Manfaat Membaca Secara Nyaring

Senin, 25 Desember 2023 06:42 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jika dilakukan secara benar, membaca nyaring akan banyak manfaatnya.

Membaca termasuk kebutuhan yang sangat penting bagi manusia, mengapa? Karena dengan membaca, seseorang dapat mengetahui apa yang sebelumnya tidak diketahui. Dengan berkembangnya zaman dan canggihnya teknologi, seseorang dapat dengan mudah memperoleh dan membaca sebuah informasi.

Membaca memiliki banyak manfaat, diantaranya mendapatkan banyak ilmu baru, informasi baru, menambah wawasan dan pengetahuan, dapat merangsang sel-sel otak, menumbuhkan daya cipta, menambah kosa kata yang belum diketahui, dan sebagainya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ada beberapa cara saat kita ingin membaca, yaitu dengan membaca nyaring atau bersuara, membaca dalam hati, membaca cepat, membaca kritis, membaca kreatif, membaca intensif, dan membaca ekstensif. Dalam artikel ini, kita akan membahas salah satu cara membaca yaitu membaca dengan bersuara atau membaca nyaring.

Menurut KBBI membaca adalah melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis (dengan melisankan atau hanya dalam hati). Sedangkan nyaring menurut KBBI adalah keras, tinggi, dan terang (tentang suara, bunyi), lantang. Maka, dapat disimpulkan bahwa membaca nyaring merupakan kegiatan melihat serta memahami isi pada bacaan dengan nada keras, tinggi dan lantang.

Menurut Broughton membaca nyaring merupakan suatu keterampilan yang serba rumit, kompleks, banyak seluk-beluknya. Membaca nyaring itu pada hakekatnya merupakan suatu masalah lisan atau oral matter. Oleh karena itu maka khusus dalam pengajaran bahasa asing, aktivitas membaca nyaring lebih dekat ditunjukan pada ucapan (pronountation) dari pada ke pemahaman (comprehension).

Metode membaca ini juga bisa melibatkan perasaan dari isi bacaan. Dengan menampilkan perasaan dari yang dibaca, pendengar atau teman-teman sendiri bisa benar-benar memahami isi bacaan. Metode membaca nyaring sangat cocok digunakan untuk membacakan sebuah dongeng di depan banyak orang. Membaca nyaring yang dilakukan dengan benar akan memberikan banyak manfaat untuk orang lain dan diri sendiri.

Lalu apa saja manfaat dari membaca nyaring? Manfaatnya yaitu dengan melakukan membaca nyaring bisa membantu meningkatkan daya ingat. Hal itu terjadi karena saat membaca, kita juga mendengar kembali setiap kata yang diucapkan. Cara ini sangat cocok untuk tipe orang yang belajar dengan auditori atau mendengarkan. Selain itu, membaca nyaring juga akan melatih ekspresi wajah agar bisa lebih mudah dimengerti. Membaca nyaring juga akan menuntut kita untuk bisa memahami isi dari bacaan sehingga secara tidak langsung melatih imajinasi.

Bila tertarik ingin mendapatkan manfaat dari membaca nyaring, berikut cara melakukan membaca nyaring dengan benar:

  1. Suara Nyaring

Saat akan membaca nyaring, tentu harus menggunakan suara yang nyaring atau keras. Bila nantinya membaca nyaring di depan kelas, pastikan seluruh isi kelas bisa mendengar suara kita. Namun, bila hanya membaca untuk beberapa orang, kita bisa atur intonasi untuk lebih rendah.

  1. Membaca Lancar

Dalam membaca nyaring, kelancaran dalam membaca adalah hal penting. Membaca yang tidak lancar akan membuat pendengar sulit memahami hal yang kita sampaikan.

  1. Pelafalan Jelas

Selain lancar, pelafalan setiap kata haruslah jelas. Pelafalan yang tidak jelas akan membuat orang yang mendengar salah mengartikan kata yang didengar.

  1. Intonasi Tepat

Membaca nyaring akan nyaman didengarkan bila ditambahkan intonasi yang tepat. Naik turunnya nada pada setiap kata atau kalimat akan membuat pendengar tertarik. Sehingga orang yang mendengar pun akan fokus kepada kita yang sedang membaca.

  1. Tanda Baca Sesuai

Selain membaca setiap kata, perlu juga kita memperhatikan tanda baca. Tanda baca juga harus dibaca dengan benar agar para pendengar tidak bingung. Contoh saat ada tanda titik (.), perlu berhenti sejenak, sedangkan tanda koma (,) berarti harus memberikan jeda sebentar saat membaca. Begitu pula dengan tanda seru (!) dan tanda tanya (?).

  1. Ekspresi

Sama seperti intonasi, untuk lebih mendalam kita bisa menambahkan ekspresi yang sesuai saat membaca nyaring. Perpaduan ekspresi dan intonasi akan membuat banyak pendengar tertarik.

  1. Memahami Isi Bacaan

Yang terakhir sebelum membaca nyaring, kita tentunya perlu memahami isi bacaan. Dengan memahami isi bacaan, kita bisa membaca dengan lebih nyaman dan santai.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Meyliana Putri

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

Manfaat Membaca Secara Nyaring

Senin, 25 Desember 2023 06:42 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua