x

Gambar oleh Clem Cou dari Pixabay

Iklan

Almanico Islamy Hasibuan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 November 2021

Kamis, 16 Desember 2021 16:27 WIB

Permainan Bocil Tahun 2000-an yang Harus Dipertahankan

Permainan bocil zaman sekarang sudah berubah seiring dengan perkembangan zaman. Permainan anak-anak semakin berkembang dan canggih, namun permainan anak-anak awal tahun 2000-an juga tidak kalah menyenangkan dengan permainan anak-anak era globalisasi ini. Apa sajakah itu?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

     Permainan pada zaman sekarang sudah berpusat pada teknologi . Sudah jarang kita temukan sekarang anak-anak yang bermain di luar rumahnya , berlarian ke sana kemari . Mereka hanya duduk berkumpul sambil memegang gadget mereka sambil teriak-teriak tidak jelas . Bocil awal tahun 2000-an kebanyakan tidak pernah bermain dengan gagdet apalagi menyentuhnya . Mereka bermain layaknya seperti anak-anak biasa . Setelah pulang dari sekolah , melemparkan tas ke dalam rumah dan langsung berlari mencari teman-temannya untuk bermain ke lapangan , ke sungai , ke hutan , menikmati masa kanak-kanaknya . Anak-anak zaman sekarang juga telah lupa dengan permainan-permainan itu . Mari kita simak permainan-permainan yang telah menemani kita pada masa kanak-kanak .

  1. Petak Umpet

     Siapa yang tidak tahu petak umpet ? Permainan ini cukup populer pada masanya . Cara bermainnya yaitu satu orang sebagai penjaga dan teman-teman lainnya pergi bersembunyi . Mereka yang bersembunyi harus menunggu penjaga berhitung sampai 10 atau 20 sesuai kesepakatan dan berusaha untuk memukul tempat di mana penjaga menutup matanya sambil meneriakkan sesuatu . Di daerah saya , Tapanuli Selatan , biasanya kami berteriak “Prencis !” . 

     Banyak yang berbuat curang dengan diam di belakang penjaganya dan langsung memukul tempat dia berhitung setelah penjaga selesai . Permainan ini juga sering dilakukan saat istirahat sekolah . Tetapi jangan dilakukan saat malam hari . Anda akan tahu mengapa jika membaca post sebelumnya .

  1. Bentengan

     Permainan ini juga tidak kalah seru . Cara bermainnya yaitu kita dibagi menjadi dua kelompok . Satu kelompok sebagai pengejar dan yang lainnya sebagai yang dikejar . Tim pengejar mengejar yang dikejar (coba sebutkan 10 kali dengan cepat) lalu siapa yang telah tertangkap ditawan dan dijaga oleh salah satu dari tim pengejar . Tawanan berbaris dibelakangnya . Cara menyelamatkan mereka adalah dengan menyentuhnya . Oleh karena itu banyak tawanan yang berpegangan tangan dan membentuk shaf atau barisan horizontal agar semua dapat kabur setelah salah satu dari mereka disentuh .

     Permainan ini membutuhkan kecepatan berlari , kecerdikan bersembunyi , dan taktik yang tepat . Permainan ini juga sering dilakukan pada saat istirahat sekolahan . Di daerah saya , kakak kelas sering mengajak kami , adik kelasnya untuk bermain bentengan , atau di tempat kami biasa disebut Marsembar . Yang tahu tunjuk tangan !

  1. Kasti

     Permainan ini mirip dengan permainan Baseball , tetapi bola yang digunakan yaitu bola tennis . Satu orang melempar bola ke arah pemukul . Jika dia berhasil memukul bolanya , satu timnya berlari dan berusaha menghindari bola yang dilempar oleh tim lawan .

     Permainan ini sering diakhiri dengan kericuhan , tangis , dan pengaduan kepada orang tua . Tim pelempar sering secara sengaja melemparkan bolanya ke arah pelari dengan keras yang menyebabkan air mata bercucuran . Walaupun diakhiri dengan itu , tetapi permainan ini sangatlah seru .

Ikuti tulisan menarik Almanico Islamy Hasibuan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB