x

Mahasiswa KKN UNDIP melakukan sesi photoshoot produk dari UMKM

Iklan

Ida Bagus Indra Dewangkara

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Jumat, 11 Agustus 2023 18:04 WIB

5 Kiat Memilih UKM yang Tepat bagi Mahasiswa Baru

Anda mahasiswa baru? Temukan lima kiat atau tips untuk menemukan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang tepat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Memasuki dunia perkuliahan adalah langkah besar dalam hidup seorang mahasiswa baru. Selain fokus pada studi akademis, terlibat dalam kegiatan di luar kelas seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dapat menjadi pengalaman berharga yang dapat membentuk kepribadian, keterampilan, dan jejaring sosial.

Memilih UKM yang tepat adalah langkah penting dalam memaksimalkan pengalaman perkuliahan. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan apa saja lima kiat atau tips penting bagi mahasiswa baru dalam memilih UKM yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Kenali Minat dan Bakat Anda

Langkah pertama dalam memilih UKM yang tepat adalah mengenali minat dan bakat pribadi. Saran saya, cobalah jawab beberapa pertanyaan berikut:

  • Apa saja hobi atau kegiatan yang membuat Anda bersemangat?
  • Apakah Anda suka berbicara di depan umum, berpartisipasi dalam kegiatan sosial, atau mengembangkan keterampilan kreatif?
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ketika Anda telah memiliki kedua jawaban di atas, berarti Anda telah mengetahui minat dan bakat Anda. Setelah itu, silakan cocokkan minat dan bakat Anda tersebut dengan daftar UKM yang ada.

2. Riset UKM yang Tersedia

Lanjutan dari yang pertama, Anda juga perlu melakukan riset UKM yang tersedia di kampus Anda. Hal ini dikarenakan banyak kampus yang memiliki UKM berbeda-beda.

Telitilah UKM yang tersedia di kampus Anda dan cari informasi tentang jenis kegiatan yang mereka adakan, misi dan visi mereka, serta pencapaian yang telah mereka raih. Riset yang Anda lakukan ini akan membantu Anda memahami apakah UKM tersebut sesuai dengan minat dan tujuan Anda.

3. Tentukan Tujuan Anda

Yang ketiga, Anda harus mengetahui apa tujuan Anda untuk memilih UKM. Pertanyaan yang membantu Anda menemukan jawaban ini adalah "Apakah Anda ingin mengembangkan keterampilan baru, memperluas jaringan sosial, atau mungkin ingin berkontribusi pada masyarakat?"

Menetapkan tujuan yang jelas akan membantu Anda memilih UKM yang sesuai dengan apa yang ingin Anda capai selama masa perkuliahan.

4. Hadiri Pertemuan dan Pengenalan UKM

Cara terbaik untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang UKM adalah dengan menghadiri pertemuan atau pengenalan yang diadakan oleh UKM tersebut.

Hal ini diperlukan untuk mengetahui program-program yang mereka tawarkan dan merasakan atmosfer awal dari UKM tersebut. Anda juga dapat mengajukan pertanyaan langsung kepada anggota UKM untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

5. Pertimbangkan Waktu dan Komitmen

Sebelum Anda memutuskan untuk bergabung dengan UKM, pertimbangkan juga waktu dan komitmen yang diperlukan. Pastikan bahwa jadwal kegiatan UKM tidak akan bentrok dengan jadwal perkuliahan atau tanggung jawab lain yang Anda miliki.

Memiliki keseimbangan antara akademis dan kegiatan ekstrakurikuler adalah kunci untuk meraih kesuksesan secara holistik.

Berikut tadi adalah lima kiat atau tips yang bisa Anda lakukan untuk menemukan UKM yang tepat. Selain lima kiat di atas, Anda juga berhak mencari informasi lebih lanjut agar UKM yang dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai mahasiswa baru.

 

Ikuti tulisan menarik Ida Bagus Indra Dewangkara lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu