Turnamen Sepak Bola Nasional 2022 Mengesankan - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

olimpiade fifa

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 30 Maret 2022 06:57 WIB

  • Sport
  • Topik Utama
  • Turnamen Sepak Bola Nasional 2022 Mengesankan

    Selamat untuk SMPN 1 Singosari Malang yang meraih Juara 1 U15. Selamat untuk SSB Salfas Soccer Banten yang mengunci Juara 1 U11 dan U13. Selamat untuk tim lain, T-Eleven DKI, Bogor City Jabar, Diklat Merden Jateng, Private Coach Tata Sumut, sebab semua peserta terpilih dalam TSN 2022, adalah juara pejuang sepak bola akar rumput. Bravo pejuang!!!

    Dibaca : 1.515 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Jelang 23 tahun Berdiri dan jelang 24 tahun dari Lahir SSB Sukmajaya, melalui Turnamen Sepak Bola Nasional (TSN) 2022, dan jelang Bulan Ramadhan 1443 H, menunjukkan kepada saya, siapa sebenarnya yang masih dapat disebut teman, sahabat, keluarga, partner kerja dll melalui pintu sepak bola. (Supartono JW. 28032022)

    TSN 2022 sudah usai. Berjalan lancar sesuai skenario. Usainya TSN 2022, ternyata menyisakan kesan-kesan bagi semua pihak yang terlibat dan dilibatkan. Berikut, dalam artikel ini, saya tampilkan beberapa kisah-kisah tersebut.

    Disporyata Kota Depok

    Kisah kesan pertama saya tampilkan dari Disporyata Kota Depok.

    "Pemain besar akan lahir dari kompetisi yg terprogram dan berkelanjutan, Turnamen Sepak Bola Naaional (TSN) adalah wadah yang tepat untuk menguji hasil latihan dan memberi kesempatan bermain bagi para siswa dalam mengeksplorasi skill dan kemampuan bermain bola (Teknik dan Speed) serta menguji tingkat kecerdasan Intelegensi dan Personalitinya." Ujar Kepala Bidang Pembinaan Olahraga Disporyata Kota Depok, Nur Abdullah, S.Pd, M.Pd. saat hadir dan menyaksikan beberapa laga TSN, Senin, 28 Maret 2022 di Lapangan Bataliyon Infanteri Para Raider 328 Kostrad Cilodong, Depok.

    "Disporyata sangat mendukung kegiatan yang lakukan oleh panitia TSN serta mengucapkan terimakasih atas suksesnya pelaksanaan TSN 2022. Ke depan, semoga TSN terus berkembang, mendatangkan peserta lebih banyak dari tahun ini, bertahap hingga menjamah ke seluruh Provinsi Indonesia. Aamiin." Tambah Nur dengan nada optimis.

    Kisah-kesan dari peserta pemilik SSB

    Melalui whatApp (wa), pemilik SSB Salfas Soccer, Irwan Salam, yang para siswanya kembali unjuk gigi dengan memboyong dua Piala Juara 1, yaitu U11 dan U13 dalam TSN 2022, menulis pesan kepada saya:

    "Pengamat Sepak Bola Nasional dan Pengamat Pendidikan Nasional, Mas Supartono, sekaligus Pendiri SSB Sukmajaya Depok, sukses menggelar kegiatan TSN 2022. Peserta dari wakil provinsi yang berdasarkan pengamatan serta penilaian pembinaan yang konsisten."

    "Yang perlu kita berikan apresiasi kepada Mas Tono (sapaan akrab Supartono) adalah konsistensi beliau dalam memajukan pembinaan sepak bola akar rumput dengan mendirikan SSB Sukmajaya, menulis tentang pendidikan dan sepak bola di media cetak dan online nasional, serta sangat konsisten menggelar event sepak bola akar rumput yang terus kreatif-inovatif-dan terus menyesuaikan perkembangan zaman dan sangat paham akan hal apa yang dibutuhkan oleh para pejuang sepak bola akar rumput."

    "Sangat menariknya, TSN 2022, adalah hasil dari inovasi dan pengembangan yang terencana dan sangat terprogram. TSN 2022, adalah bentuk pengembangan dari Festival Sepak Bola antar Provinsi yang sudah di gelar tiga kali, yaitu tahun 2018, 2019, dan 2021. Tahun 2020 absen karena Covid-19."

    "Festival Sepak Bola antar Provinsi pun, pengembangan dari Festival 3Wulan SSB Sukmajaya dan Piala SSB Sukmajaya yang telah digelar sejak tahun 2000an."

    "Luar biasanya, sejak HUT SSB Sukmajaya ke-2, tahun 2001, Mas Tono malah sudah menggelar Kompetisi antar SSB dalam rangka Peresmian Asosiasi Sekolah Sepak Bola Depok (ASBD) pada Juli 2021."

    Semoga, event yang selalu digagas Mas Tono terus berkembang, ada pihak sponsor yang terlibat. Apalagi, ada catatan bahwa di TSN 2022 ini, ada budaya yang wajib diteladani oleh SSB atau panitia penyelenggara sepak bola akar rumput lainnya, yaitu sepanjang laga-laga turnamen berlangsung, tidak ada protes mau pun teriakan terhadap wasit dan perangkat pertandingan baik dari pelatih/orang tua. Laga turnamen benar-benar kekeluargaan. Enak ditonton, laga bergembira, dan sportivitas sangat tinggi. Benar-benar sesuai penilaian dan pengamatan Mas Tono, mengapa para peserta ini yang dipilih dan diberikan penghargaan di tahun 2022 ini."

    "Semoga, nilai-nilai keteladanan dalam TSN 2022 di luar persoalan tersebut, profesionalisme TSN 2022 juga nampak di semua lini, karena TSN 2022 di oleh oleh ahlinya yang penuh kompetensi."

    "Selamat dan sukses untuk Mas Tono dan Segenap Keluarga Besar SSB Sukmajaya. Walau pun TSN 2022 tanpa sponsor, Mas Tono justru menyebut Peserta Turnamen (para pengurus SSB dan para Orang Tua Siswa) adalah SPONSOR UTAMA TSN 2022 dengan bantuan iurannya. Balasan dari TSN pun MAHAL. PESERTA menerima Sertifikat Penghargaan Sebagai Satu di Antara SSB/DSB/SF terbaik di Indonesia mewakili provinsi. Para Siswa pun mendapat tiket berupa Sertifikat turnamen yang ditandatangani oleh KaDispiryata, untuk masuk sekolah formal Negeri." Tutup Irwan.

    Terima kasih Pak Irwan, selamat untuk Salfas Soccer juga. Selamat juga, Piala Bergilir TSN 2022 U11 di 2022 menjadi milik SSB Salfas Soccer yang telah tiga kali meraih juara 1 sejak Festival antar Provinsi 2019 dan 2021.

    Kisah mewakili Askot PSSI Depok

    Melalui pesan wa juga, Ketua Komite Wasit Askot PSSI Depok, Sariman menyampaikan ke saya:

    "Saya bangga atas apa yang telah diupayakan oleh penyelenggara TSN 2022, Bapak Supartono. Beliau bersusah payah menyediakan sarana untuk pembinaan sepak bola dalam area akar rumput. Apabila banyak insan seperti beliau, niscaya bibit pesepak bola unggul tidak akan berhenti mengalir. Beliau pun sangat mengapresiasi dan menghargai kinerja para pelaku penyelenggara, baik panitia, perangkat pertandingan dan seluruh bidang." Ungkap Sariman.

    Dari Medcom Askot PSSI Depok, Mulyadi, menambahkan:

    "SSB Sukmajaya sebagai penyelenggaraan TSN 2022 dan Bapak Drs. Supartono, MPd. selaku penanggung jawab kegiatan ini, membikin para peserta nya cukup antusias, hingga TSN berjalan denang Baik dan Lancar. TSN 2022 selain sebagai ajang silaturahmi melalui sepak bola, juga memberikan dampak terhadap bertambahnya berbagai wawasan tentang sepak bola akar rumput dan permasalahannya, baik bagi para pengurus, pelatih, dan orang tua siswa." ungkap Mulyadi.

    Kisah mewakili tim pelatih

    Mewakili para pelatih dari para peserta, Chepy Jumhana (Bogor City-Jabar), menyebut bahwa TSN 2022 bagus sekali, peserta sudah nasional. Chepy pun berharap TSN 2023 akan sukses kembali, peserta pun bertahap bertambah lagi dari provinsi lain sesuai hasil pengamatan dan pemantauan. Pun menyesuaikan dengan kemampuan anggaran.

    Kisah peserta Sumut, Jateng, Jatim

    Berikutnya, dalam suasana keakraban sebelum pelepasan/kepulangan tim Private Coach Tata (Sumatera Utara), Diklat Merden (Jawa Tengah), dan SMPN 1 Singosari Malang, (Jatim) di Penginapan Hartini Recidence, Jalan Kemang 1 Sukmajaya Depok, Para pengurus, pelatih, serta ofisial ketiga tim, menyampaikan kepuasan setelah terpilih dalam TSN 2022. Puas atas sambutan panitia dan pelayanan akomidasinya. Pun puas atas kinerja panitia yang profesional dalam TSN 2022.

    Menutup kisah-kisah komentar TSN 2022 yang tidak dapat saya tampilkan semuanya, atas nama Keluarga Besar SSB Sukmajaya, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan dilibatkan dalam TSN 2022, hingga TSN berlangsung aman, lancar, dan sukses.

    Selamat untuk SMPN 1 Singosari Malang yang meraih Juara 1 U15. Selamat untuk SSB Salfas Soccer Banten yang mengunci Juara 1 U11 dan U13.

    Terakhir, Selamat untuk tim lain, T-Eleven DKI, Bogor City Jabar, Diklat Merden Jateng, Private Coach Tata Sumut, sebab semua peserta terpilih dalam TSN 2022, adalah juara pejuang sepak bola akar rumput. Bravo pejuang!!!

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.