Mencetak Kader IPPNU yang Inklusif, Masif dan Inovatif di Kegiatan Lakut PW IPPNU DIY 2023

Kamis, 28 Desember 2023 06:53 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Lakut merupakan jenjang kaderisasi tertinggi dalam lingkungan IPPNU.

Latihan Kader Utama (Lakut) merupakan jenjang kaderisasi tertinggi yang ada di IPPNU. Lakuy ini diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Daerah Istimewa Yogyakarta bertempat di SKB Bantul, berlangsung pada tanggal 22-25 Desember 2023. Lakut ini diikuti 22 peserta terdiri dari internal DIY dan luar DIY seperti Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Lakut  mengusung tema Pemimpin Inklusif Menunu Indonesia Emas 2024 dengan harapan agar para peserta memiliki ketajaman berpikir dalam mempersiapkan strategi menghadapi Indonesia e
Emas 2045 mendatang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lakut PW IPPNU DIY mempersiapkan pemimpin perempuan inklusif, masif dan innovatif. 

Materi yang disuguhkan bermanfaat serta dapat membuka wawasan baru salah satunya mengenai penguatan perspektif gender, yang disampaikan oleh Ibu Khotimatul Husna, S. Ag. Bahwa betapa pentingnya paham keadilan gender untuk semua kalangan. Karena dari zaman Nabi kedudukan manusia dimuliakan, tanpa memandang jenis kelamin. 

Perspektif gender di integrasikan dengan materi-materi lainnya, seperti Advokasi Kebijakan Publik, yang disampaikan oleh Ibu Khotim, "kita harus bisa menegakkan hukum yang berpihak pada perempuan". 

Pada kesempatan materi lainnya, peserta mendapatkan wawasan tentang mengelola media sebagai sarana berdakwah. Mba Muyas sapaan akrab Siti Muyassarotul Hafidzoh, mengatakan bahwa "kita harus memanfaatkan kemajuan teknologi untuk berdakwah namun jangan tinggalkan media media yang sudah ada dari dulu contohnya adalah majelis-majelis ilmu, yang masih relevan dan efektif untuk berdakwah".

Tak hanya itu, materi ideologi-ideologi dunia menjadi salah satu materi berat dan paling diminati peserta, terlihat saat antusias peserta dalam mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. 

Materi tersebut meliputi ideologi secara definitif, jenis-jenis ideologi, peran Islam dalam Pancasila, hingga hubungan ideologi pancasila dengan Aswaja. 

Setiap materi, pelatih memberikan post test yang bertujuan sebagai tolak ukur seberapa jauh peserta memahami materi. 

Sehingga dapat disimpulkan materi yang terdapat dalam LAKUT PW IPPNU DIY sangat relevan dalam membentuk perempuan dalam menyongsong Indonesia Emas 2024.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Ananda Khoirunnisa

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler