Teknik Marketing Penulis Media Online di Era Kekuasaan Page 1 Google - Viral - www.indonesiana.id
x

Menulis untuk media online bisa dilakukan dimanapun kita sempat

Eko S. Nurcahyadi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Juli 2019

Rabu, 7 Agustus 2019 19:54 WIB
  • Viral
  • Pilihan
  • Teknik Marketing Penulis Media Online di Era Kekuasaan Page 1 Google

    Dibaca : 1.763 kali

    Di zaman kejayaan mesin pencari ( search engine ) nama besar seorang penulis bukanlah jaminan menjadi top rangking. Demikian pula dengan kualitas konten tulisan bukan lagi jadi faktor kunci memperoleh perhatian warga milenial. Perlu teknik marketing yang pro google untuk merebut hati para netizen agar karya para penulis online memperoleh view jutaan guna memperoleh tempat pada google page one.

    Teknik ini perlu diperhatikan karena umumnya para pengelola media online mempertimbangkan jumlah pembaca dalam memberikan imbalan. Banyaknya viewer juga sangat penting artinya untuk memperoleh predikat most popular versi media online. Jika kinerjanya bagus menurut versi mesin pencari paling familiar di dunia karya tulisan akan ditempatkan pada side pertama google.

    Menurut pengalaman banyak penulis 5 strategi di bawah ini perlu dilakukan oleh para penulis online agar karyanya memperoleh tanggapan luas penduduk dunia maya.

    1. Gunakanlah kata kunci yang sedang populer

    Key word (kata kunci) yang ramai sedapat mungkin ada dalam judul dan paragraf awal serta paragraf terakhir. Lebih dari satu kata kunci yang ditulis  akan berdampak besar untuk mencapai tujuan besar ini.

    1. Ciptakan judul sensasional

    Judul yang sensasional tidak harus lebay, yang penting menjanjikan suatu hal menarik. Sehingga akan menimbulkan antuasme netizen untuk membaca uraian lengkapnya.

    1. Buatlah paragraf awal yang menarik

    Hampir dapat dipastikan para viewer setelah tertarik key word pada judul akan meng-click dan secara singkat membaca paragraf pertama. Untuk itu buatlah paragraf pertama dengan kalimat-kalimat yang mencerminkan isi tulisan secara keseluruhan. Jangan lupa sisipkan beberapa kata kunci ya!

    1. Uraikan isi yang mencerahkan

    Isi merupakan uraian lengkap dari pesan yang ingin disampaikan penulis. Oleh sebab itu usahakan pada bagian ini terdapat penjelasan yang mencerahkan. Cara pandang baru perlu dideskripsikan secara utuh. Reputasi penulis terbentuk dari kualitas isi banyaknya tulisan yang dipublikasikan.

    1. Bagikan tulisan secara online

    Setelah karya tulisan resmi dimuat di salah satu media online ada baiknya penulis sharing (membagikan) ke beberapa grup media sosial. Tujuannya adalah untuk memperoleh tanggapan langsung dari teman maya. Tak sedikit dari mereka yang bangga dan reshare di akun media sosialnya.

    Menulis di media online perlu asosiasi diri yang cukup dengan beberapa mesin pencari. Dengan berakrab ria bersamanya karya-karya penulis akan diperlakukan layaknya sahabat oleh SEO ( search engine optimation). Semoga bermanfaat.**

    Eko S. Nurcahyadi, aktivis GP Ansor dan pegiat literasi digital.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.