x

Iklan

Gadis Desa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Jumat, 23 Agustus 2019 10:29 WIB

Pesan Penting Menhan di Kampus UNS Surakarta

Merespon isu-isu radikalisme yang terus mencuat, tidak hanya sekedar omongan. Perlu ada tindakan tegas untuk melawan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Merespon isu-isu radikalisme yang terus mencuat, tidak hanya sekedar omongan. Perlu ada tindakan tegas untuk melawan. Perlawanan terhadap radikalisme juga diperlukan ikhtiar panjang dari semua sektor kehidupan masyarakat. Salah satu diantaranya di sektor pendidikan.

Sebagai generasi penerus bangsa ini, penulis juga merasa khawatir dengan beredarnya isu radikalisme. Jika kita sebagai anak bangsa yang cinta NKRI tidak mempersiapkan diri melawan radikalisme. Lantas siapa lagi?

Oleh karenanya, cara terbaik untuk melawan radikalisme adalah dengan ikut serta Bela Negara dan sungguh-sungguh mencintai Pancasila. Itu sifatnya wajib. Pancasila telah menjadi bagian penting dalam perjalanan bangsa ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pendalaman nilai-nilai ideologi Pancasila jangan sampai berhenti. Anak cucu kita, kelak. Akan merasakan pahitnya hidup di negara yang begitu pluralis ini, jika kita biarkan isu-isu radikalisme terus mengalir.

Pastikan. Pancasila harus selalu hadir di hati generasi penerus bangsa.

Penulis juga sempat menyimak pesan Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu, kepada ribuan mahasiswa baru di UNS Surakarta. Sekilas dari pesan itu, Menhan seperti menjiwai perjuangan para pahlawan yang bersusah payah mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara.

Menhan mengingatkan agar Bela Negara dijadikan sebagai penangkal radikalisme di kampus. Mengingat belakangan ini, timbul kekhawatiran paham radikal di lingkungan perguruan tinggi.

Pesan itu dengan tegas disampaikan Menhan dihadapan 8.639 mahasiswa baru UNS. Dia meminta semuanya agar mewaspadai munculnya benih-benih radikalisme di lingkungan pendidikan.

Apalagi, mahasiswa dikenal sebagai agen of changes dan social control. Menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi juga pada hakekatnya memiliki tujuan demi kemaslahatan umat dan bangsa. Demikian halnya dengan program Bela Negara dari Kementerian Pertahanan.

Ikuti tulisan menarik Gadis Desa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu