x

Iklan

Annisa Ayu Mulia Sabrina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Januari 2022

Sabtu, 22 Januari 2022 20:52 WIB

Dunia Ikut Menyoroti Ibu Kota Nusantara

Ibu kota terbaru Indonesia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

IBU KOTA NUSANTARA

Ibukota Jakarta akan diubah menjadi ibu kota Nusantara. Perubahan nama ini telah menarik perhatian internasional. Perubahan nama ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Nama Nusantara dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai ibu kota  provinsi yang baru. Perdebatan nama Nusantara  terjadi di Pansus RUU Ibu Kota Negara atau Pansus IKN DPR RI saat produk legislatif belum disahkan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (NDP)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengumumkan nama Ibu Kota Negara (IKN)  Kalimantan Timur adalah Nusantara yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo.

"Saya baru mendapat konfirmasi dan perintah langsung dari  Presiden  Jumat lalu dan katanya ibu kota negara ini bernama Nusantara,"  Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, dikutip  Antara, Senin 17 Januari 2022

Selesai pemindahan Ibu kota baru diharapkan selesai pada semester I 2024

Ibu Kota Negara  akan diawaki Kepala Badan Pengelola Modal Negara (IKN).

Aturan tentang IKN kepala pemerintahan diatur dengan RUU Ibukota Negara (RUU IKN)

MENJADI PEMBAHASAN DI DUNIA

Salah satu media asing yang menyoroti nusantara adalah CNN International. "Indonesia sebut ibu kota baru, setuju tinggalkan Jakarta," demikian headline yang ditulis CNN International. "Indonesia menamakan ibu kota barunya Nusantara setelah legislator menyetujui perpindahan dari Jakarta ke Kalimantan, kawasan yang tertutup hutan di sebelah timur pulau Kalimantan," kata CNN International mengutip detik.com.

Sorotan juga datang dari media asal Inggris, The Guardian. The Guardian menyorot Nusantara dalam artikel berjudul 'Indonesia menamakan ibu kota barunya Nusantara, menggantikan Jakarta yang tenggelam'.

Dalam artikelnya, The Guardian juga menulis tentang pemindahan ibu kota  dengan harapan  Jakarta sama memberatkannya dengan kota berpenduduk 10 juta orang, terkenal dengan kemacetan lalu lintas, sering banjir dan  salah satu tempat dengan pertumbuhan tercepat di dunia dengan kecepatan tercepat. kota-kota di seluruh dunia akibat eksploitasi air tanah yang berlebihan, dapat dikurangi.  

 “Sebagian dari Jakarta Utara kehilangan sekitar 25 cm per tahun karena penurunan tanah, termasuk pemecah gelombang yang dirancang sebagai penyangga bagi masyarakat,” tulis The Guardian.

Media  Amerika Serikat (AS), The Washington Post; Bloomberg; Kantor berita Saudi Al Arabiya; Penyiar Jerman Deutsche Welle (DW); Media Jepang, Nikkei Asia; untuk surat kabar Singapura, The Straits Times, juga menjelaskan kepulauan itu.

"Indonesia menamai ibu kota barunya 'Nusantara' ketika parlemen menyetujui langkah tersebut," tulis Nikkei Asia.

Sementara itu, South China Morning Post menyoroti kepulauan itu dalam sebuah artikel berjudul "Saat Indonesia menamai ibu kota barunya, para kritikus memiliki pikiran historis yang  mengatakan "sulit untuk melihat gagasan itu".

Sambutan kepala Badan Pengelola Modal Negara (IKN) itu usai UU IKN disahkan. Presiden Jokowi telah mengungkapkan kriteria calon kepala ibu kota  bernama Nusantara.

“Paling tidak pernah memimpin suatu daerah dan berlatar belakang arsitektural,” kata Presiden Jokowi saat bertemu dengan beberapa redaktur media  nasional di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19 Januari 2022).

Jawaban Jokowi membuat peserta rapat menganggap citra pemimpin daerah kelas satu dengan arsitektur berlatar  Sunda. Namun saat ditanya lebih lanjut, Jokowi hanya tertawa.

Jokowi juga berbicara tentang memilih nama Nusantara untuk IKN. Ia mengatakan, nama ini dipilih tidak serta merta  karena pendapat pribadi tetapi juga untuk memenuhi aspirasi beberapa pihak.

 

Ikuti tulisan menarik Annisa Ayu Mulia Sabrina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu