x

Iklan

Haikal Yusuf

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

PANCASILA Obat Anti Rusuh!!!

Orang-orang yang anti-Pancasila dan berupaya menggantinya dengan ideologi impor tidak lagi diam, tokoh-tokohnya sering kali mendengungkan "retorika gaduh"

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PANCASILA Obat Anti Rusuh!!!

Haikal Yusuf (Ketua Aliansi Rakyat Melek Politik/ARAMPO)

Orang-orang yang anti-Pancasila dan berupaya menggantinya dengan ideologi impor tidak lagi diam, tokoh-tokohnya sering kali mendengungkan "retorika gaduh" yang acapkali menimbulkan sikap intoleran di masyarakat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mengapa?

Karena mereka cenderung melarang kita saling menghormati pemeluk agama lainnya. Contohnya adalah melarang kita saling mengucapkan Selamat Hari Raya. Hal ini mampu merenggangkan persatuan nasional. Lebih parah lagi bahkan dapat membuat kita saling bermusuhan.

Kondisi ini diperparah dengan kebiasaan menganggap diri paling benar sendiri, bahkan istilah "kafir" kerap kali didengungkan untuk memberi label bagi masyarakat yang berbeda dengan kelompok mereka.

Mari Kita Renungkan!

Indonesia merupakan negara dengan pemeluk agama Islam terbesar di dunia. Fakta ini tidak lantas membuat agama-agama yg lain tersisihkan. Negara kita tidak didirikan berdasarkan suku bangsa atau agama tertentu. Tidak ada satupun suku, agama, budaya yang mendapat kedudukan lebih tinggi dibanding yang lainnya. Republik Indonesia hadir untuk menjamin seluruh warga bangsa dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Rote tetap hidup berdampingan tanpa adanya sebuah penindasan. Untuk itulah Pancasila lahir sebagai konsensus bersama, sebagai dasar berdirinya bangunan keIndonesiaan kita.

Pancasila Menyatukan Kita

Pancasila merupakan ideologi terbaik yang digali oleh Founding Father kita. Bahkan negara-negara lain takjub dan ingin mempelajari dasar negara kita, Pancasila. Berbeda jika dibandingkan dengan ideologi-ideologi impor yang bahkan memunculkan problematik di negara, bangsa maupun masyarakatnya sendiri.

Pancasila digali dari pengalaman hidup masyarakat di nusantara. Di dalamnya terkandung pandangan hidup setiap warga bangsa. Menjadi berbahaya bila ada yang menggantikan Pancasila dengan Ideologi eksklusif. Ideologi yang hanya mengakomodir kepentingan satu kelompok saja!

Jangan sampai kemudian kelompok-kelompok seperti ini mendapat ruang!

Cukuplah Pancasila menjadi dasar kita berbangsa dan bernegara. Pancasila merupakan kekayaan paling berharga bagi kita. Pancasila adalah alasan kita untuk tetap bersatu, bergandengan tangan tanpa sekat satu sama lain.

Betapa indahnya menyatu dalam perbedaan dan saling melengkapi satu sama lainnya.

Ikuti tulisan menarik Haikal Yusuf lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu