Berlibur di Masa Pandemi? Perhatikan Hal-Hal Berikut, Ya!

Rabu, 31 Maret 2021 20:08 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini Indonesia dan seluruh belahan negara di dunia sedang menghadapi pandemi yang disebabkan oleh penyebaran virus Covid-19 yang mulai muncul di awal tahun 2020. Hingga saat ini pandemi ini masih saja berlangsung dan membuat segala aktivitas yang biasanya dilakukan oleh manusia menjadi tidak seperti biasanya. Hal ini disebabkan karena salah satu penyebab penyebaran virus ini adalah mobilitas manusia itu sendiri.

Namun, sejak pemerintah Indonesia menerapkan peraturan adaptasi New Normal atau kebiasaan baru, kita sudah dapat menjalankan beberapa aktivfitas kita namun dengan tetap menerapkan beberapa protokol kesehatan, antara lain 3M yaitu: memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Selama masa pandemi berlangsung pemerintah juga menerapkan kebijakan stay at home, yaitu kita dituntut untuk mengerjakan segala sesuatunya di rumah saja, seperti bekerja, bersekolah, rapat dan segala kegiatan lainnya. Tentunya hal ini mayoritas membuat beberapa orang mengalami perasaan stres, bosan, dan kesepian, dan hal-hal tersebut bukan menjadi sesuatu yang asing  bagi kita. Kita pasti sudah sangat merindukan kegiatan berlibur baik itu solo travel maupun bersama keluarga dan teman.

New normal membuat sebagian tempat wisata yang ada di Indonesia sudah boleh dikunjungi, namun, tetap selalu menerapkan protokol kesehatan yang ada, mengingat jumlah kasus COVID-19 di Indonesia ini juga terus meningkat, dan pelaksanaan vaksin pun masih belum merata.  Di tengah kondisi yang seperti ini, berlibur boleh saja, tapi kita harus yakin dapat menjalankan protokol kesehatan sebaik dan semaksimal mungkin karena hal ini dapat melindungi diri kita sendiri maupun orang yang berada di sekitar kita.

 

Yuk mari kita simak beberapa informasi dan tips aman berlibur saat pandemi!

  1. Memastikan tubuh kita dalam keadaan sehat

Hal ini sangat penting karena ketika kita dan keluarga mengalami kondisi yang tidak prima, maka daya tahan tubuh yang kita miliki akan cenderung menurun, hal ini tentunya dapat menyeybabkan kita mudah untuk terserang virus dan penyakit, termasuk virus COVID-19.

Hal ini juga dapat diatasi dengan adanya beberapa test untuk mendeteksi apakah kita terpapar oleh virus COVID-19 ini, yaitu antara lain rapid test, PCR test dan juga GeNose Test. Beberapa test ini sudah diterapkan di berbagai transportasi umum dan juga fasilitas kesehatan yang berada di sekitar kita. Tentunya dengan kita melakukan test tersebut kita dapat memastikan kesehatan kita dan tidak membahayakan orang di sekitar kita.

 

  1. Jangan berkerumun! Pilih destinasi wisata yang tidak ramai

Seperti yang kita ketahui bahwa destinasi wisata cenderung identik dengan keramaian dan padat orang. Virus COVID-19 ini sangat lebih cepat menular di tempat yang ramai, padat dan sempit. Maka dari itu, kita dapat memilih alternatif destinasi wisata dengan suasana yang lebih sepi pengunjung dan juga memiliki wilayah yang cukup luas agar dapat terhindar dari keramaian. Contohnya seperti wisata alam, perkebunan atau pantai yang memang tidak berpotensi menimbulkan keramaian.

 

  1. Membawa perlatan sendiri, dan jangan lupa membawa masker dan peralatan kesehatan

Penularan Virus COVID-19 juga dapat menyebar melalui perantara barang dan peralatan yang ada. Untuk mencegah hal tersebut, kita harus membawa barang dan peralatan kita dari rumah, seperti alat makan, tumbler atau botol minum, dan beberapa alat dan barang yang akan digunakan saat di tempat wisata, tentunya hal ini dapat mencegah terjadinya penularan virus COVID-19.

Selalu memakai dan membawa masker juga merupakan salah satu hal yang penting di dalam bepergian ke luar rumah, selain masker, hand sanitizer, disinfektan juga sangat penting untuk dibawa kemana-mana. Obat-obatan dan alat kesehatan yang diperlukan juga harus selalu dibawa kemanapun untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

 

Berikut merupakan beberapa tips aman untuk berlibur di saat pandemi, namun jika tidak dibutuhkan untuk berpergian maka stay at home adalah salah satu cara terbaik untuk memutus penyebaran virus COVID-19 ini, kita juga bisa berlibur di rumah saja bersama keluarga menikmati waktu luang seperti menonton film bersama, memasak bersama dan juga piknik di halaman belakang rumah. Stay Safe and Healty!

 

 

 sumber : alodokter.com

Bagikan Artikel Ini
img-content
THOMAS DIAN PERMANA PERMANA

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua