Mahasiswa KKN STKIP Syekh Manshur Edukasi Siswa/i untuk Stop Bullying di Desa Sobang

Rabu, 30 Agustus 2023 06:05 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sosialisasi Stop Bullying di Era Digitalisasi Mahasiswa KKN edukasi Siswa i di Desa Sobang

 

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pandeglang - Mahasiswa KKN Kelompok 6 STKIP Syekh Manshur Berikan Edukasi kepada siswa melalui kegiatan Sosialisasi Stop Bullying di Era Digitalisasi bersama Ratna Dewi, S.E M.Pd. Acara ini dihadiri kepala desa dan kepala sekolah se Desa Sobang, Selasa (29/08/2023).

 

Program sosialisasi berlangsung di Aula Kantor Desa Sobang dan diikuti oleh 50-an siswa/ i dari delegasi setiap sekolah yang ada di Desa Sobang. 

 

Perilaku bullying sudah menjadi salah satu masalah sosial yang sering ditemukan di kalangan anak-anak sekolah. Beberapa perilaku bullying seperti mengejek, mengucilkan, mengancam serta menyerang secara fisik maupun verbal menjadi hal yang sering dilakukan sebagian besar anak-anak untuk mengekspresikan dirinya. Terutama pada era digital saat ini dimana anak dapat dengan mudah menemukan tontonan dan contoh perilaku tersebut di sekitar tanpa pengarahan. 

 

Pada kesempatan menjadi Narasumber, Ratna Dewi, S.E., M.Pd menyampaikan "Bullying merupakan fenomena yang kerap kali terjadi di lingkungan anak-anak dan remaja. Dampak bullying bisa menyebabkan anak menjadi tidak percaya diri, mengalami gangguan kecemasan, hingga memicu keinginan bunuh diri"

 

"Kondisi ini disebabkan karena korban bullying sudah tidak sanggup merasakan tekanan emosional, dan sudah merasa putus asa akibat perundungan. Selain itu, kurangnya dukungan dari keluarga, bantuan dari pihak sekolah, hingga tidak adanya bantuan psikologis, juga bisa memicu tindakan bunuh diri pada korban bullying" Tuturnya

 

Lebih lanjut, Ratna Dewi, S.E., M.Pd uga menjelaskan tentang macam macam Bullying dan cara mengatasinya.

 

Kepala Desa, Hasanudin, S.IP dalam sambutannya menyampaikan bahwa sosialisasi ini merupakan kegiatan positif yang patut diapresiasi. "Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Mahasiswa yang telah menggagas sosialisasi ini. Semoga dengan adanya program atau sosialisasi ini, anak-anak mulai bisa saling menghargai dan tentu saja itu juga akan berorientasi terhadap siswa agar mentalnya lebih sehat,” Pungkasnya

Bagikan Artikel Ini
img-content
Dian Ardiansyah

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler