x

Foto peragaan

Iklan

Anas M

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Oktober 2019

Sabtu, 21 Desember 2019 18:56 WIB

Foto Viral Penyiksaan Muslim Uighur Menyesatkan: 8 Foto Ini Ternyata Cuma Peragaan

Foto-foto ilustrasi penyiksaan muslim Uighur oleh pemerintah Cina yang beredar di media sosial ternyata amat menyesatkan. Khalayak perlu cermat karena banyak foto yang tidak berkaitan sama sekali dengan kasus Uighur.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Foto-foto ilustrasi  penyiksaan muslim Uighur oleh pemerintah Cina  yang beredar di media sosial ternyata amat menyesatkan. Khalayak perlu cermat karena  banyak foto yang tidak berkaitan sama sekali dengan kasus Uighur.

Pada 16 Desember 2019 misalnya, akun Umum Ilham mengunggah tujuh foto yang beberapa di antaranya memperlihatkan perempuan yang diikat dan diborgol. Ada perempuan yang tangan dan kakinya diikat secara menggantung di sebuah tempat tidur bertingkat. Ada perempuan yang diikat di bawah kursi. Ada pula perempuan yang tangannya diborgol ke sebuah besi dalam posisi duduk.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam unggahannya, akun Ummu Ilham menyertakan narasi, “Muslim Uighur, mereka diperkosa, disiksa perlahan-lahan hingga mati, mereka dibunuh. Genosida yang masih berkepanjangan.”

Akun lainnya, Yola  juga m engunggah 10 foto berbeda dengan narasi, “Hanya dengan memposting tentang #UyghurGenocide untuk menolong saudara seiman sampai dunia mengambil tindakan untuk menyelamatkan komunitas muslim Uighur Cina. Sekitar 1,5 juta orang tidak bersalah ditahan di kamp konsentrasi.”

Banyak foto-foto itu yang ternyata menyesatkan sesuai  penelusuri tim cekfakta.tempo.co.   Banyak foto peragaan penyiksaan kasus Falon Gong yang digunakan  dan tak berkaitan dengan kasus Uighur.  Sekali lagi  hanya foto peragaan.

Berikut ini  delapan foto peragaaan kasus Falon Gong yang sering dipakai untuk penyesatan kasus muslim Uighur.

 

 

 

Selanjutnya:  foto 3 sampai 6

Ikuti tulisan menarik Anas M lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler