x

Ilustrasi menabung. Thefiscaltimes.com

Iklan


Bergabung Sejak: 1 Januari 1970

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

4 Tips Menabung untuk Mahasiswa

Membantu kamu untuk berhemat, serta lebih pintar dan kreatif

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Semua orang pasti suka bersenang-senang tidak terkecuali mahasiswa yang notabene masih muda, melakukan hal seperti nongkrong-nongkrong, nonton, makan di mall pasti hal yang sering dilakukan oleh mahasiswa, padalahal jika melakukan hal tersebut tentunya akan membuat pengeluaran kalian boros dan akhirnya tidak bisa menabung. Padahal sebagai mahasiswa kalian dituntut lebih cerdas dan bijaksana dalam bidang keuangan. Cerdas dan bijaksana dalam bidang keuangan bisa dilakukan dengan tidak boros dan diaplikasikan dengan menabung. Namun menabung terkadang sulit dilakukan oleh mahasiswa khususnya mahasiswa merantau.

Di sini saya bakalan membahas bagaimana caranya menabung khususnya untuk mahasiswa.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Mulailah dengan niat yang kuat

Niat kuat menabung harus dibarengi pula dengan realisasi yang baik seperti mengurangi kebiasaan makan di luar, nongkrong-nongkrong, serta nonton. Semua orang apalagi mahasiswa yang notabene masih muda pasti selalu ingin bersenang-senang namun ingat tujuan kamu masuk perguruan tinggi bukan hanya untuk bersenang-senang.

 

 

2. Buatlah Rekening Baru

Rekening baru ini akan membantu kamu membedakan mana uang transferan bulanan dari orang tua (khususnya untuk mahasiswa merantau) dan mana yang akan kamu tabung, selain membantu kamu memisahkan sisa uang dari orang tua, rekening ini juga membantu kamu memisahkan uang hasil bekerja yang kamu peroleh untuk di tabung.

Sebelumnya jika rekening lama kamu bisa dengan mudah ditarik dengan kartu ATM, namun sebaiknya rekening bank baru ini tidak dibuat kartu ATMnya karena hal ini membantu kamu untuk tidak mudah mengeluarkan uang, lalu dalam memilih bank untuk tabunganmu sebaiknya pilihlah bank yang menawarkan sedikit potongan.

3. Tentukan standar dalam menabung

Tetapkan standar pribadi kamu, misalnya dalam sebulan kamu harus mengumpulkan Rp 1.500.000 atau Rp 2.000.000 dengan standar ini akan membantu menghemat, karena kamu bisa menentukan berapa pengeluaran serta berapa pemasukan, dan jika pemasukan kamu kurang, kamu bisa jadi lebih kreatif untuk mencari dana tambahan seperti berbisnis, ataupun bekerja part time.

 

4. Manfaatkanlah produk perbankan

Jika sebelumnya kamu sudah memiliki kartu kredit, periksalah kembali apakah produk keuanganmu sudah mendatangkan manfaat atau mendatangkan kerugian, pilihlah kartu kredit yang banyak memberikan manfaat seperti membantu kamu berhemat atau bahkan dapat menunjang hobby kamu.

Bagi kamu mahasiswa yang hobby travelling dengan kartu kredit kamu bisa mendapatkan budget airlines dengan harga murah, serta bagi kamu yang hobby nonton film penggunaan kartu kredit bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan diskon atau mendapatkan fasilitas buy 1 get 2.

Hal tersebut bisa kamu dapatkan dengan memilih kartu kredit yang tepat sesuai dengan kondisi keuangan kamu. Untuk mengetahui dan memilih kartu kredit yang tepat untuk hobby kamu, serta dapat berhemat bahkan mendatangkan manfaat kamu bisa lihat disini. Ingat jika kamu menggunakan kartu kredit jadikan kartu kredit tersebut alat pembayaran bukan alat hutang.

 

Tidak sulit bukan untuk menabung? Ingat "Sedikit-sedikit lama kelamaan menjadi bukit".

Ikuti tulisan menarik lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu