6 Tips Blog Untuk Pemula agar Tidak Jadi Blogger Gagal - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Tips blog untuk pemula yang ingin ngeblog

Deden

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 15 Januari 2020 09:10 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 6 Tips Blog Untuk Pemula agar Tidak Jadi Blogger Gagal

    Dibaca : 244 kali

    Blogging atau ngeblog belakangan ini kian ramai menarik minat banyak orang, dan faktanya tidak jarang orang yang berhasil menuai sukses besar dari rutinitas blogging yang dijalaninya.

    Namun demikian, untuk bisa menjadi blogger sukses tidaklah semudah yang dibayangkan. Terlebih di era sekarang ini, persaingan semakin sulit dengan kehadiran media-media daring besar yang merupakan website korporasi.

    Untuk bisa mengelola blog hingga sukses, dibutuhkan perencanaan yang baik, kerja keras, dan tentunya tidak hanya bermodal niat untuk bisa sukses dari blog. Akan ada banyak pekerjaan serta tantangan yang perlu diantisipasi.

    Nah buat kalian yang ingin sukses dari blog, berikut ini saya jabarkan sedikit masukan yang perlu dipahami dan diperhatikan jika Anda ingin menjadi blogger. Anda semestinya memahami realitas dari blogging itu sendiri sebelum memulai.

     

    1. Tanya Kesiapan Anda

    Pertama dan yang paling penting adalah "apakah Anda suka ngeblog?". Ingat, untuk mengelola blog itu tidak bisa dikerjakan hanya karena Anda tergiur dengan besaran penghasilan seorang blogger. Anda harus benar-benar menyukai aktivitas ini.

    Jika Anda hanya ikut-ikutan, misalkan karena berharap bisa mendapatkan banyak dollar dari internet, maka saya jamin Anda akan berhenti ditengah jalan tanpa hasil apapun.

     

    2. Topik Blog

    Untuk membuat blog ramai pengunjung dibutuhkan kerja keras serta perencanaan yang baik jauh hari sebelum Anda membuat blog.

    Beberapa hal yang perlu diperhatikan termasuk topik yang ingin Anda terapkan di blog milik Anda, strategi mendapatkan pengunjung, dan bagaimana cara Anda untuk bisa bersaing dengan blog setopik yang telah ada.

     

    3. Platform Blog

    Berikutnya adala memilih platform blog. Platform blog ada banyak, diantaranya WordPress (berbayar dan gratisan), Blogger/Blogspot (gratis), Tumblr, dan masih banyak lagi.

    Jika tujuannya untuk bisnis online, umumnya orang akan memilih WordPress berbayar atau disebut juga WordPress self hosting. Jadi, Anda bisa pertimbangkan untuk membuat website di WordPress dengan sejumlah biaya untuk keperluan sewa web hosting dan nama domain. Kelebihannya, Anda bisa mengelola blog tersebut dengan lebih leluasa.

     

    Perusahaan web hosting di Indonesia cukup banyak, Anda bisa memilih penyedia hosting murah yang kualitasnya terbukti bagus.

     

    4. Strategi Menulis

     

    Strategi membuat konten atau menulis artikel yang saya maksudkan disini adalah untuk jangka panjang. Ingat, mengelola blog itu membutuhkan tenaga ekstra. Kita diharuskan untuk senantiasa mampu menulis dalam jangka panjang. Jadi, Anda perlu memiliki strategi membuat artikel sesuai topik blog Anda dengan baik.

    Banyak blogger pemula yang stuck ditengah jalan karena tidak memiliki strategi membuat konten yang tepat. Disini Anda perlu memikirkan bagaimana cara menghasilkan konten yang berkualitas untuk tetap bisa "menghidupkan" blog Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan riset keyword.

     

    5. Strategi Promosi

     


    Agar blog Anda bisa dikenal banyak orang, diperlukan stretegi promosi yang baik. Beberapa cara mempromosikan blog diantaranya adalah promosi melalui situs sosial media, melalui forum atau gabung di komunitas yang relevan, dan mengandalkan ranking blog di mesin pencari, khususnya Google Search.

     

    Selain itu, Anda juga perlu memancing visitor blog Anda untuk berlangganan update informasi terbaru di blog Anda dengan cara menempatkan widget langganan secara gratis. Jika mereka merasa terbantu dengan konten di blog Anda, besar kemungkinan mereka akan subscribe blog Anda. Dari sini, potensi blog untuk bisa berkembang kian besar.

     

    6. Mendapatkan Uang dari Blog

     

    Nah, jika beberapa tahapan diatas telah dilewati, saatnya Anda untuk bisa mendapatkan uang dari blog. Cara mendapatkan penghasilan dari blog cukup beragam, misalnya dengan menawarkan space iklan secara mandiri ke perusahaan tertentu, menjadi publisher di jaringan iklan online, membuat konten review, dan lain sebagainya.

    Terakhir dan yang paling penting dari artikel tips blog untuk pemula ini, apapun tujuan atau orientasi Anda, ngeblog itu membutuhkan waktu yang panjang. Nothings gonna be happen just in a month. Jika Anda ingin ngeblog, pastikan bahwa Anda menyukainya. Bukan karena penghasilannya.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.