x

Iklan

Bella Julianti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Resep Cara Membuat Biji Salak Kuah Hijau Pandan yang Nikmat

Cara membuat biji salak kali ini cukup sederhana anda hanya perlu mengikuti langkah dan siapkan bahan yang disebutkan pada resep. Dengan begitu pembuatan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sedap dan nikmatnya hidangan biji salak kuah hijau pandan adalah sajian istimewa yang resepnya bisa anda buat di rumah. Cara membuat biji salak kali ini cukup sederhana anda hanya perlu mengikuti langkah dan  siapkan bahan yang disebutkan pada resep. Dengan begitu pembuatan hidangan ini akan bisa anda tiru di rumah.

Bahan-Bahan:

  • 300 gram ubi merah
  • 75 gram tepung sagu
  • 2 tetes pewarna hijau tua
  • 400 ml air
  • 1/4 sendok teh garam
  • 25 gram tepung sagu dan 30 ml air, dilarutkan untuk pengental
  • 1/4 sendok teh garam
  • 150 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan, ikat simpul
  • 100 ml air daun suji dari 30 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan

Bahan Santan:

  • 300 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan, disimpulkan

Persiapan Membuat Biji Salak Kuah Hijau Pandan yang Nikmat:

1. Untuk membuat sajian kali ini kita akan awali langkah ini dengan pembuatan adonan biji salaknya terlebih dahulu. Cara ini akan penting anda lakukan guna memudahkan anda untuk menyajikan hidangan biji salak yang nikmat dan mudah kali ini.

2. Ambil ubi merah dan bersihkan sajian ini dengan merata lalu pastikan anda mencucinya sampai bersih dengan mengucurkannya di bawah air yang mengalir. Setelah bersih merata silahkan siapkan sebuah baskom dan potong dengan ukuran yang lebih kecil namun sebelumnya kupas terlebih dahulu ubi agar bersih.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

4. Selesai dengan memotong bahan ini maka langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan mengukus sajian ubi dalam sebuah kukusan sampai empuk dan matang dengan merata. Angkat sajian ini setelah matang lalu sisihkan dalam wadah.

5. Ketika masih panas silahkan haluskan ubi dengan menggunakan ulekan dalam sebuah wadah. Lalu sisihkan sajian ini dengan merata sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata.

6. Masukkan tepung sagu ke dalamnya bersama dengan garam. Lalu aduk dan uleni sajian ini dengan merata sampai kalis. Setelah itu, bentuk lonjong sajian biji salak dalam sebuah wadah. Lalu sisihkan sementara.

7. Rebus air sebanyak 1 liter dalam sebuah panci sampai mendidih dan merata. Lalu masukkan adonan ke dalamnya dan tunggu sampai adonan mengapung yang mana ini artinya sajian ini sudah matang dan siap di angkat.

8. Lakukan cara yang sama pada sisa adonan yang masih ada. Lalu sisihkan sementara.

Cara Membuat Biji Salak Kuah Hijau Pandan yang Nikmat:

1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cara siapkan sebuah panci lalu masukkan air ke dalamnya bersama dengan air daun suji dan pewarna hijau tua.

2. Campurkan pula gula pasir ke dalamnya bersama dengan daun pandan dan tambahkan sedikit garam. Lalu aduk dan masak sajian ini sampai larut dan merata. Angkat dan saring lalu kemudian didihkan kembali sajian ini.

3. Bila sudah selesai anda akan dapat menuangkan biji salak ke dalamnya dan masak sajian ini dengan menambahkan larutan tepung sagu. Lalu aduk dengan merata dan masak sampai meletup-letup.

4. Untuk saus santan silahkan rebus bahan saus santan dengan merata sambil diaduk hingga mendidih dan merata. Lalu sajikan dan nikmati sajian yang satu ini. 

Ikuti tulisan menarik Bella Julianti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu