x

Pelantikan Panwascam Kota Salatiga

Iklan

Agung Ari Mursito

Agung Ari Mursito
Bergabung Sejak: 25 Maret 2022

Senin, 31 Oktober 2022 06:18 WIB

Bawaslu Salatiga Perhatikan Kuota Perempuan

Bawaslu

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Proses pembentukan Panwaslu Kecamatan untuk pemilu serentak  2024 di Kota Salatiga berjalan lancar. Pendaftaran yang dibuka  pada tanggal  21-27 September yang lalu berlanjut pada perpanjangan pendaftaran di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Tingkir dan Kecamatan Argomulyo karena belum terpenuhinya 30% kuota perempuan. Perpanjangan pendaftaran dimulai pada tanggal 2-8 Oktober 2022 sehingga terdapat 123 pendaftar calon Panwaslu Kecamatan.

Pada proses seleksi administrasi ada tiga pendaftar yang tidak lolos karena dua orang belum terpenuhunya batas minimalusia yaitu 25 tahun datu pendaftar mengundurkan diri karea  bekerja ditempat lain.  Sebanyak 99 orang Calon Panwaslu Kecamatan mengikuti tes tertulis berbasis CAT yang dilksanakan pada tanggal16 Oktober2022 bertempat di gedung Ahmad Dahlan UIN Salatiga .  

Setelah pada tanggal18 Oktober 2022 Bawaslu Kota Salatiga mengumumkan peringkat enam besar dari setia kecamatan. Perinhkat enam besar ini diperoleh berdasarkan hasil CAT dan rekap penilaian yang diterima dari Bawaslu RI melalui Bawaslu Propinsi Jawa Tengah yang kemudian dilanjutkan dengan tes wawancara pada tanggal20 dan 21 Oktober oleh Bawaslu Kota Salatiga yang bertempat di Kantor Bawaslu Kota Salatiga. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Acara pelantikan digelar pada hari Jumat (28 Oktober 2022 ) betrempat di Hotel Grand Wahid Salatiga setelah sebelumya diumumkan Panwaslu Kecamatan terpilih pada tanggal 26 Oktober 2022yang lalu " Kami mencoba konsisten dengan arahan Pimpinan Bawasalu RI dan Bawaslu Propinsi Jawa Tengah untuk memperhatikan keterpenuhan 30% kuota perempuan.Rapat pleno yang penuh dinamika memutuskan 12 nama termasuk didalamnya ada empat perempuan tandas Ketua Bawaslu Kota Salatiga Agung Ari Mursito.

Yesaya Tiluata selaku Ketua Pokja Pembentukan Panwaslu Kecamatan menyampaikan bahwa ini merupakan sejarah baru karena disetiapkecamatan terdapat 1 perempuan yang terpilih. Sebelumnya pada saat Pilkada Salatiga 2017 hanya ada 3 perempuan, dipilkada Gubernur Jateng 2018 hanya ada 2 orang yang berlanjut pada pemilu 2019, dan saat ini untuk pemilu 2024 ada empat orang perempuan Srikandi Pengawasan mereka diantara Sri Sundarai dari Argomulyo, SitiKhoiriyah dari Tingkir, Ariana Werdi Astuti dari Sidomukti dan Firda Yuliyantidari Sidorejo terangnya.

 

Tamu Undanganyang hadir dalam pelantikan adalah PJ Walikota Salatiga yang diwakili Sidqon Wffendi, Asisten 3 Kota Salatiga, Kapolres Salatiga yang diwakili Kompol Budi, Kabag OPS dan AKP Nanung Nugroho, Kasat Reskrim Polres Salatiga dan Mayor Hermanus mewakili Komandan Kodim 0714 serta Camat Se-Kota Salatiga .

 

Setelah pelantikan ilanjutkan dengan pembekalan oleh Ketua Dan Anggota Bawaslu Kota Salatiga . Dengan menghadirkan narasumber lain dari KPU Kota Salatiha ( Ketua KPU Syaemuri)dan Kepala Kejaksaan Negri Kota Salatiga Herwin Ardiono, S.H. 

Ikuti tulisan menarik Agung Ari Mursito lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler