x

Seorang petugas medis menangani pasien yang diduga terinfeksi virus corona di Zhongnan Hospital of Wuhan University, Wuhan, Cina, Jumat 24 Januari 2020. FOTO/ANTARA/HO-Xinhua/Xiongqi/mii/aa

Iklan

honing

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Maret 2020

Rabu, 18 Maret 2020 10:23 WIB

Berkumpul untuk Berdoa Bukan Cara Menangkal Covid-19

Jadi, yang diperlukan sekarang bukan bersama secara fisik, tapi kebersamaan dalam bersikap. Kurangi kontak yang tidak perlu, berhenti keluar rumah dalam beberapa minggu, dan ikuti prinsip-prinsip sains yang ada. Sekali lagi. Satu-satunya cara yang tepat dalam menghadapi Covid-19   ini adalah dengan mengikuti prinsip-prinsip sains yang ada.  Bukan dengan cara-cara yang lain.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Metode

Hal terpenting dari ilmu pengetahuan adalah metode penelitian ilmiah. Inti dari metode penelitian ilmiah adalah upaya sistematik dan berkelanjutan untuk menemukan obyektivitas, yakni kebenaran yang bisa diakui lepas dari keyakinan pribadi ataupun pandangan pribadi dari orang yang menyatakannya.

Dengan memahami hal itu, kita bisa menyadari bahwa persoalan Covid-19 ini bukan persoalan kurang beriman atau kurang berdoa, tapi persoalan sains. Perilaku virus hanya bisa kita pahami dengan sains. Untuk mencegah penyakit menular juga ada ilmunya. Pencegahan harus dilakukan berdasarkan ilmu-ilmu itu, bukan yang lain.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Contoh salah satu pencegahan dalam sains adalah dengan melakukan pencegahan primer. Apa itu pencegahan primer?

Pencegahan primer merupakan pencegahan garda terdepan dimana pencegahan ini bertujuan untuk mengurangi insiden atau tularan dari suatu penyakit.

Pencegahan ini lebih mensasar pada pendekatan perseorangan dan komunitas seperti promosi kesehatan dan upaya proteksi spesifik (Porta 2008).

Nah, efektif atau tidaknya pencegahan itu tergantung pada diikuti atau tidak oleh masyarakat. Pemerintah sudah mengumumkan sejumlah cara dan telah mengambil langkah-langkah pencegahan. Tapi langkah pencegahan itu tidak akan berhasil jika masih ada orang yang sibuk mengunjungi berbagai tempat wisata atau justru memilih berkumpul untuk mendoakan wabah Covid-19 ini.

Selanjutnya: Beragama dengan sehat

Ikuti tulisan menarik honing lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu