x

Foto Kucing

Iklan

Bakka Hito

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 April 2020

Jumat, 24 April 2020 06:34 WIB

Cara Memandikan Kucing yang Benar Agar Tidak Berontak

Kucing adalah hewan peliharaan yang memiliki karakter lucu dan menggemaskan. Tingkah laku kucing terkadang bisa bikin kita geleng-geleng kepala dan tepuk jidak. Yah seperti yang kita ketahui hewan yang berbulu satu ini merupakan hewan yang suka bermain dan kamu juga pasti sering melihat aksi unik dari kucing peliharaan kamu.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Memiliki hewan peliharaan kesayaangan memang bisa membuat kebahagian tersendiri yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Kucing sendiri merupakan hewan peliharaan yang banyak diminati karena memiliki tingkah laku yang unik dan menggemaskan. Bahkan tidak heran kalau banyak orang yang memiliki peliharaan kucing dianggap layaknya seperti keluarga sendiri.

Untuk bisa memelihara kucing memang bisa dikatakaan gampang-gampang susah. Yah karena agar bisa memelihara kucing agar bisa tersu sehat kamu harus bisa merawatnya dengan ekstra untuk mengurusi berbagai kebutuhan kucing, seperti unutk makanannya, kesehatannya, aksesorisnya, dan juga kebersihannya.

Kebersihan kucing hal yang harus di perhatikan agar kucing tetap sehat dan tentunya tidak membawa aroma yang bau. Kucing yang tidak terurus akan membawa aroma bau yang tentunya membuat kamu tidak nyaman bermain dengan kucing kesayanganmu tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Oleh karena itu agar kucing selalu terlihat bersih dan wangi kamu harus memandikannya secara rutin. Untuk memandikan kucing kamu bisa membawanya ke petshop, namun jika uang kamu pas-pasan kamu bisa mencoba memandikan kucing sendiri dengan cara seperti berikut ini.

Cara Memandikan Kucing Sendiri di Rumah

Seperti yang kita ketahui kucing adalah hewan yang sangat takut terkenan air. Akan tetapi tidak ada cara lain selain memandikannya agar kucing menjadi bersih dan wangi. Nah berikut cara memandikan kucing

1. Tentukan Waktu Yang Tepat

Untuk memandikan kucing kamu harus menentukan waktu yang tepat, artinya saat akan dimandikan pastikan keadaan kucing kamu dalam keadaan yang rileks dan senang. Selain itu pastikan kucing kamu sedang tidak lapar artinya kucing kamu dalam keadaan kenyang pada saat kamu akan memandikannya. Jangka waktu yang bagus untuk memandikan kucing yaitu biasanya seminggu sekali.

2. Gunakan Sampo Khusus Untuk Kucing

Agar bulu kucing jadi wangi maka pastikan kamu menggunakan sampo kucing pada saat memandikannya. Nah untuk sampo khusus kucing ini bisa kamu dapatkan di petshop terdekat di tempat tinggal kamu. Selain itu pastikan sampo kucing yang kamu gunakan tidak mengandung bahan kimia yang terlalu keras. Dan jangan sesekali mencoba menggunakan smapo manusia untuk kucing karena bisa menyebabkan bulu kucing rontok.

3. Menggunakan Air Yang Hangat

Untuk memandikan kucing, pastikan air yang digunakan adalah air hangat. Pasalnya kucing adalah hewan yang takut air dingin. Ingat yah air hangat bukan air panas. Karena dengan memandikan kucing menggunakan air hangat akan meminimalisir pemberontakan kcuning ketika dimandikan.

4. Basahi Tubuh Kucing

Proses memandikan kucing dengan cara membasahinya menggunakan selang semprot. Akan tetapi jika kamu tidak memiliki selang semprot maka kamu coba menggunakan gayung sebagai alternatifnya dengan catatan harus berhati-hati aar tidak menyiram ke mata, telinga, dan hidung kucing.

5. Oleskan Sampo ke Tubuh Kucing

Setelah kucing kamu sudah basah, selanjutnya silahkan kamu oleskan sampo kusus kucing ke tubuh kucing dan gosok tubuh kucing secara perlahan-lahan. Gosokan ke seluruh tubuh kuciing hingga berbusa namun jangan sampai terkena mata, hidung, atau telinga kuing.

6. Bilas Dengan Menggunakan Air Hangat

Setelah kamu selesai menyabuni kucing hingga merata ke seluruh tubuhnya. Maka selanjutnya silahkan kamu bilas dengan menggunakan air hangat dan jangan sesekali saat membilas terkena mata, hidung, dan telinga

7. Keringakan Kucing

Keringkan kucing jika selesai membilasnya. Untuk mengeringkan kucing kamu bisa menggunakan handuk yang lembut dan setelah itu bawa kucing kamu ke ruang yang lebih hangat. Agar bulu-bulu kucing cepat kering kamu bisa menggunakan blower pengering rambut atau bisa juga dengan cara menjemurnya ibawah sinar matahari.

Itulah tips cara memandikan kucing sendiri di rumah dengan benar agar kucing tidak berontak saat memandikannya. Terima kasih dan semoga bermanfaat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Bakka Hito lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu