x

Marah

Iklan

Lentera Pustaka

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Agustus 2019

Kamis, 10 Agustus 2023 07:39 WIB

Literasi Kemarahan, Nggak Capek Apa Marah-Marah Melulu?

Hey kamu, nggak capek apa marah-marah dan kecewa melulu? Kendalikan amarah, agar lebih tenang dan damai sekalipun dalam masalah

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Anda sedang marah? Atau dirundung rasa kecewa? Tidak apa dan boleh-beleh saja. Apalagi melihat tingkah orang yang menyebalkan. Marasa dizalimi atau direndahkan orang lain. Marah bahkan kecewa sangat lumrah terjadi. Marah itu manusiawi, kecewa pun lazim. Tapi di balik marah dan kecewa, tentu harus ada kemauan untuk mengendalikan diri. Agar mampu menahan marah lagi kecewa.

Di dekat kita, selalu saja ada orang-orang membuat marah. Orang yang perilakunya aneh. Tutur katanya menyakitkan. Bahkan menjadi “biang masalah”. Hingga jadi sebab permusuhan, perselisihan, bahkan kebencian. Semuanya berujung pada kemarahan, kekecewaan. Marah pasti ada dan terjadi. Kecewa pun pasti menghampiri. Bahkan, membaca tulisan orang yang dibenci pun bisa kok membuat Anda marah. Wajar saja dan tidak masalah. Tapi lagi-lagi, mampukah kita tetap sabar dan tenang di tengah suasana kemarahan?

Siapapun pasti punya masalah. Urusan apapun, pekerjaan, pendidikan atau pergaulan yang Anda “tuhankan” itu. Masalah pasti ada saja. Memang siapa sih di muka bumi yang tidak punya masalah? Silakan tunjuk tangan. Apalagi masalah yang sama sekali tidak diinginkan terjadi, pasti membuat marah dan kecewa. Selalu ada gejolak dalam hati dan pikiran, hingga dilampiaskan jadi kemarahan dan kekecewaan. Marah silakan, kecewa pun silakan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seperti yang dialami pegiat literasi di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak pun tidak luput dari rasa marah dan kecewa. Gimana tidak? Sekalipun taman bacaan tempat perbuatan baik, tiba-tiba ada orang yang memusuhi. Menebar titnah, bahkan membuat karangan cerita yang bukan fakta. Hingga mengganggu dengan “menjual tanah fasilitas taman bacaan”.  Nggak ada angon nggak ada hujan, taman bacaan dibeni. Apa salahnya taman bacaan? Mau marah nggak sih, emang Anda saja yang bsia marah.

Marah itu sebuah keniscayaan. Selalu ada marah di mana pun, dengan siapapun. Sangat wajar Anda marah. Sangat lazim Anda kecewa. Apalagi akibat perbuatan dan ulah orang lain. Tapi selagi tidak bisa dikendalikan, maka marah dan kecewa akan selalu bermukim di hati dan pikiran. Hati yang kotor, pikiran yang keruh. Akibat marah dan kecewa. Bahkan sering kali marah dan kecewa jadi penyakit. Menggerogoti hati dan pikiran, hingga terkena serangan jantung yang meregang nyawa. Hidup selalu terganggu. Sulit untuk realistis dan bahagia. Sungguh mengerikan marah itu!

Literasi marah dan kecewa. Belajarlah sesuatu yang baik dari setiap masalah yang terjadi. Berpikirlah positif dari ulah bobrok orang lain. Jagalah hati dari kebencian dan sikap permusuhan orang lain. Hilangkan marah dan kecewa di dalam diri. Tumbuhkan kesadaran untuk selalu menghadirkan rasa tenang dan damai. Pada jiwa dan raga kita. Fokuslah pada solusi, bukan masalah. Tetap sabar saat diperlakukan seperti apapun. Tetap jernih berpikir saat dimusuhi orang lain. Mungkin menurut Anda klise. Tapi cobalah, kendalikan marah an kecewa.  Sebagai tanda kita mau rendah hati dan menerima realitas. Sudah pasti, selalu ada yang membuat marah. Karena tidak semua orang pasti senang kepada kita. Biarkanlah yang benci, biarkan yang memusuhi. Karena itu bukan urusan kita tapi urusan mereka.

Meredam marah, kendalikan kecewa itu balasannya sangatlah luar biasa. Dan ketahuilah, bukan kita saja yang pernah sakit. Bukan kita doang yang punya masalah. Bahkan bukan hanya kita yang disinggahi musibah. Semua orang pun sama. Hanya caranya berbeda-beda. Maka kabarkan pada diri kita sendiri. Bahwa sebelum Bahagia itu ada derita yang harus dibayar. Sebelum gembira itu ada duka yang harus dinikmati. Ketika masa sulit datang jangan melihat ke depan apalagi membandingkan. Tapi sebaliknya, saat sulit tengoklah ke belakang, sebanyak apa nikmat dan anugerah yang sudah kita gapai.

Jadi, jangan terlalu banyak marah. Jangan terlalu sering kecewa. Karena marah dan kecewa tidak pernah menyelesaikan masalah. Apalagi emosi yang meluap-lupa setiap waktu. Hukumnya sederhana, hanya orang yang selalu marah-marah yang akan merugi. Kendalikan marah pada diri, jangan biarkan orang membuat marah hingga kita menjelma jadi orang yang tidak mengenali dirinya sendiri.

Lebih baik menangis dalam diam daripada marah. Karena dapat membersihkan hati. Lagi pula bertanyalah, “nggak capek apa marah-marah tiap hari?”. Nggak capek apa kecewa melulu? Lalu, kapan berbuat baik dan menambah amal ibadah? Salam literasi #PegiatLiterasi #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka

Literasi Kemarahan

 

Ikuti tulisan menarik Lentera Pustaka lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

21 jam lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

21 jam lalu