membaca Anda bisa membuat catatan pinggir. Maksudnya membuat catatan di margin buku. Atau Anda bisa membiat di tempat lain, di laptop atau buku catatan. Anda bisa juga memakai metoda mind mapping untuk mencatat materi yang Anda dapat atau mencatat tanggapan Anda.

 

Anda juga bisa melakukan membaca ngemil. Ini lagi lagi istilah dari Hernowo Hasim.  Maksudnya membaca secara nyicil alias bertahap.  Setiap hari alokasikan sejumlah waktu tertentu untuk membaca.

 

Keuntungan membaca apalagi dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lain ada banyak. Intinya ia menyehatkan fisik dan mental Anda.

 

Selain itu, membaca bisa menguatkan otak. Membaca melibatkan jaringan dan sinyal yang kompleks di otak. Dengan sering membaca maka jaringan tersebut juga menjadi lebih kuat dan canggih.

 

Kedua membangun kosakata. Membaca dapat secara signifikan meningkatkan kosakata Anda.

 

Ketiga mencegah penurunan kognitif apabila dilakukan secara berkala.

Keempat mengurangi stres. Membaca bisa menjadi penenang stres yang hebat.

 

Kelima meredakan depresi. Membaca dapat membantu meredakan gejala depresi terutama pada tingkat awal.

 

Keenam memperpanjang harapan hidup. Ada bukti yang menunjukkan bahwa pembaca rutin mungkin memiliki usia hidup yang lebih panjang.

 

Ketujuh meningkatkan fokus. Membaca dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi Anda.

 

Kedelapan meningkatkan memori. Membaca dapat meningkatkan memori Anda.

 

Kesembilan tapi memiliki  keuntungan terpenting adalah penguasaan materi. 

 

Mencari sumber ilmu

 

Harus diakui sampai saat ini sumber ilmu masih negara negara maju di Amerika dan Eropa serta Jepang.  Mereka menulis ilmu pengetahuannya di dalam buku dalam bahasa Inggris utamanya.  Oleh karena itu sebaiknya Anda menguasai keterampilan membaca dalam bahasa Inggris sampai tangka lanjutan.

 

Inilah cara terbaik untuk mendapatkan ilmu langsung dari sumbernya, bukan dari tangan kedua atau ketiga.  Jika anda mengikuti pelatihan maka sejatinya Anda mendapatkan ilmu dari tangan kedua atau ketiga.  Tentu saja ada bias dari pribadi mereka meskipun kompetensi mereka sebagai dosen atau trainer sudah oke.

 

Jadi jangan ragu ragu segera kembangkan kompetensi membaca Anda dalam bahasa Inggris sampai tingkat lanjutan agar Anda mampu belajar dari sumber ilmu langsung, bukan sekedar dari pengecer ilmu.

 

Menghapus kejenuhan

 

Buat sebagian besar orang membaca itu berat. Itulah sebabnya orang Indonesia kurang suka membaca.  Oleh karena itu Anda perlu memiliki kegiatan lain untuk mengatasi kejenuhan.  Santai sejenak atau jeda. Mendengarkan musik dll bisa membantu.

Tapi ada satu kegiatan yang lebih relevan.  Apa itu?

 

Menghilangkan kejenuhan dan meluaskan wawasan dengan safari manca negara. Berpergian dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap kemampuan membaca Anda.  

 

Ada beberapa keuntungan lain dari safari ke dalam negeri apalagi ke manca negara.

 

Melepaskan stress. Tidak diragukan lagi bahwa berwisata membuat kita gembira sehingga stress bisa dilepaskan.  Suasana hati dan pikiran menjadi cerah. Pikiran menjadi bening. Akibatnya Anda akan mudah belajar dan bekerja. Ini tentu menyumbang pada kesehatan fisik dan mental.

 

Mengembangkan Empati dan Pemahaman

Berwisata dan menyimak paparan tour leader dan pramuwisata tentang tempat-tempat yang Anda kunjungi memungkinkan Anda untuk memahami sejarah, budaya, dan perspektif orang-orang yang tinggal di sana. Ini dapat mengarah pada pemahaman yang lebih dalam dan empati terhadap orang lain.

 

Safari juga bisa membangkitkan motivasi untuk mengembangkan diri. Melihat sendiri kemajuan bangsa bangsa lain bisa membuat kita termotivasi untuk maju.

 

Meluaskan jejaring.  Berpergian, terutama dengan orang lain, dapat memperkuat hubungan.

 

Belajar dan tumbuh. Berwisata membuat Anda terpapar pada budaya, bahasa, dan pengalaman yang berbeda. Ini dapat mengarah pada pertumbuhan pribadi dan pembelajaran.  Anda bisa belajar dari kemajuan bangsa bangsa lain.

 

Penutup

 

Jadi jelas ya bahwa negara negara maju memiliki warga yang merupakan independent learner alias pembelajar mandiri. Mereka mampu mengembangkan diri sehingga menjadi sumber ilmu. Kegiatan utama dari pengembangan diri adalah dengan membaca.  Dengan membaca Anda bisa belajar dari sumber pertama dari Barat. Bukan sekedar belajar dari pengecer ilmu.  Untuk mengatasi kejenuhan dalam membaca dan belajar Anda butuh hiburan. Safari ke Nusantara apalagi ke manca negara bisa membuat Anda gembira, lepas dari stress dan termotivasi untuk maju.

Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu