Manusia dan Simpanse

Rabu, 13 September 2023 08:51 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perilaku membantu merupakan sifat bawaan yang sudah ada pada seorang anak manusia, maupun simpanse, sejak ia dilahirkan.

Pada tahun 2006, Felix Warneken dan Michael Tomasello, peneliti antropologi dari Jerman, melakukan eksperimen tentang perilaku membantu pada 24 bayi manusia berumur 18 bulan. Temuannya, bayi tersebut cukup siap membantu orang lain dalam berbagai situasi yang berbeda.

Mereka juga melakukan eksperimen pada binatang, yakni tiga ekor simpanse, masing-masing berumur 36, 54, dan 54 bulan. Peneliti mengamati perilaku membantu pada ketiga hewan primata tersebut. Temuannya, ternyata pada Simpanse juga memiliki sifat membantu, bahkan bertindak relatif lebih cepat. Tetapi dalam hal makanan, mereka tetap tidak mau saling berbagi antara sesama. Namun demikian, perilaku membantu pada simpanse tidak sekuat bangsa manusia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sehingga disimpulkan bahwa perilaku membantu merupakan sifat bawaan yang sudah ada pada seorang anak manusia, maupun simpanse, sejak ia dilahirkan. Dalam hal makanan bahwa simpanse tidak mau berbagi, hal itu dimaklumi karena tujuan hidup mereka adalah untuk itu, sedangkan manusia bukanlah demikian.

Jadi, logikanya apabila ada manusia yang enggan saling membantu sesama, maka kualitasnya berada di bawah simpanse. Padahal Nabi Muhammad saw pernah mengatakan: “Barang siapa yang melapangkan satu kesulitan terhadap sesama muslim, maka Allah akan melapangkan satu dari beberapa kesulitannya pada hari kiamat”. Wallahualam Bissawab.

Referensi: (1) Warneken, F., & Tomasello, M. (2006). Altruistic Helping in Human Infants and Young Chimpanzees. Science, 311 (March), 1301–1303; (2) Shabir, M. (2004). Terjemah Riyadhus Shalihin (Jilid I). PT Karya Toha Putra Semarang.

 

Bagikan Artikel Ini
img-content
Zainal Putra

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua