x

Ilustrasi rumput laut (pixabay.com)

Iklan

Siapa Aku

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2024

Jumat, 15 Maret 2024 16:24 WIB

Mahasiswa UMM Mengajarkan Pengolahan Rumput Laut Menjadi Nugget di Desa Binusan, Kalsel

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa ini adalah untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan program kegiatan yang dimiliki oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). PMM UMM kelompok 101 gelombang 6 yang dibimbing oleh Dosen Pmbimbing Lapangan (DPL) Lailatul Mauludiyah, S.S., M.Pd.I melaksanakan PMM di SDN 006 Nunukan, Desa Binusan, Kab Nunukan, Provinsi Kalimantan. Pada tanggal 19 Januari-19 Februari 2024. Kegiatan PMM ini adalah untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian UMM.

PMM ini dilaksanakan oleh 5 anggota yaitu Eka Suci Abrianti, Nur Alam Sari, Rinayah Maulina, Naza Nadhana afdha, dan Nurul Widayati.

Makanan dari olahan rumput laut sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Rumput laut bisa digunakan dalam makanan maupun minuman. Tidak hanya rasanya yang enak, rumput laut juga mempunyai manfaat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Rumput Laut memiliki gizi yang sangat tinggi. Rumput laut rendah kalori dan serat, tetapi mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral termasuk magnesium, mangan, yodium, kalium, sodium, kalsium, folat, zat besi, dan tembaga, dalam jumlah yang cukup tinggi.

Rumput laut juga mengandung vitamin A, C, E, K, fosfor, dan kolin meski dalam jumlah sedikit. Selain itu, rumput laut juga kaya akan antioksidan yang membuat rumput laut memiliki beragam manfaat kesehatan. Rumput laut dapat diolah dan menjadi bahan tambahan pada makanan maupun minuman. Rumput laut dapat dimanfaatkan sebagai bahan tambahan pada pembuatan bakso, nuget, dimsum dan olahan makanan lainya karena gizi yang dimiliki oleh rumput laut.

Sosialiasi pembuatan nugget rumput laut dilaksanakan pada tanggal 04 Februari 2024 dengan mengundang perwakilan UMKM Nunukan, yaitu Ketua UMKM Nunukan. Mahasiswa menjelaskan bahan, proses pembuatan serta manfaat nugget rumput laut (nagala ) dengan menggunakan bantuan media video.

Diakhir sesi penjelasan (Ketua UMKM ) memberikan beberapa pertanyaan kepada mahasiswa bagaimana cara mendapatkan Rumput Laut dikarenakan di daerah Binusan jauh dari produksi rumput laut. Dan tak lupa Ibu memberikan beberapa masukan dan saran mengenai produk yang dibuat yaitu nugget rumput laut. Dan diakhir sesi Mahasiswa memberikan tester produk nugget rumput laut kepada pada peserta yang mengikuti pengolahan rumput laut.

Harapan setelah diadakannya program kerja ini adalah semoga kedepannya setelah mengenalkan produk yng dibuat oleh mahasiswa PMM UMM, l masyarakat Desa Binusan khususnya para warga bermatapencaharian rumput laut mampu mengembangkan dan menjadikan nugget rumput laut sebagai camilan sehat dan usaha.

Ikuti tulisan menarik Siapa Aku lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 jam lalu

Terpopuler