x

Iklan

Jayanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Februari 2024

Minggu, 11 Februari 2024 10:22 WIB

Dengan Budget Terjangkau Menikmati Formasi Bebatuan Megah dan Eksotisme Pantai Wediombo

Pantai Wediombo merupakan salah satu destinasi pantai yang terletak di Gunung Kidul. Keindahannya tidak kalah menarik dibandingkan pantai-pantai lain di daerah tersebut

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pantai Wediombo merupakan salah satu destinasi pantai yang terletak di Gunung Kidul. Keindahannya tidak kalah menarik dibandingkan pantai-pantai lain di daerah tersebut. Banyak wisatawan mancanegara maupun domestik mengunjungi pantai ini menikmati liburan bersama keluarga. Mereka ingin  melarikan diri dari kegiatan sehari-hari yang padat.

Setiap pantai di Gunung Kidul memiliki daya tariknya sendiri. Setiap wisatawan memiliki pantai favoritnya sendiri sesuai dengan pesona yang ditawarkan oleh masing-masing pantai tersebut.

Pantai ini juga menjadi favorit bagi banyak wisatawan karena daya tariknya yang mengagumkan. Formasi bebatuan karang yang megah seolah-olah memukau setiap wisatawan yang mengunjunginya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Destinasi wisata bahari ini terletak di paling ujung Yogyakarta. Lokasinya sedikit terpencil karena berbatasan dengan daerah Wonogiri. Jaraknya merupakan yang terjauh di antara pantai-pantai lainnya.

Walau demikian, Pantai Wediombo tidak pernah sepi pengunjung karena keeksotisannya yang menawan. Formasi bebatuan karang yang tersusun rapi selalu siap menyambut para wisatawan yang datang berkunjung.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Wediombo

Keindahan yang dimiliki oleh pantai tersebut sangatlah sayang untuk dilewatkan saat Anda berkunjung ke daerah di mana pantai ini berada.

Sambil menyelam minum air, mungkin itu adalah peribahasa yang tepat untuk menggambarkannya. Ketika Anda berkunjung ke rumah saudara di daerah tersebut, Anda dapat mampir ke pantai yang memiliki keunikan tersendiri ini.

1. Laguna yang Mempesona

Seperti yang dilansir alexistogel, daya tarik utama dari Pantai Wediombo adalah keberadaan lagunanya. Tidak semua pantai di Gunung Kidul memiliki laguna. Laguna merupakan cekungan berukuran cukup besar yang memiliki bentuk serupa dengan kolam alami dan dikelilingi oleh bebatuan karang. Kedalaman laguna di pantai tersebut mencapai tinggi dada orang dewasa.

Laguna ini mengandung air jernih dengan warna kebiruan yang khas bagi pantai di Gunung Kidul. Meskipun ombak di pantai ini terkenal cukup ganas, namun relatif aman bagi para wisatawan yang ingin berenang di laguna. Laguna dikelilingi oleh batu-batu karang yang bertindak sebagai pemecah ombak, sehingga aktivitas berenang di laguna menjadi cukup aman.

2. Pasir Putih Bersih

Deretan pantai di Gunung Kidul memiliki ciri khas tersendiri, yaitu memiliki pasir putih yang bersih. Pantai ini termasuk salah satunya.

Di pantai tersebut, Anda dapat menikmati bermain di pasir putih sambil menikmati air laut yang jernih. Aktivitas bermain pasir di pantai tersebut menjadi alternatif bagi para wisatawan yang tidak ingin berenang di laguna.

3. Keindahan Sunset Pantai Wediombo

Pantai tersebut menampilkan pesona keindahan matahari terbenam yang memukau hati setiap pengunjung. Dengan kehadiran laguna dan formasi bebatuan karang yang memiliki karakter unik, pantai ini menjadi lebih istimewa saat senja tiba. Anda tidak akan menemukan keindahan sunset yang memperindah laguna di pantai lainnya.

4. Asal Usul Nama yang Kejawen

Nama pantai tersebut berasal dari Bahasa Jawa, yakni dari kata ‘wedi’ dan ‘ombo’. Kata ‘wedi’ berarti ‘pasir’, sedangkan kata ‘ombo’ berarti ‘luas’.

Sehingga, pantai tersebut memiliki makna ‘hamparan pasir yang luas’. Dari namanya saja sudah terlihat jelas bahwa pantai tersebut memiliki lokasi yang paling luas dalam satu kawasan.

Alamat dan Rute Menuju Pantai

Objek wisata pantai tersebut terletak di Desa Jepitu. Rute yang dapat diambil adalah dari pusat kota melalui Wonosari menuju Pantai Jungwok.

Dari Wonosari, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah Semanu, terutama ke arah timur melewati Pasar Agrososro. Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke Simpang Tiga yang terletak setelah Pasar Wonosari.

Setelah itu, ambillah jalan ke kanan melewati Pantai Baron. Anda akan menemui pertigaan sebelum Pantai Jungwok setelah perjalanan sekitar 10 kilometer. Ikutilah petunjuk arah menuju Pasar Jepitu. Untuk mencapai pantai tujuan, jika Anda bertemu pertigaan Pasar Jepitu, ambillah jalan ke arah kanan.

Setibanya di lokasi parkir Pantai Wediombo, Anda perlu berjalan kaki menuruni bukit sekitar 50 meter menuju pantai. Pantai ini, yang terletak di Kecamatan Girisubo, memerlukan waktu perjalanan sekitar 2,5 jam melalui jalur darat. Jaraknya dari pusat kota Jogja menuju lokasi adalah sekitar 73 kilometer.

Akses menuju pantai tersebut sangatlah mudah, dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Wisatawan yang datang berkunjung tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga dari mancanegara.

Anda juga dapat menggunakan transportasi umum untuk menuju ke lokasi, meskipun transportasi umum tidak akan membawa Anda langsung ke tempat tujuan. Sebagai gantinya, transportasi umum hanya akan mengantar Anda hingga Terminal Wonosari. Dari terminal Wonosari, Anda dapat menyewa mobil atau motor untuk melanjutkan perjalanan hingga ke lokasi tujuan.

Lokasi pantai tersebut terletak di wilayah pesisir selatan Pulau Jawa. Deretan pantai lain membentuk garis di wilayah pesisir selatan, seperti pantai kukup, pantai baron, pantai krakal, pantai siung, dan yang terletak paling ujung adalah pantai ini. Pantai ini berdekatan dengan pantai siung, yang terletak di sebelah timur, sementara pantai tersebut terletak di sebelah barat.

Jarak antara pantai siung dan pantai tersebut cukup dekat, sekitar 4 km saja. Namun, perjalanan dari pantai siung ke pantai ini dengan berjalan kaki dapat menjadi cukup melelahkan.

Pantai Suing dan pantai tersebut berjarak sekitar 80 km dari pusat kota Yogyakarta, dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 2 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Pantai ini, dengan keindahan lagunanya dan bebatuan karangnya, dibuka untuk umum setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam. Sehingga, Anda dapat menikmati pesona indah pantainya kapan pun sesuai keinginan.

Untuk menikmati suasana pantai yang lebih sepi, disarankan untuk berkunjung pada hari kerja, karena pada akhir pekan atau musim liburan, pantai ini sangat ramai.

Ketika masuk ke kawasan Pantai Wediombo, pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 10.000 per orang. Biaya parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp 3.000, sementara untuk kendaraan roda empat adalah Rp 5.000. Jika pengunjung ingin menginap dan menitipkan kendaraan di area parkir pantai, biaya parkir untuk kendaraan roda dua menjadi Rp 10.000 dan Rp 25.000 untuk kendaraan roda empat.

Jika Anda berencana menginap di kawasan pantai, Anda dapat menyewa tenda berkapasitas 4 orang dengan harga sewa Rp 35.000 per malam.

Tersedia juga penyewaan tenda lengkap dengan peralatan camping lainnya dengan biaya sewa Rp 300.000 per tenda untuk semalam. Pengunjung yang menginap di area camping akan dikenakan biaya lahan Rp 25.000 per tenda.

Fasilitas penyewaan alat surfing tersedia di pantai tersebut dengan harga sewa Rp 100.000 per orang. Harga sewa tersebut mencakup pemandu surfing, papan selancar (surf board), dan dokumentasi foto.

Anda juga dapat menikmati aktivitas snorkeling di area pantai dengan menyewa peralatan snorkeling seharga Rp 30.000 per orang.

Selain itu, Anda dapat melakukan kegiatan diving maupun snorkeling di tengah laut atau di lokasi yang agak jauh dari pantai menggunakan kapal laut dengan membayar biaya Rp 80.000 untuk kapasitas minimal 6 orang.

Namun, jangan lupa untuk selalu menjaga stamina tubuh karena Anda harus berjalan kaki menuruni bukit selama 15-20 menit melalui anak tangga untuk mencapai pantai.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

1. Berenang di Laguna Wediombo

Salah satu keunikan pantai di Jogja adalah adanya kolam renang alami atau laguna. Kolam renang ini terletak di tengah-tengah bebatuan karang yang berfungsi sebagai pemecah ombak, sehingga berenang di sini cukup aman. Air kolam renang alami ini sangat menyegarkan dan jernih.

Anda dapat mencoba berendam di sini karena berendam di laguna membuat Anda betah untuk berlama-lama. Terutama, hembusan angin sepoi-sepoi semakin menambah kenyamanan saat Anda berenang dan berendam di laguna. Namun, tetap berhati-hati karena bebatuan karang yang mengelilingi laguna cukup licin dan tajam.

2. Memancing dari Atas Bebatuan Karang

Pantai Wediombo tidak memiliki spot khusus untuk memancing, sehingga Anda dapat menggunakan bebatuan karang yang tersebar di kawasan pantai sebagai tempat memancing. Tidak tersedia fasilitas penyewaan peralatan memancing di pantai tersebut, sehingga disarankan untuk membawa peralatan memancing sendiri dari rumah.

Dengan ukuran yang tidak terlalu luas, pantai ini menjadi favorit bagi para pemancing. Suasana pantai yang tidak terlalu ramai pada hari kerja membuat para pemancing merasa nyaman dan cocok untuk bersantai.

Para pemancing umumnya memasak hasil tangkapan ikan di sekitar pantai dan menikmatinya bersama dengan teman-teman pemancing lainnya.

3. Snorkeling dan Diving

Bagi para wisatawan yang tertarik untuk mencoba aktivitas snorkeling dan diving di pantai ini, mereka dapat menyewa perahu nelayan atau naik kapal laut untuk mencapai tengah laut atau lokasi yang agak jauh dari pantai. Dengan menyewa perahu nelayan atau naik kapal laut, para wisatawan dapat menjelajahi spot menarik di sekitar pantai dan menikmati keindahan biota bawah laut.

4. Menikmati Sajian Kuliner

Anda tidak perlu khawatir jika merasa lapar atau haus karena di sekitar pantai terdapat berbagai tempat makan dengan ragam menu kuliner yang memanjakan lidah. Tempat-tempat makan di pantai ini bervariasi, mulai dari angkringan hingga warung makan. Di angkringan, Anda dapat menikmati menu kuliner khas Jawa Tengah seperti nasi kucing hingga gudeg.

Anda juga dapat menikmati hidangan kuliner dengan menu-menu berbahan dasar seafood. Bahan-bahan seafood tersebut diolah langsung oleh para nelayan dari laut, sehingga hasil tangkapannya masih sangat segar. Menu olahan seafood pun beragam, mulai dari yang dibakar hingga dimasak dengan saus.

5. Camping di Sekitar Pantai Wediombo

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi menginap di pinggir pantai atau di area camping sekitar Pantai Wediombo, Anda bisa mencoba mendirikan tenda di sana.

Pihak pengelola telah menyediakan area camping untuk para pengunjung yang ingin berkemah. Luasnya area camping membuat banyak wisatawan memilih untuk menginap di sini selama liburan mereka.

Pada malam hari, suara deburan ombak menambah kehangatan suasana pantai. Keberadaan api unggun yang menyala juga menambah ketenangan dan kehangatan bagi para wisatawan yang berkemah. Terutama saat cuaca cerah, kerlap-kerlip bintang yang menghiasi langit malam memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

6. Menyaksikan Keindahan Senja

Senja di pantai tersebut menawarkan panorama yang tak tertandingi. Siluet bebatuan karang menambah keindahan lukisan alam yang terukir di pantai ini.

Banyak wisatawan memanfaatkan momen senja sebagai latar belakang foto mereka, bahkan seringkali pasangan menjadikan tempat ini sebagai lokasi sesi foto preweding mereka.

7. Berfoto di Spot-Spot Terbaik

Pantai tersebut memiliki beberapa spot menarik yang sangat cocok sebagai latar belakang foto. Salah satunya adalah ayunan dari tali tambang yang besar dan kuat yang tergantung di bawah pohon besar. Anda dapat memanfaatkan spot ini untuk mengambil foto dan membagikannya di media sosial Anda.

8. Menginap di Sekitar Pantai

Akan kurang lengkap rasanya jika berlibur ke Pantai Wediombo hanya sehari saja. Anda dapat memilih untuk menginap di sekitar pantai untuk menikmati liburan lebih dari satu hari di sini.

Anda akan sangat terkesan dengan pemandangan pantai yang begitu memukau, sehingga satu hari kunjungan mungkin tidak akan cukup memuaskan.

Meskipun terletak di ujung Yogyakarta, beberapa penginapan sudah tersedia di dekat pantai. Penginapan-penginapan tersebut tidak termasuk dalam kategori mewah bintang lima yang menetapkan harga tinggi untuk menginap per malam.

Dengan anggaran minimalis, Anda masih bisa merasakan kenyamanan saat menginap di penginapan di sekitar pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Pihak pengelola pantai tersebut menyediakan berbagai fasilitas yang cukup lengkap dan memadai, seperti kamar mandi umum, toilet, mushola, penyewaan tenda, area camping, penyewaan peralatan snorkeling, tempat parkir, penyewaan peralatan surfing, warung makan, angkringan, serta penyewaan perahu nelayan dan kapal laut.

Selain itu, terdapat juga penginapan di sekitar pantai yang nyaman dengan harga yang terjangkau. Anda tidak perlu kesulitan mencari tempat menginap yang nyaman jika ingin menghabiskan liburan di pantai tersebut.

Sangat disayangkan jika Anda melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pantai

Wediombo saat Anda memiliki waktu luang. Dengan budget yang terbatas, Anda dapat bersantai di sini, menikmati berbagai sajian kuliner, bahkan mencoba berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelola pantai.

Ikuti tulisan menarik Jayanti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu