Dermaga Sanggam demi Wisata Derawan yang Aman dan Nyaman - Travel - www.indonesiana.id
x

Mentari Pagi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Januari 2020

Senin, 27 Januari 2020 19:23 WIB

  • Travel
  • Berita Utama
  • Dermaga Sanggam demi Wisata Derawan yang Aman dan Nyaman


    Dibaca : 1.360 kali

    Siapa yang tidak kenal Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur? Tujuan wisata yang mulai ramai diperbincangkan sejak 4-5 tahun silam itu memang memiliki keindahan alam yang khas. Pasir putih dan air laut yang bening serta fasilitas memadai membuat banyak wisatawan asing maupun domestik tertarik untuk berkunjung.

    Biota laut yang tinggal di area laut sekitar pun juga beragam dan unik, seperti misal manta atau ikan pari besar, ubur-ubur tidak beracun dan juga tukik. Hewan-hewan laut tersebut bisa ditemukan di Pulau Sangalaki dan Pulau Kakaban. Umumnya tur yang tersedia untuk mencapai dua lokasi tersebut tergabung langsung dengan paket wisata Pulau Maratua.

    Pulau-pulau indah nan menawan ini terletak di laut sebelah timur Kabupaten Berau. Beruntung akses sudah dipermudah dengan adanya Bandara Kalimarau dan jalan tol yang terhubung langsung dengan dermaga-dermaga di pelabuhan kecil yang akan membawa para turis membelah sungai hingga ke muara, menuju lautan dengan pulau-pulau kecil nan indah ini.

    Dalam menjaga geliat pariwisata, pemerintah perlu mengupayakan pemeliharaan serta kontrol terhadap akses dan fasilitas. Begitu pula yang terjadi akhir tahun silam, pada 18 Desember 2019 ketika Dermaga Wisata Sanggam diresmikan oleh Bupati Berau, H. Muharram. Dermaga ini dahulu bernama Dermaga Pasar Gayam dan kemudian direvitalisasi oleh pemda supaya lebih tertata dan terpusat untuk mengontrol penyeberangan dan perjalanan wisata menuju Derawan, Maratua dan pulau-pulau kecil lainnya.

    Muharram mengungkapkan harapannya terhadap dermaga baru ini supaya bisa menguntungkan bagi masyarakat dan juga wisatawan. Warga bisa turut berjualan di sekitar dermaga supaya terdapat aktivitas ekonomi dan membawa keuntungan, namun tetap harus teratur dan bersih.

    Sementara itu wisatawan juga akan diuntungkan karena dermaga ini akan dilengkapi dengan sarana-sarana yang baik dan aman. Pun akan dilakukan pengawasan kelengkapan speedboat dan perahu, supaya setiap moda transportasi tersebut memiliki catatan perjalanan dan alat keselamatan yang lengkap. Hal ini demi keselamatan penumpang dan juga supaya wisata di Berau memiliki kualitas yang menjanjikan, baik dari segi keindahan alam, fasilitas, layanan dan juga jaminan keselamatan. Dipastikan turis akan merasa ingin terus kembali mampir!



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.