UPH-Samford University Berbagi Pengalaman Budaya - Travel - www.indonesiana.id
x

Rosse Hutapea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Travel
  • Pilihan
  • UPH-Samford University Berbagi Pengalaman Budaya

    Dibaca : 203 kali

    Awal tahun 2019 ini, UPH kembali menerima kunjugan dari mitra internasional  Samford University, Alabama, Amerika Serikat. Ini merupakan kunjungan ke sekian kali dari Samford dan pada 9 Januari 2019 ini yang datang adalah mahasiswa dan dosen program  School of Art untuk mengikuti Musical Theatre Workshop dari Conservatory of Music (CoM) UPH.

    Bagi Samford University, kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan  menggali budaya Indonesia. Selain ke UPH, rombongan ini juga mengunjungi sekolah di bawah naungan Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH), serta ke berbagai tempat di Jakarta,  Bandung, dan Yogyakarta.

    Di kunjungan kali ini, 4 mahasiswa (Julie Marie Cagno, Meredith Ann Revel, Emily Candler, dan Katie veronica Beazley) dan 2 dosen ( Dr. Jeanne Sue Westmoreland  - Group Leader; dan Prof. Laura Schreck Byland) dari Samford University berpartisipasi dalam kelas workshop Musical Theater CoM UPH. Mereka berbagi pengalaman, pengetahuan, sekaligus menampilkan langsung penggalan scene teater ‘The Jungle Book’ yang disutradarai oleh Prof Laura kepada kurang lebih 15 mahasiswa CoM UPH.

    Bagi Katie Veronica Beazley mahasiswa Samford University, yang tahun 2018 lalu juga mengikuti program seperti ini, mengaku selalu tertarik untuk ke UPH. 

    “Kali ini saya mendapat pengalaman menarik melalui workshop teater musikal ini.  Saya mampu melihat bahwa seni teater membuat saya dapat berinteraksi dengan mahasiswa UPH tanpa harus berbicara bahasa Indonesia, tapi dengan bahasa tubuh. Contohnya dengan menerapkan teknik Body Movement  pada teater. Sungguh menakjubkan melihat orang lain dapat paham yang saya maksud hanya dengan gerakan tubuh tanpa kata. Dan bagi saya, teman-teman di UPH ini juga sudah mempelajari seni teater musikal dengan arah yang tepat,” ungkap Katie

    Rasa puas juga disampaikan pesertalainnya,  Laura Schreck Byland, Faculty Staff School of the Arts, Theatre for Youth; yang mengaku mendapat banyak manfaat dari kunjungan ke UPH ini.  

    “Tujuan dari kegiatan ini memang untuk membangun sebuah komunitas antar UPH dan Samford University dan untuk menutup culture gap yang cukup besar antar kedua universitas,” tutur Laura.

    Ia menambahkan bahwa melalui Musical Theatre Workshop,  baik dosen dan mahasiswa CoM UPH begitu mengapresiasi seni teater musik. Ini membuktikan  bahwa teater musik dapat menembus beragam perbedaan budaya dan bahasa.

    “Saya lihat tidak tertutup kemungkinan jika di kemudian hari, mahasiswa Samford dan UPH dapat membuat proyek teater bersama. Mahasiswa UPH tampak antusias. Mereka punya banyak sumber-sumber cerita yang berkualitas. Bila ditambah dengan kelas akting, misalnya, mereka akan dapat belajar tentang cara pengembangan karakter, dan ini akan sangat membantu. Saya akan sangat senang bila di kemudian hari ada kesempatan bagi saya untuk dapat menyutradarai proyek bersama Samford – UPH,” ujarnya.

    Sementara itu para mahasiswa Conservatory of Music UPH yang mengikuti workshop ini juga menyatakan rasa puas dan antusias menyambut ajakan pihak Samford University.

    Sebagaimana disampaikan Claudya Christina, Mahasiswa CoM 2015 yang sangat tertarik dengan dunia teater musik.

    “Pengalaman ini sangat spesial. Saya bisa belajar musical theatre dari perspektif yang berbeda dan langsung melihat gaya belajar dari belahan bumi lainnya.  Ini pengalaman pertama kali bagi kami mengikuti kelas yang berkolaborasi dengan universitas asing yang memang fokus pada seni teater. Saya berharap ke depannya akan  banyak kegiatan seperti ini di UPH,” ujar Claudya.

    Selain mengikuti workshop  di UPH, tim dari Samford University juga berbagi pengalaman dengan menampilkan teater musikal di sekolah-sekolah YPPH dan mengajar para murid membuat Haiku – sebuah jenis puisi dari Jepang. Baik Samford University maupun UPH berharap kerja sama yang sudah terjalin ini semakin erat dan kunjungan seperti ini menjadi kegiatan rutin guna berbagi pengalaman budaya yang variatif. 

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.