x

Iklan

Nicolaus Cp

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Maret 2022

Senin, 28 Maret 2022 07:01 WIB

Manfaat Inovasi Terbuka pada Perusahaan

perspektif inovasi terbuka, kemampuan perusahaan untuk mencari dan menangkap pengetahuan eksternal akan bergantung pada kunci batas antara perusahaan dan agen eksternal. Jika individu-individu tersebut memiliki keterampilan atau kapasitas yang terbatas untuk mencari sumber ide eksternal yang berbeda dan menangkapnya, pelatihan dapat membantu meningkatkan kemampuan tersebut. inovasi terbuka mengingatkan pada potensi besar yang menyertai inovasi terbuka baik sedang dalam krisis atau tidak. Inovasi terbuka memiliki potensi untuk memperluas ruang penciptaan nilai, Ini memungkinkan lebih banyak cara untuk menciptakan nilai, baik melalui mitra baru dengan keterampilan yang saling melengkapi atau dengan membuka potensi tersembunyi dalam hubungan jangka panjang. Dalam krisis, inovasi terbuka dapat membantu organisasi menemukan cara baru untuk memecahkan masalah yang mendesak dan pada saat yang sama membangun reputasi positif.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perspektif inovasi terbuka, kemampuan perusahaan untuk mencari dan menangkap pengetahuan eksternal akan bergantung pada kunci batas antara perusahaan dan agen eksternal. Jika individu-individu tersebut memiliki keterampilan atau kapasitas yang terbatas untuk mencari sumber ide eksternal yang berbeda dan menangkapnya, pelatihan dapat membantu meningkatkan kemampuan tersebut. inovasi terbuka  mengingatkan  pada potensi besar yang menyertai inovasi terbuka  baik  sedang dalam krisis atau tidak. Inovasi terbuka memiliki potensi untuk memperluas ruang penciptaan nilai, Ini memungkinkan lebih banyak cara untuk menciptakan nilai, baik melalui mitra baru dengan keterampilan yang saling melengkapi atau dengan membuka potensi tersembunyi dalam hubungan jangka panjang. Dalam krisis, inovasi terbuka dapat membantu organisasi menemukan cara baru untuk memecahkan masalah yang mendesak dan pada saat yang sama membangun reputasi positif.

Sementara kekhawatiran atas kekayaan intelektual, laba atas investasi, dan berbagai konsekuensi tak terduga dari inovasi terbuka semuanya valid, apa yang kita alami sekarang adalah peluang untuk berinovasi . Kami telah menemukan sejumlah pelajaran yang dapat membantu perusahaan untuk tidak hanya memanfaatkan inovasi terbuka , tetapi juga merangkul inovasi terbuka .  inovasi terbuka harus dikonseptualisasikan sebagai proses inovasi terdistribusi yang melibatkan aliran pengetahuan yang dikelola secara sengaja di seluruh batas organisasi. Kami juga menghubungkan definisi ini dengan jenis utama inovasi terbuka, yaitu Outside-In (masuk), Inside-Out (keluar) , serta mekanisme terkait, termasuk aliran uang dan non-uang. Menurut Chessbrough dalam bukunya Open Innovation (2003), mengungkapkan inovasi terbuka yaitu penggunaan dengan sengaja arus masuk dan arus keluar dari sebuah pengetahuan untuk mempercepat proses inovasi di internal perusahaan untuk memperluas pasar.

Membangun tujuan kami untuk mendorong konsistensi yang lebih besar seputar definisi inovasi terbuka dalam literatur inovasi yang lebih luas, kami juga membahas pandangan yang berbeda tentang open inovasi,  yang muncul itu antara "inovasi terbuka” dan "inovasi kolaboratif terbuka", membahas perbedaan dan saling melengkapi di antara perspektif ini. Dengan cara ini, kami berharap dapat mendorong akademisi  kolega untuk mengadopsi definisi konsep yang konsisten, untuk mempertahankan koherensi dari penelitian di bidang ini (dan di bidang lain juga). inovasi terbuka  sejauh ini berfokus pada tingkat individu, perusahaan, dan industri  memandang institusi sebagai konstanta.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

literatur inovasi terbuka telah berfokus pada tingkat analisis perusahaan, dengan asumsi bahwa perusahaan fokus adalah agen utama keputusan manajerial dan berinteraksi dengan perusahaan atau individu lain. Akibatnya, literatur jatuh ke dalam kategori inovasi terbuka antar, intra, dan ekstraorganisasi (Bogers et al., 2017 ).

Inovasi terbuka mempromosikan pola pikir di era informasi menuju inovasi yang bertentangan dengan rahasia dan mentalitas. Manfaat dan kekuatan di balik peningkatan keterbukaan ysng berkaitan dengan kerja sama antara perusahaan. Inovasi cendurung diproduksi oleh pendiri di perusahaan rintisan, gagasan utama di balik inovasi terubuka adalah pengetahuan yang tersebar luas, perusahaan tidak dapat bergantung sepenuhnya pada penelitian mereka sendiri, tetapi harus membeli lisensi dari perusahaan, inovasi terbuka dapat diartikan sumber – sumber inovasi eksternal seperti pelanggan, perusahaan saingan dan lembaga akademis, dapat perubahan dalam penggunaan, pengelolaan, dan kekayaan intelektual yang di dorong oleh teknis dan penelitian.

Inovasi terbuka akan mencerahkan bagi siapa saja yang tertarik untuk mengelola teknologi yang digunakan dalam produk atau proses manufaktur mereka, terutama dalam bisnis teknologi. Meskipun fokusnya pada tekonolgi ini memberikan wawasan berharga yang dapat digeneralisasikan dengan berbagai hal dari inovasi melintas batas organisasi.

Inovasi terbuka telah mucul sebagai konsep penting bagi pebelitian akademis dan praktik industri, dan sekarang juga menjadi penting dalam kebijakan publik, mereka mengumpulkan beberapa contoh dalam kaitannya dengan ide dan inovasi warga, dan demokrasi kolaboratif. Dalam konteks inovasi terbuka, ada peningkatan kesadaran akan pentingnya mempertimbangkan tujuan nirlaba, sementara organisasi publik dan niralaba perlu dikaitkan dengan pemangku kepentingan untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana inovasi dapat dilakukan dengan lebih efisien dan efektif. Inovasi terbuka harus memanfaatkan nilai tambah keterbukaan dalam sains, dan juga mempromosikan investasi yang diperlukan untuk mengubah inisiatif terbuka menjadi teknologi baru dan model bisnis baru.

Inovasi Terbuka ini menyoroti beberapa aspek spesifik , membahas masalah mulai dari crowdfunding hingga coopetition, dari startup hingga perusahaan incumbent, dan dari kerangka kerja untuk memahami kompleksitas inovasi terbuka hingga alat untuk secara proaktif menanganinya. menciptakan pengaturan kelembagaan baru yang menghubungkan keterbukaan dalam sains (melalui jurnal akses publik dan infrastruktur data terbuka) dengan inovasi terbuka (dampak arus data dan kombinasi baru pengetahuan dan sumber daya fisik dan digital) untuk terbuka kepada dunia (standar global seputar keterbukaan ilmu pengetahuan, penyebaran yang lebih luas dan lebih cepat, dan akhirnya inovasi yang lebih cepat). Inovasi terbuka akan memainkan peran kunci dalam ekonomi maju selama dekade berikutnya. Akan ada tren teknologi baru yang akan mendorong inovasi, mulai dari blockchain hingga digitalisasi hingga pengeditan genomik. Ini akan digabungkan dengan tujuan internasional, seperti Tujuan Pembangunan. 

Nicolaus christanto pranadjaya (115190390)

 

 

 Berkelanjutan.

Inovasi terbuka menawarkan beberapa manfaat bagi perusahaan yang beroperasi pada program kolaborasi global: Mengurangi biaya penelitian dan pengembangan, Potensi peningkatan produktifitas pembangunan, Penggabungan pelanggan di awal proses pengembangan, Peningkatan dalam akurasi untuk riset pasar dan penargetan pelanggan, Meningkatkan kinerja dalam perencanaan dan pelaksanaan proyek , Berpotensi untuk sinergisme antara inovasi internal dan eksternal, Berpotensi untuk pemasaran viral, Transformasi digital yang ditingkatkan, Berpotensi untuk melengkapi model bisnis yang baru, Memanfaatkan ekosistem inovasi. Inovasi terbuka sekarang menjadi konsep yang banyak digunakan di dunia akademis, bisnis, dan pembuatan kebijakan. Artikel ini menjelaskan keadaan inovasi terbuka di persimpangan penelitian, praktik, dan kebijakan. Ini membahas beberapa tren utama (transformasi digital), tantangan (ketidakpastian), dan solusi potensial (program pendanaan UE) dalam konteks inovasi terbuka dan kebijakan inovasi.

Meskipun inovasi terbuka telah mendapatkan lebih banyak perhatian dalam manajemen inovasi, bahkan untuk usaha kecil dan menengah (UKM), masih kekurangan penjelasan heterogen tentang bagaimana perusahaan kecil terlibat dalam inovasi terbuka dan sumber pengetahuan mana yang paling mereka manfaatkan. Dalam konteks ini, makalah ini menyelidiki apakah UKM dari industri yang berbeda berpartisipasi dalam inovasi terbuka, menyoroti peran sumber internal dan eksternal dalam memperkenalkan produk dan layanan baru. pendekatan tertutup terhadap inovasi dan terutama mengandalkan sumber internal untuk mengembangkan produk dan layanan baru. Selain itu, berkaitan dengan sumber pengetahuan eksternal, mereka terutama mengandalkan satu sumber, pelanggan.

 

Proses inovasi sering dirasakan sebagai suatu hal yang berat dan mahal di banyak perusahaan. Namun dari suatu kesulitan, akan muncul berbagai terobosan yang menyiapkan solusi. solusi yang keluar dari masalah inovasi internal ini adalah munculnya beragam model inovasi terbuka (open innovation) yang berlangsung dalam banyak perusahaan dalam berbagai tingkatan yang berbeda. Salah satu bentuk open innovation yang banyak di kenal  adalah strategi open source seperti dalam penciptaan linux dan program aplikasi seperti android, yang melibatkan banyak software dari berbagai penjuru dunia. Masing-masing dari mereka menjadi kontributor dalam perbaikan proses koding di linux dan android, dan membesarkan software ke berbagai jenis produk.

 

Ikuti tulisan menarik Nicolaus Cp lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu