x

Iklan

Andrye Kurniawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Bahaya Makan Seblak Bagi Ibu Hamil

Seblak merupakan makanan yang sedang digandrungi oleh kaum hawa belakangan ini. Tapi tahukan anda bahaya memakan seblak untuk ibu hamil?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seblak merupakan makanan yang sedang digandrungi oleh kaum hawa belakangan ini. Kombinasi pedas dan gurih yang kuat pada makanan ini membuatnya sangat mudah digemari di masyarakat. Tapi tahukan anda bahaya memakan seblak untuk ibu hamil? Banyak efek negatif yang bisa ibu rasakan saat sedang hamil jika rutin atau berlebih mengkonsumsi seblak. Berikut kami kupas satu per satu efek negatif memakan seblak untuk ibu hamil.

 1. Potensi Hipertensi

Kandungan garam yang kuat pada seblak bisa menyebabkan bahaya hipertensi yang tentunya sangat berbahaya untuk ibu hamil. Garam yang dikonsumsi dengan berlebihan dan kontinyu dikhawatirkan bisa membuat kandungan Natirum pada garam masuk ke pembuluh darah dan menjadi penyebab utama hipertensi. Sehingga darah ibu hamil memiliki kadar natrium yang tinggi dan membuat darah menjadi lebih kental.

Oleh karena itu, untuk mengencerkan darah yang mengental karena Natrium pada garam, tubuh memerlukan banyak asupan air supaya darah kembali encer. Dan kadar air yang banyak untuk mengencerkan darah mengakibatkan volume darah meningkat dan menyebabkan hipertensi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hipertensi sangat berbahaya untuk ibu hamil dikarenakan bisa menyebabkan berbagai komplikasi saat melahirkan. Hipertensi ini menjadi salah satu penyebab terjadinya kejang-kejang saat melahirkan dan sangat berbahaya untuk ibu saat melahirkan. Jadi kurangi mengkonsumsi garam berlebihan untuk mengurangi bahaya resiko melahirkan.

2. Bahaya Zat Pewarna

Pewarna makanan merupakan zat yang aman dikonsumsi dengan kadar tertentu. Pewarna tentu saja ditambakan untuk menarik pembeli dan membuat mereka membeli makanan yang dijual. Seperti pewarna makanan dari kerupuk sebagai bahan seblak.

Sebenarnya pewarna makanan aman untuk dikonsumsi, tetapi banyak oknum yang memakai pewarna tekstil sebagai bahan pewarna kerupuk ini yang pastinya berbahaya untuk kesehatan terlebih untuk ibu hamil. Zat pewarna tekstil terebut memiliki kandungan karsinogen yang bisa menjadi penyebab terjadinya kanker.

Oleh karena itu sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung pewarna tekstil, apalagi untuk ibu hamil. Hal ini bisa menyebabkan masalah yang serius untuk ibu dan janin.

3. Bahaya Zat Pengawet

Banyak sekali bahan makanan yang dijual dipasar menggunakan bahan pengawet untuk memastikan makanan tersebut bertahan lama. Untuk membuatnya tahan lama ditambkan bahan pengawet yang tentunya sangat merugikan kesehatan jika dikonsumsi secara rutin.

Seperti pada mie dan kerupuk campuran bahan-bahan sebagi resep seblak. Anda harus hati-hati dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung zat pengawet terutama boraks. Karena boraks ini bisa menyebabkan tumbuhnya sel kanker yang sangat berbahaya untuk ibu dan bayi.

4. Bahaya MSG

Penggunaan MSG pada masakan sudah menjadi keumuman pada masyrakat. Tetapi banyak sekali perdebatan tentang bahaya MSG pada masakan ini. Walaupun tidak ada bukti yang kuat, tetapi banyak ahli percaya penggunaan MSG pada makanan yang berlebihan dan terus-menerus bisa menyebabkan penurunan fungsi otak. Hal ini akan menghambat tumbuh kembang bayi karena fungsi kognitifnya terhambat.

5. Menyebabkan Mual dan Mentah

Rasa pedas yang kuat pada seblak bisa menyebabkan mual-mual dan muntah pada ibu hamil. Rasa pedas yang kuat dapat menyebabkan iritasi pada lambung yang membuat nyeri pada uluhati. Oleh karena itu sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang pedas secara berlebihan untuk mengurangi resiko bahaya kehamilan pada ibu.

Kesimpulan

Seblak merupakan makanan favorit banyak orang. Tetapi anda harus lebih bijak dan lebih berhati-hati dalam mengkonsumsinya, karena banyak efek negatif yang bisa terjadi jika anda mengkonsumsi seblak secara berlebih untuk ibu hamil.

Ikuti tulisan menarik Andrye Kurniawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler