x

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika menjadi juri perlombaan kesehatan/Foto : Dokpri

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Sabtu, 24 Juni 2023 12:31 WIB

Manfaat Mencuci Hidung untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Mencuci Hidung Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Solo – Hidung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang mempunyai banyak fungsi bagi manusia. Salah satunya adalah organ pernafasan paling luar yang berfungsi untuk tempat pertukaran udara oksigen dan karbondioksida. Didalam hidung ada bulu hidung yang berfungsi untuk menyaring debu ataupun bakteri yang masuk ke tubuh manusia melalui hidung. Tak khayal didalam lubang hidung terdapat banyak bakteri yang tersaring sebelum masuk ke organ pernafasan manusia.

Selain itu hidung juga berperan sebagai indera penciuman, pernafasan dan kekebalan didalam tubuh manusia. Hidung juga menjadi salah satu estetika bagi manusia sebagai bentuk keindahan yang diberikan Allah SWT kepada kita yang harus kita jaga dna kita rawat sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT.

Didalam setiap muslim diwajibkan untuk sholat 5 waktu dan sebelum menjalankan sholat waktu setiap muslim diwajibkan untuk berwudlu. Didalam setiap gerakan wudlu ada gerakan dimana melakukan membersihkan hidung, dimana air dimasukkan ke dalam lubang hidung kemudian dikeluarkan. Salah satu gerakan wudlu yaitu membersihkan lubang hidung ternyata dalam penelitian memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mencuci hidung ternyata mempunyai manfaat dapat mencegah infeksi dan pertumbuhan bakteri dirongga hidung sehingga dapat mengurangi gejala sinus. Penyakit sinus atau sinusitis sendiri adalah peradangan yang terjadi didalam hidung manusia.

Standart minimumnya atau idealnya membersihkan atau mencuci hidung dianjurkan sehari sekali atau bisa diualngi hingga dua kali sehari saat mengalami hidung tersumbat atau Pilek. Hal ini bertujuan untuk membersihkan lubang hidung dari kotoran dan bakteri dan mempercepat proses penyembuhan.

Kemudian manfaat lain dari mencuci hidung antara lain : mencegah terjadinya infeksi hidung dan mencegah alergi kambuh, mengencerkan lendir ketika pilek, memmbuat rongga hidung lebih lembab dan mengurangi bengkak disaluran hidung akibat peradangan. Mencuci hidung yang benar adalah dengan memasukkan air ke dalam lubang hidung kemudian menghirupnya kemudian setelah itu dikeluarkan.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa bagi setiap muslim apabila melaksanakan cara wudlu yang baik dan benar maka otomatis sudah melaksanakan mencuci hidung setiap harinya. Bahkan setiap hari setiap muslim sudah melakukan mencuci hidung sebanyak 5 kali. Didalam wudlu ada salah satu gerakan dimana memasukkan air ke dalam hidung yang banyak memiliki manfaat kesehatan yang setara dengan mencuci hidung secara medis. *Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu