x

Iklan

Irfantoni Listiyawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Tips Mengatur Keuangan Pasca Liburan dari Mirsya Budiarsi

Bagaimanakah mengatur keuangan setelah liburan akhir tahun? simak tips inspiratif dari Mirsya Budiarsi ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Selama liburan akhir tahun, berapa banyak uang yang sudah kamu keluarkan? Mungkin cukup banyak, atau bahkan sangat banyak. Tidak masalah, yang penting kamu bahagia. Tapi, karena sekarang liburan akhir tahun sudah usai, sudah saatnya kamu kembali mengatur keuangan. Jangan sampai karena terlena dengan euforia liburan, kamu jadi mengeluarkan uang secara berlebihan. Yuk, intip tips Mirsya Budiarsi dalam mengatur keuangan setelah liburan akhir tahun berikut ini!

Buat daftar perkiraan pengeluaran

Tips dari Mirsya Budiarsi yang pertama untuk mengatur keuangan setelah liburan akhir tahun adalah membuat daftar perkiraan pengeluaran untuk bulan ini dan bulan depan. Kamu sebaiknya memperkirakan besaran pengeluaran bulan ini dan bulan depan untuk membantu menentukan apakah sisa uang yang kamu miliki saat ini mencukupi untuk memenuhi berbagai kebutuhanmu. Jika kamu sudah memperkirakan besaran pengeluaran, akan lebih mudah untuk menekan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jangan sampai hanya karena kamu tidak terlebih dahulu memperkirakan dengan seksama jumlah pengeluaran yang dibutuhkan, kamu terpaksa berhutang. Buatlah daftar perkiraan pengeluaran yang benar-benar kamu butuhkan dan cenderung mendesak. Bila ada pengeluaran yang bisa kamu tekan atau tunda seperti pengeluaran untuk membeli baju baru atau nongkrong bersama teman saat weekend, lakukanlah agar uang yang kamu punya saat ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Mulai atau kembali menabung

Menghabiskan sejumlah uang saat berlibur adalah hal yang wajar, Kamu membutuhkan reward atas kerja keras yang sudah dilakukan sepanjang 1 tahun penuh. Tapi tidak bisa dipungkiri, momen liburan akhir tahun yang baru saja berakhir membuat kondisi keuangan kamu bisa jadi tidak terlalu bisa dikamulkan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mulai atau kembali menabung. Meskipun pengeluaran kamu sedang besar, bukan berarti kamu harus berhenti menabung.

Mulailah dengan menyisihkan sedikitnya 10 – 20% dari gaji pertama kamu usai liburan untuk dimasukkan dalam rekening tabungan. Dengan mulai atau kembali menabung, kamu bisa kembali memulihkan kondisi keuangan yang tidak terlalu baik pasca liburan. Tips dari Mirsya Budiarsi satu ini bisa juga diimbangi dengan mencari pekerjaan sampingan untuk menambah uang tabungan. Jika sempat, kamu bisa mencari pekerjaan sampingan yang bisa menambah pemasukan.

Pangkas pengeluaran

Satu lagi tips dari Mirsya Budiarsi yang bisa dilakukan, memangkas pengeluaran. Mulailah dengan mengontrol besaran pengeluaran untuk belanja. Tentukanlah jenis belanja apa yang bisa kamu lakukan dan yang tidak bisa kamulakukan dengan kondisi keuanganmu sekarang. Apabila kondisi keuangan sedang sangat tipis, sebaiknya jangan mamaksakan diri untuk berbelanja berbagai kebutuhan yang akan semakin memperparah kondisi keuangan kamu.

Selain itu, kamu juga bisa memangkas pengeluaran dengan memanfaatkan berbagai promo atau diskon yang tersedia di toko online. Rutin dan telitilah mencari berbagai promo atau diskon yang tersedia. Jangan ragu untuk memanfaatkan berbagai penawaran tersebut karena jika diakumulasikan bisa sangat membantu kondisi keuanganmu. Lakukan hal ini untuk pengeluaran yang bersifat hiburan, agar kamu dapat memangkas pengeluaran.

Libur akhir tahun membuat banyak orang kehabisan uang, sehingga tidak mengherankan apabila ada beberapa toko atau situs online yang memberikan promo berupa diskon besar-besaran. Biasanya hal ini bisa dimanfaatkan bagi pemegang kartu kredit tertentu. Nah, bila kamu salah satu pengguna kartu kredit yang menyediakan berbagai promo berupa diskon yang bisa dimanfaatkan, manfaatkanlah hal tersebut untuk mengatur keuangan setelah liburan akhir tahun kali ini.

 

Itulah tips dari Mirsya Budiarsi untuk mengatur keuangan setelah libur akhir tahun yang bisa kamu coba sendiri. Biar lebih terinspirasi, cek juga akun bisnis @mamaberryyang dikelola sendiri oleh wanita lulusan Universitas Indonesia ini. Semoga keuanganmu tetap terkontrol dengan baik usai libur akhir tahun nanti. Selamat berlibur!

Ikuti tulisan menarik Irfantoni Listiyawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu