x

Iklan

Nengsih

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Februari 2024

Rabu, 28 Februari 2024 17:56 WIB

Pesona Alam Pantai Linau, Keindahan Tak Tergantikan di Kabupaten Kaur, Bengkulu

Pantai Linau, yang terletak di Desa Maje di Kabupaten Kaur, menjadi destinasi pantai pertama yang dapat dijangkau ketika melewati Pelabuhan Bintuhan dan melalui Jalan Lintas Barat Sumatera.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pantai Linau, yang terletak di Desa Maje di Kabupaten Kaur, menjadi destinasi pantai pertama yang dapat dijangkau ketika melewati Pelabuhan Bintuhan dan melalui Jalan Lintas Barat Sumatera. Lokasinya yang berada di jalur antar provinsi membuatnya mudah diakses karena berdekatan dengan jalan raya.

Nama pantai ini sudah tidak asing bagi penduduk Kaur. Selain terkenal dengan pasir hitam dan airnya yang jernih, pantai ini juga populer dengan atraksi kuliner yang unik, seperti menangkap gurita menggunakan alat tradisional dan mengolahnya menjadi sate.

Saat berkunjung ke Pantai Linau, Anda akan menemukan keasyikan bermain di antara liukan pasir hitam dan putihnya. Rasanya seperti berada di salah satu pantai tercantik di Tanah Air dengan beragam atraksi unik yang jarang ditemui oleh wisatawan lokal. Pastinya, Anda akan terpesona dengan semua yang ditawarkan di sana.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Linau

1. Spot Foto Terbaik

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pantai Linau merupakan salah satu lokasi foto terbaik bagi banyak wisatawan yang menghabiskan waktu liburan di Desa Linau. Jika Anda ingin mendapatkan latar belakang foto yang jelas dan indah, disarankan untuk mengunjunginya pada siang hari. Pada waktu itu, keindahan langit biru sangat memukau.

Ditambah lagi, air lautnya menampilkan warna kebiruan yang sangat jernih. Anda bisa mengambil foto selfie yang menampilkan langit dan air laut dengan warna yang serasi, menciptakan estetika yang menarik. Untuk foto yang lebih menarik, Anda juga bisa memperlihatkan perahu-perahu nelayan yang mengapung di laut.

2. Batuan Berbentuk Kotak

Yang sangat unik dan jarang dijumpai di pantai lain adalah keberadaan batuan berbentuk kotak yang tersusun rapi di tepi Pantai Linau, seolah menjadi pembatas antara daratan dan lautan. Jumlahnya yang banyak menarik perhatian para wisatawan.

Batu-batu berbentuk kotak tersebut bukan hanya sekedar hiasan, tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh wisatawan sebagai tempat duduk sambil menikmati pemandangan air laut yang jernih. Meskipun kuat dan tidak mudah runtuh, tetaplah waspada dan berhati-hati saat menggunakannya.

3. Udaranya Menyegarkan

Tak hanya menyegarkan dengan airnya yang segar, udara di sekitar Pantai Linau juga memberikan kesegaran. Salah satu alasan adalah karena pantai ini dikelilingi oleh pepohonan dan tanaman hijau yang melimpah. Selain menyegarkan, udara di sana juga terasa bersih.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai

Perjalanan menuju Pantai Linau memang agak melelahkan. Terletak di Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, tepatnya di Desa Linau, Kecamatan Maje. Ada dua rute utama untuk mencapai lokasi ini, yaitu dari Kota Lampung (Krui) dan dari Kota Bengkulu.

Rute pertama dari Lampung memiliki kelebihan karena terdapat bandara perintis yang dapat diakses oleh pesawat ringan, seperti Susi Air, dan pesawat perintis milik negara, seperti NBA atau Nusantara Buana Airlines.

Dari Lampung, Anda dapat mencapai lokasi wisata melalui jalur darat yang memakan waktu sekitar 3 jam dengan kendaraan. Alternatif kedua adalah dari Kota Bengkulu, menggunakan angkutan umum berupa travel yang memakan waktu perjalanan sekitar 5 hingga 7 jam.

Untuk biaya travel dari Kota Bengkulu, berkisar antara 75 hingga 100 ribu per orang per perjalanan menuju Kota Bintuhan di Lampung. Dari Bintuhan, wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum lain seperti angdes, namun perlu kesabaran ekstra karena harus menunggu penumpang lainnya.

Pilihan terbaik untuk perjalanan dari Kota Bengkulu adalah menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil maupun sepeda motor. Menggunakan sepeda motor akan menjadi pilihan yang lebih terjangkau, karena memungkinkan untuk menikmati panorama sepanjang perjalanan lintas dengan lebih leluasa.

Karena perjalanan memakan waktu yang cukup lama, disarankan untuk memulai perjalanan tepat sebelum waktu subuh jika Anda berencana kembali ke Kota Bengkulu pada hari yang sama. Google Maps adalah aplikasi penunjuk arah yang sangat direkomendasikan untuk membantu Anda saat melakukan perjalanan ke pantai ini.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Linau

Tentu saja, terdapat tiket masuk bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Pantai Linau yang menawan ini. Namun, nominalnya sangat terjangkau dan tidak akan membuat wisatawan merasa rugi. Hanya dengan membayar 5 ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati beragam keseruan di kawasan pantai ini.

Banyak wisatawan, terutama yang berasal dari luar pulau dan bahkan luar negeri, terkejut dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Meskipun harganya murah, pengalaman yang ditawarkan oleh pantai ini tidak akan mengecewakan para wisatawan.

Aktivitas yang Seru di Pantai Linau

1. Menikmati Keindahan Pantai yang Bersih dari Sampah

Teluk di Desa Linau yang menjadi bagian dari Pantai Linau memang alami dan sangat bersih. Di sana, tidak akan ditemukan sampah plastik yang dapat mengganggu pemandangan. Bahkan, dari gerbang masuk hingga tepian pantai, dataran landainya hanya tertutupi oleh pasir.

Pemandangan yang bersih dan indah di Pantai Linau, Kaur, ini pastinya membuat setiap wisatawan merasa rileks dan meninggalkan kesan yang mendalam. Keindahan yang ditampilkan seakan menambah daya tarik magis pantai ini dengan lingkungan yang bersih dan terjaga. Semuanya memberikan suasana yang adem dan menyejukkan.

Sebidang pasir lapang di pantai yang berdekatan dengan Pelabuhan Bintuhan ini menjadi halaman yang sempurna untuk membiarkan pikiran beristirahat sejenak. Di sana juga terdapat batuan berbentuk balok persegi empat yang bisa digunakan sebagai tempat duduk. Namun, perlu diperhatikan bahwa kadang-kadang binatang ternak milik penduduk dapat ditemui berkeliaran di beberapa sudut pantai ini.

2. Menangkap & Menyantap Sate Gurita

Beberapa gubug warung makan sederhana yang terdapat di Pantai Linau menawarkan menu makanan spesial khas Kabupaten Kaur, yaitu sate gurita. Ketika wisatawan berkunjung, mereka dapat menyaksikan aksi para nelayan menangkap gurita. Setelah puas dengan hasil tangkapan, pemilik warung langsung memasaknya.

Kuliner sate gurita ini menjadi daya tarik tambahan dari objek wisata pantai tersebut. Destinasi ini menjadi tempat mencari kuliner bagi masyarakat lokal maupun wisatawan dari luar. Sambil menikmati sate yang lezat, pengunjung dapat menyaksikan kesibukan para nelayan, mulai dari membersihkan perahu, mengangkut ikan, hingga mengayuh kapal menuju Pelabuhan Bintuhan.

3. Renang di Tepi Pantai

Karena berada di teluk, pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang, menjadikan kegiatan berenang aman untuk dilakukan. Jika Anda tertarik untuk menikmati keindahan panorama bawah laut, disarankan untuk menyewa perahu motor.

Perahu motor yang disewa akan membawa Anda ke spot snorkeling. Namun, keindahan bawah lautnya tidak sebanding dengan Pulau Bunta karena sebagian area telah digunakan sebagai kawasan Pelabuhan Bintuhan, yang juga mempengaruhi kondisi terumbu karang di sekitarnya. Meskipun demikian, Anda tetap akan menemukan ikan-ikan yang cantik mengiringi Anda saat snorkeling di sana.

Fasilitas yang Tersedia di Sekitar Pantai

Fasilitas yang tersedia di Pantai Linau cukup memadai untuk dinikmati oleh wisatawan. Meskipun tidak lengkap, beberapa fasilitas yang tersedia sudah cukup layak dan memadai. Terlebih lagi, fasilitas memiliki peran yang sangat penting dalam kenyamanan dan keamanan wisatawan di tempat wisata.

Jika Anda membutuhkan penginapan, terdapat sejumlah losmen atau penginapan dengan harga terjangkau dan fasilitas yang nyaman di Bintuhan. Tentang fasilitas makanan, Anda tidak perlu khawatir karena pantai ini memiliki beberapa warung makan. Menu unggulannya adalah sate gurita khas Kabupaten Kaur.

Menu tersebut tersedia dengan harga yang sangat terjangkau untuk satu porsi, sekitar 20 ribu rupiah. Biasanya, wisatawan dari Kota Bengkulu tidak akan melewatkannya saat berkunjung. Selain itu, fasilitas lainnya termasuk jembatan kokoh yang terdapat di pantai tersebut.

Demikianlah informasi mengenai Pantai Linau seperti yang dikutip laman indobet88, semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Nengsih lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB