x

Iklan

Ulifah Tata

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Untuk Bisa Eksis Berorganisasi, PRT Malang Raya Berkoperasi

PRT Anggrek Maya di Malang melakukan banyak kegiatan positif, disamping mengikuti sekolah PRT juga aktif berkoperasi, yuk kita lihat aktifitasnya

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tahukah anda, tidak hanya buruh yang berserikat, Pekerja Rumah tangga domesitik di wilayah Malang Raya  juga aktif berorganisasi, wadah organisasi mereka bernama "ANGGREK MAYA" yang merupakan kepanjangan dari anggota gerakan revolusi kerja Malang Raya. Kegiatan mereka awalnya di inisiasi oleh LPKP dan JARAK atas dukungan ILO (International Labour Organization).

Tiga tahun sudah mereka di dampingi untuk menjadi organisasi yang kuat serta pekerja yang profesional di bidangnya. Kini saatnya Organisasi " PRT Anggrek Maya bisa Mandiri" untuk memperjuangkan aspirasinya menuju kerja layak. Tujuan belum tercapai, masih butuh waktu panjang untuk menuju kerja layak. Untuk tetep eksis mereka melakukan berbagai kegiatan. Disamping pertemuan-pertemuan dengan berbagai macam bentuk kegiatan mereka juga berkoperasi. Dengan pembekalan dan pelatihan Organisasi, dan Koperasi yang diberikan Oleh LPKP atas dukungan ILO dan jarak mereka sudah punya kemampuan untuk mengelola keoperasi.

Pengurus sudah paham managemen koperasi, dan langsung melakukan aksi membentuk koperasi di kelompoknya masing-masing. Kegiatan administrasi dan pertemuan sebagai langkah awal menjalankan kegiatan juga sudah dilakukan. Modal berupa simpanan pokok, wajib dan sukarela juga sudah dilakukan oleh 10 kelompok dari 11 kelompok yang ada di Malang Raya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saya jadi semakin salut, karena mengawali kegiatan tersebut mereka sudah menjalankan aneka usaha sesuai dengan potensi daerahnya masing-masing. Di Kelompok Godhean Mandiri desa Kucur misalnya: mereka mempunya usaha memproduksi Kopi Bubuk Arabika, dimana di desa tersebut banyak tanaman kopi. Dan setelah kita melakukan tester, wah rasanya luas biasa bagi penikmat kopi. Harga murah dan terjangkau oleh semua Kalangan

Untuk Kelompok Krajan Mandiri juga tidak kalah hebatnya, mereka memanfaatkan sumber daya yang ada disekitarnya dengan membuat produk jahe, kunyit dan temulawak Instan.

Kelompok lainnya seperti Pandan Wangi juga menjalankan aneka usaha distribusi sembako dan membuat aneka handycraft dari kain perca.

Rintisan awal tersebut adalah semangat untuk mempertahankan organisasi, untuk menggalang modal dan untuk peningkatan kesejahteraan anggotanya.

Yuk kita dukung usaha mereka dengan memberikan kepedulian terhadap kaum marginal dengan membeli produknya dan memperlakukan mereka menjadi pekerja layak bagi majikan yang punya PRT

 

Ulifah

Community Organization PRT Anggrek Maya Malang

 

Ikuti tulisan menarik Ulifah Tata lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler