x

Iklan

wahyu sinangsih

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Juli 2020

Selasa, 18 Agustus 2020 06:25 WIB

Belajar dari Pohon


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

belajar dari daun

Pohon terdiri dari akar, batang pohon, daun, bunga dan buah. Pohon dapat tumbuh dengan baik apabila akar di dalam tanah sangat kuat. Namun akar jarang terlihat ia justru berada di dalam tanah namun mengakar ke kanan dan kiri atau kadang sampai ke bawah. Hal ini menunjukkan sebuah usaha ikhlas walaupun tersembunyi tidak kelihatan namun memberikan manfaat yang luar biasa kepada sesama.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lalu kita lihat batang pohon yang tegak berdiri. Hal ini mengajarkan kepada kita bahwa kita harus kokoh dan kuat walaupun ujian datang bertubi-tubi. Lalu bunganya yang kadang wangi dan elok rupawan. Ada pula yang bau busuk namun bentuknya indah. Hal ini mengajarkan kepada kita pentingnya hasil tidak peduli nanti wangi tidak atau disukai atau tidak yang penting sudah dapat menghasilkan.

Begitu pula dengan daunnya. Kita dapat mengambil pelajaran bahwa dulu daun itu hijau sedap dipandang mata lalu menguning dan jatuh ke tanah diinjak-injak namun justru semakin masuk ke tanah bercapur daun busuk lainnya menjadi pupuk organik. Artinya dulu kita hidup di dunia lalu menjadi tua dan akhirnya mati dikubur dalam tanah. Semoga dengan belajar dari pohon membuat kita semakin bersyukur dan tidak sombong.

Ikuti tulisan menarik wahyu sinangsih lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu