x

Jasa laundry di Jalan Haji Amsir Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, 4 Januari 2020. Tempo/Imam Hamdi

Iklan

Vaesnavadeva Adhyatma

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Oktober 2020

Kamis, 8 Oktober 2020 06:24 WIB

Mungkin Ini Penyebab Usaha Laundry Kamu Sepi

Ada banyak alasan kenapa usaha laundry bisa sepi. Di sini kami mencoba merangkum semuanya

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Usaha laundry memang salah satu usaha paling favorit di Indonesia. Di saat orang lain sibuk untuk mencuci pakaian mereka, laundry-pun menjadi salah satu solusi terbaik buat mereka yang tidak sempat mencuci pakaian. Usaha laundry-pun banyak bermunculan di seluruh tanah air, dari mulai yang berskala kecil hingga yang besar.

Tapi walaupun bisnis laundry tampak menjanjikan, beberapa usaha laundry mengalami penurunan jumlah pelanggan yang berdampak ke operasi laundry mereka. Di sini mungkin beberapa alasan kenapa usaha laundry kamu sepi.

1. Hasil Cucian Kurang Maksimal

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pelanggan laundry sangat teliti bila berbicara tentang hasil cucian laundry. Mereka pasti selalu mengecek apakah pakaian mereka sudah bersih atau belum, tidak hanya itu wangi parfum laundry juga berdampak kepada pelanggan. Pelanggan pasti mengharapkan pakaian mereka selalu wangi, oleh sebab itu pakailah parfum terbaik yang tidak menyengat tapi tetap memberikan kesan segar pada pakaian.

2. Kompetitor Lebih Baik

Tidak bisa dipungkiri di dalam usaha laundry pasti selalu ada persaingan. Kompetitor kamu pasti melakukan segala cara untuk merebut pelanggan kamu, bisa lewat promo, gratis cuci dll. Oleh sebab itu lakukan segala cara agar laundry kamu tidak kalah sama kompetitor, dan pelanggan makin setia sama laundry kamu.

3. Kurangnya Pelayanan

Kadang pelanggan minta pelayanan yang ekstra. Seperti layanan antar-jemput untuk cucian mereka, sehingga tidak perlu keluar rumah. Untuk laundry yang mempunyai layanan antar-jemput tentu ini menjadi kelebihan sendiri karena mereka bisa semakin dekat dengan pelanggan. Laundry yang mengabaikannya pasti akan merasakan sepinya laundry dikarenakan perubahan perilaku konsumen. Kamu bisa memulai dengan memberikan layanan antar-jemput untuk pelanggan laundry kamu.

4. Jarang Ada Promo

Pelanggan pasti suka kalau ada promo, seperti 5kg mencuci gratis 1 kg. Walaupun sedikit, tapi itu memberikan pengalaman yang menyenangkan ke pelanggan. Bila laundry kamu sepi, mungkin karena kamu tidak pernah memberikan promo seperti itu ke pelanggan kamu.

5. Promosi yang Kurang Luas

Jangan sampai laundry kamu hanya dikenal oleh orang-orang sekitar. Kamu juga harus mempromosikan usaha laundry kamu supaya bisa menjangkau banyak orang. Kamu bisa gunakan sosmed, atau memasang iklan di manapun.

Mungkin itulah beberapa alasan kenapa usaha laundry sepi. Semoga bisa menjadi artikel yang membantu bagi kamu semua

Ikuti tulisan menarik Vaesnavadeva Adhyatma lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler