Yuk, Ketahui Cara Membuka Kap Mesin Mobil dengan Baik dan Benar

Minggu, 23 Juni 2024 22:22 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ingin mengecek kondisi mesin kendaraan Anda? Anda harus mengetahui terlebih dahulu Cara Membuka Kap Mesin Mobil yang benar.

Ingin mengecek kondisi mesin kendaraan Anda? Anda harus mengetahui terlebih dahulu Cara Membuka Kap Mesin Mobil yang benar. Kap mobil merupakan salah satu bagian penting pada kendaraan karena berfungsi melindungi komponen mesin di dalamnya. Di Indonesia biasanya kap mesin terletak dibagian depan mobil karena sebagai melindungi mesin. 

Kap mesin dapat dibuka dan ditutup untuk memeriksa komponen mesin mobil di dalamnya. Karena fungsinya sebagai pelindung mesin, maka kap mobil ini harus dirawat dengan baik agar dapat berfungsi secara maksimal. Nah disini kita akan membahas cara membuka kap mobil yang benar.

Sekilas Tentang Kap Mesin Mobil

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kap mesin mobil memiliki salah satu komponen penting yang berfungi untuk melindungi mesin kendaraan. Kap mesin terdiri dari dua lapisan yaitu lapisan atas berbahan aluminium sheet dan lapisan dalam berbahan fiber glass. Lapisan alumunium kap memiliki fungsi sebagai peredam. Peredam ini juga memiliki fungsi lain yaitu untuk mempercepat keluarnya panas matahari dari bawah kap mesin mobil. Sedangkan lapisan fiber glass berfungsi menyerap panas mesin berlebih. 

Dengan fungsi vital tersebut, pemilik kendaraan harus mengetahui cara membuka kap mobil dari luar dengan benar agar tidak mudah rusak. Ada beberapa fungsi kap mesin mobil yang bisa Anda pelajari, yaitu sebagai aksesoris pelindung mesin bagian depan dan sebagai peredam panas. 

Panas yang dihasilkan dari putaran mesin harus dikurangi agar tidak menyebabkan overheating. Selain itu, kap mesin juga berfungsi untuk menghalangi debu dan kotoran yang mengganggu komponen mesin.

Fungsi Kap Mesin Mobil

Menstabilkan Suhu

Salah satu fungsi utama kap mobil adalah menstabilkan suhu mesin agar tetap normal. Kap mesin akan menjaga suhu tetap panas saat mesin dingin, dan juga meredamnya saat mesin terlalu panas.

Melindungi Cat Pada Kap Mesin

Selain untuk menstabilkan suhu mesin, kap mesin juga berfungsi untuk mencegah kerusakan cat mobil pada kap mesin. Paparan terik matahari dan panas dari dalam mesin kendaraan dapat meningkatkan risiko kerusakan cat mobil. Oleh karena itu, diperlukan pelindung kap mesin yang baik untuk mencegah kerusakan cat pada kap mesin.

Meredam Kebisingan Mesin

Pemilik kendaraan wajib mengetahui cara membuka kap mesin mobil yang macet karena komponen ini juga berfungsi untuk meredam kebisingan mesin. Saat mesin dihidupkan, mobil akan mengeluarkan suara yang mungkin mengganggu sebagian orang. Dengan kap mesin, suara mesin bisa teredam dan bergema di antara komponen mobil lainnya.

Mencegah Radiasi

Kap mobil juga berfungsi untuk mencegah radiasi pada bagian komponen lainnya. Suhu panas akibat putaran mesin dapat menimbulkan goresan pada cat kendaraan. Kap mesin yang dilengkapi peredam dapat meminimalisir efek radiasi di bawah kap mobil.

Cara Membuka Kap Mesin Mobil

Tarik Tuas Penarik Di Dalam Mobil

Jika ingin membuka kap mobil, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menarik tuas penarik pada mobil. Setiap tipe mobil biasanya mempunyai letak tuas penarik kap mesin yang berbeda-beda, namun pada umumnya biasanya terletak di bawah dashboard atau di bawah jok pengemudi.

Produsen mobil biasanya memberikan gambar kap mesin pada tuasnya agar lebih mudah ditemukan. Anda hanya perlu menarik tuasnya hingga terdengar suara dari kap mesin. Jika terdengar suara aneh, maka Anda bisa keluar dari kendaraan agar segera membuka kap mesin untuk memeriksanya.

Buka Kap Mesin Saat Mesin Dingin

Hal penting yang harus diperhatikan saat membuka kap mobil adalah melakukannya saat mesin dalam keadaan dingin. Tujuannya agar tangan tidak terluka saat membuka kap mesin. Perlu Anda ketahui, kap mesin yang panas dapat menyebabkan luka bakar jika terkena kulit. Jika harus membuka kap mesin saat mesin masih panas, sebaiknya gunakan kain lap atau kain bekas untuk melindungi tangan dari kap mesin yang panas.

Tarik Pengait Kap

Langkah selanjutnya adalah menarik tuas pada kap mesin. Kait kap mesin biasanya berbentuk datar dan jika ingin membukanya cukup ditekan saja. Caranya masukkan tangan ke dalam tudung yang terangkat lalu cari pengaitnya dan tekan ke samping. Sebaiknya Anda menggunakan sarung tangan agar saat membuka kap tidak merasa kepanasan. Bobot kap mesin juga cukup berat jika tidak dilengkapi suspensi sehingga perlu berhati-hati saat membukanya.

Pasang Tiang Penyangga Kap Mesin

Langkah cara membuka kap mobil selanjutnya adalah memasang tiang penyangga. Namun jika mobil sudah dilengkapi dengan suspensi penyangga, maka Anda tidak perlu lagi memasang tiang penyangga. Jika mesin masih panas, gunakan lap atau lap untuk memegang tiang penyangga kap mesin. Langkah selanjutnya adalah mengaitkan ujung tiang penyangga ke dalam lubang di bagian bawah kap mesin.

Setelah selesai membuka kap mobil, jangan lupa untuk menutupnya kembali. Cara yang harus Anda lakukan yaitu melepas tiang penyangga, kemudian mengembalikannya ke posisi awal. 

Selanjutnya, tekan bagian tepi tudung untuk menguncinya. Jika tidak berhasil, Anda bisa membantu sedikit agar kap mesin terkunci rapat. Beberapa tipe mobil terbaru mungkin dibekali fitur yang lebih canggih, termasuk suspensi pada kap mesin. Fitur seperti ini pastinya memudahkan pemilik kendaraan.

Demikian ulasan tentang Yuk Ketahui Cara Membuka Kap Mesin Mobil Dengan Baik Dan Benar seperti yang dilansir alexistogel. Semoga bermanfaat. 

Bagikan Artikel Ini
img-content
Beni Setiawan

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua