x

Media Promosi Di Sosial Media Dan Literasi Digital Terhadap Kinerja Pemasaran

Iklan

Patrick Setiabudi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Maret 2023

Sabtu, 24 Juni 2023 08:02 WIB

Bingung Memasarkan Bisnis Retail Anda? Ikuti 7 Strategi Pemasaran Ini

Anda memiliki bisnis retail tapi masih bingung cara memasarkannya? Cari tahu 7 strategi dan tips pemasaran untuk bisnis retail anda untuk meningkatkan keuntungan dan efektivitas bisnis anda.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menerapkan strategi pemasaran yang tepat merupakan salah satu rencana bisnis yang harus dilaksanakan agar perusahaan tetap tampil maksimal. Pemasaran bisnis yang tepat dan kuat adalah yang membedakan bisnis retail yang sukses dengan bisnis yang gagal menarik banyak pelanggan.

Mengapa hal di atas begitu penting?

Karena perusahaan tanpa pemasaran yang baik tidak dapat menarik banyak pelanggan untuk menggunakan produk dan jasa yang ditawarkannya. Sehingga pada akhirnya akan berdampak pada penjualan dan kelangsungan usaha di masa mendatang.”

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Itu sebabnya Anda sangat membutuhkan strategi pemasaran yang akan membuat bisnis Anda lebih efektif dan menargetkan audiens yang tepat. Mari kita mulai dengan membahas cara-cara khusus dan strategi pemasaran agar lebih efektif.

1. Tentukan dan mulai dari target pasar anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengembangkan pemahaman yang kuat tentang orang-orang yang akan membeli produk tersebut. Orang yang membeli produk disebut target audiens. Ketika Anda mulai mengembangkan strategi pemasaran dan rencana bisnis Anda, Anda perlu mempertimbangkan audiens target Anda untuk memenuhi kebutuhan, kebiasaan, dan keinginan mereka.

Misalnya, Anda memiliki toko retail dan Anda menjual pakaian khusus wanita muda. Maka Anda harus mempertimbangkan tempat di mana banyak wanita muda dapat dengan mudah menemukan toko tersebut.

Tanpa pemahaman yang baik tentang target pasar, sangat sulit bagi seorang tenaga penjual untuk menyusun strategi dan rencana yang akan diterapkan di perusahaannya.

2. Miliki persona pada target pasar anda

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah di atas, Anda perlu membuat persona target pasar yang akan membantu Anda memahami cara terlibat dengan mereka dan membantu Anda menerapkan strategi pemasaran yang tepat.

Ada persona yang berbeda di pasar sasaran dan tidak semua orang dapat diberikan alat pemasaran yang sama untuk semua orang. Cari tahu berapa usia audiens target Anda, pendapatan rata-rata mereka, kebiasaan dan gaya hidup mereka. Beberapa hal ini sangat membantu Anda menentukan kepribadian audiens target Anda.

Pelanggan sangat membantu Anda menentukan media pemasaran yang tepat untuk mereka, mengkomunikasikan produk dan mencari tahu apa yang sebenarnya mereka inginkan dari produk dan layanan tersebut.

3. Jangan Lupa Branding!

Branding adalah cara bisnis apa pun menciptakan identitasnya secara keseluruhan dan bagaimana ia ingin dikenal oleh konsumen.

Anda perlu mengambil langkah-langkah yang akan membedakan Anda dari pesaing Anda. Produk dengan fitur yang tidak biasa menonjol dan membuat produk Anda menarik bagi konsumen. Atau perusahaan Anda menawarkan sesuatu yang unik yang tidak dapat ditemukan di toko lain.

Harus dipahami bahwa branding menciptakan loyalitas pelanggan dan membuat produk dan layanan lebih mudah diingat.

4. Apa yang membuat merek Anda berbeda?

Apa yang membedakan produk Anda dengan merek pesaing akan membangun dasar keunggulan kompetitif dan akan sangat berpengaruh terhadap pangsa pasar.

5. Menyesuaikan harga dengan pasar anda

Harga produk yang dijual memiliki pengaruh yang sangat penting pada keseluruhan bisnis. Harga yang kompetitif namun hasil yang jauh lebih baik tentunya akan menarik lebih banyak pelanggan untuk menggunakannya lagi dan lagi.

Saat menentukan harga jual Anda, jangan hanya fokus pada harga yang lebih rendah. Jika produk yang ditawarkan bernilai lebih tinggi, konsumen tetap ingin membeli produk tersebut. Fokus pada kualitas produk yang ditawarkan di pasar. 

6. Jangan berhenti melakukan promosi

Jika Anda bertanya apa fokus pemasaran, kami menjawab dengan iklan. Bisnis tidak akan bertahan lama jika tidak diimbangi dengan kampanye yang baik dan berkelanjutan.

Ada banyak saluran pemasaran yang bisa digunakan untuk menjalankan promosi seperti media sosial, email, dll. Ingatlah bahwa menjalankan promosi harus didasarkan pada audiens yang Anda tentukan sebelumnya di awal percakapan.

7. Terus mengembangkan dan menyempurnakan produk

Jika Anda ingin mengoptimalkan kinerja produk dan bisnis, masih ada pekerjaan yang harus dilakukan. Produk atau perusahaan yang tidak mau berkembang dan beradaptasi akan tertinggal dan kalah bersaing.

Temukan cara terbaru untuk meningkatkan penjualan. Ini harus tetap demikian meskipun Anda melihat penjualan terus berjalan dengan baik. Waktu berubah dan bersama mereka teknologi dan metode baru. Beberapa hal tersebut bisa Anda terapkan pada bisnis atau produk Anda agar tetap menarik bagi pelanggan. Jangan biarkan pelanggan Anda melupakan nilai unik perusahaan Anda. Gunakan pendekatan baru dan terapkan cara lain untuk menghasilkan lebih banyak penjualan dari sebelumnya.

Kesimpulan

Jadi bagaimana, apakah anda sudah menerapkan 7 strategi diatas dalam menentukan strategi pemasaran untuk bisnis retail? Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa bisnis retail terbaik adalah bisnis yang terus berkembang menjadi lebih baik. Ini dapat mencakup peningkatan kualitas produk, layanan yang lebih baik, peningkatan pangsa pasar dan metode unik. 7 cara di atas bisa dijadikan pedoman untuk menerapkan strategi pemasaran bisnis. Akan tetapi, tahukah anda bahwa ada satu strategi yang sangat efektif untuk meningkatkan bisnis retail anda? Jawabanya adalah Software ERP. Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan dengan software ERP anda dapat melakukan manajemen seluruh proses bisnis anda hanya dengan satu aplikasi yang terintegrasi dari keuangan dan akuntansi, pembelian dan penjualan, inventory, bahkan human resource termasuk untuk internal dan customer data. Sehingga anda akan dapat menerapkan sistem bisnis anda dengan lebih baik lagi. Dan satu rekomendasi software ERP yang dapat memenuhi itu semua adalah Ukirama ERP karena dengan harganya yang sangat terjangkau tetapi semua fiturnya sudah dapat anda peroleh untuk membantu proses bisnis anda. Semoga bermanfaat…

Ikuti tulisan menarik Patrick Setiabudi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu