x

Rikhardus Roden sedang bicara tentang aksi - aksi mitigatif dan adaptif konteks Manggarai Timur untuk mengurangi dampak Perubahan Iklim,Mbolata, Sabtu (5/8/2023)

Iklan

Rikhardus Roden Urut Kabupaten Manggarai-NTT

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Oktober 2022

Kamis, 7 September 2023 08:28 WIB

Bersama-sama Kita Bisa

Petrus tak sekian nekat bertarung sendiri demi kelimpahan rejeki yang diperoleh. Apa arti semua kelimpahan ikan seandainya ada ancaman nyata bahwa jala mulai koyak dan  perahu hampir tenggelam?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

BERSAMA-SAMA KITA BISA

 

Apakah karena "jala mereka mulai koyak," makanya Petrus dan kawan-kawannya segera memberi isyarat kepada yang lain "supaya mereka datang membantu?" Mari kita renungkan pada spirit sebaliknya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

MEMBERI isyarat kepada yang lain, tak sekedar dipahami sebagai akibat dari ketakberdayaan dan keterbatasan manusiawi. Tidak! Petrus tak sekian nekat bertarung sendiri demi kelimpahan rejeki yang diperoleh. Apa arti semua kelimpahan ikan seandainya ada ancaman nyata bahwa 'jala mulai koyak dan  perahu hampir tenggelam?'

 

PETRUS tak ingin berkelimpahan dalam ancaman. Ketamakan demi diri sendiri dan demi 'kelompok perahunya' tak ada di dinding hatinya. Petrus ingin bersolider dengan 'teman-temannya di perahu lain' yang bisa saja di sepanjang malam itu juga alami nasib 'tak menangkap apa-apa.'

 

GEREJA dalam konteks apa saja, tentu tak terbaca sebatas komunio - persekutuan yang dikampling dalam 'hak dan kewajiban ini dan itu' yang telah dipastikan! Tak boleh hanya sebatas itu. Persekutuan atau komunio Gereja yang hidup selalu lahir dari karakter dan dinamika kolaborasi (kerjasama).

 

"PERINTAH  menangkap ikan," amanat pewartaan dan memberikan kesaksian injili diberikan Tuhan bagi segenap Gereja, bagi semua murid-murid  Tuhan sebagai satu persekutuan. Sebab itulah persekutuan yang benar adalah 'persekutuan yang saling memanggil.' 

 

GEREJA sepantasnya bebas dari jebakan dan kecenderungan 'single fighter' yang bernuansa 'urus sendiri, atur sendiri dan buat sendiri.' Gereja adalah kebersamaan, kekitaan dalam ziarah iman-harapan-kasih, dalam tugas dan panggilan sebagai murid Tuhan.

 

MAKA, kisah Petrus yang memberi isyarat kepada teman-teman lain itu tetap menjadi isyarat bagi semua kita. Demi saling bersuara menuju kerjasama yang paten, penuh keakraban, dan dalam semangat Kasih Persaudaraan. Karenanya, singkirkan debu tak libatkan sesama atau orang tertentu hanya karena ia tak berkenan di hati kita.

 

Verbo Dei Amorem Spiranti

Tuhan memberkati.

Amin

Ikuti tulisan menarik Rikhardus Roden Urut Kabupaten Manggarai-NTT lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu