x

Iklan

Rina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 April 2024

Kamis, 4 April 2024 08:06 WIB

Yuk, Ikuti Beberapa Cara Menurunkan Berat Badan Saat Berpuasa

Setiap muslim, khususnya wanita yang berpuasa di bulan Ramadhan, tentu mempunyai harapan lebih. Selain berlomba-lomba beribadah untuk mendapatkan pahala yang banyak

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Setiap muslim, khususnya wanita yang berpuasa di bulan Ramadhan, tentu mempunyai harapan lebih. Selain berlomba-lomba beribadah untuk mendapatkan pahala yang banyak, mereka juga menjadikan puasa sebagai sarana diet agar bisa menurunkan berat badan secara drastis. Namun kenyataannya berbeda. 

Tak sedikit wanita yang mengalami kegagalan diet, yakni berat badannya tidak turun malah bertambah. Padahal, ia sudah berhati-hati sejak hari pertama puasa. Hal ini tak jarang membuat mereka kesal bahkan stres. Pertambahan berat badan dalam waktu singkat bisa terjadi kapan saja. 

Namun, umumnya hal ini disebabkan oleh gaya hidup yang salah. Jika Anda termasuk orang yang mengalami kasus serupa, segera ubah gaya hidup Anda sebelum terlambat. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa Cara Menurunkan Berat Badan saat puasa Ramadhan. 

Cara Menurunkan Berat Badan Saat Berpuasa

Atur Jadwal Makan Dengan Benar

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di bulan Ramadhan pun, Anda harus tetap mengatur jadwal makan Anda dengan baik seperti biasanya, yakni dengan membagi waktu makan tiga kali sehari. Tentu saja ada perbedaan waktu pelaksanaannya.

Misalnya saja makan sahur seperti sarapan pagi atau sarapan pagi, berbuka dengan makan makanan ringan yang cukup, dan makan malam setelah menunaikan shalat maghrib. Dengan mengatur jadwal makan seperti ini, pencernaan akan tetap berjalan dengan baik.

Pastikan Karbohidrat Kompleks Tercukupi

Banyak orang yang beranggapan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dapat mempermudah penambahan berat badan, sehingga mereka memutuskan untuk menolak makanan tersebut. Hal tersebut tidak benar, nyatanya mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks saat berpuasa sangat diperlukan.

Pasalnya serat yang terkandung di dalamnya menjaga kesehatan sistem pencernaan, antara lain dapat meningkatkan kadar glukosa darah, dapat membantu menjaga kestabilan tubuh dan mampu menetralkan kadar asam pada lambung sehingga dapat mengurangi rasa sakit pada lambung.

Pastikan Anda mendapatkan cukup karbohidrat kompleks dengan memilih makanan yang Anda sukai, misalnya oatmeal, nasi merah, kentang, pisang, jagung, ubi, roti gandum, buah, kacang-kacangan, sayur mayur dan lain sebagainya.

Kurangi Mengonsumsi Makanan Manis

Jika berbicara mengenai menu makanan saat berbuka puasa, tentu banyak orang yang menyukai makanan manis seperti coklat, kolak pisang, dan lain-lain. Sebenarnya konsumsi makanan manis boleh saja, namun jika berlebihan dapat menyebabkan obesitas karena dapat meningkatkan jumlah insulin dalam tubuh yang juga akan meningkatkan produksi lemak.

Apalagi jika berlebihan dapat menghambat hormon leptin sehingga tidak bisa membuat yang mengkonsumsinya merasa kenyang dan kalori yang terkandung dalam gula juga kosong. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar memilih makanan manis, usahakan memilih makanan yang memiliki rasa manis alami dan tidak berlebihan. Makanan manis alami yang bisa dikonsumsi antara lain kurma, madu, buah atau jus buah. 

Hindari Makan Gorengan

Siapa sih yang tidak suka dengan gorengan, rasanya yang lezat dan renyah membuat banyak orang menyukainya, menjadikan gorengan sebagai menu favorit atau menu wajib saat berbuka puasa. Padahal, gorengan yang Anda beli atau buat sendiri banyak mengandung minyak dan bumbu penambah rasa sehingga bisa menambah lemak tubuh.

Jika tidak ingin menambah berat badan, sebaiknya hindari makan gorengan. Gantilah menu tersebut dengan menu makanan yang lebih sehat, seperti makanan yang direbus, dipanggang, sayur, buah dan lain sebagainya.

Lakukan Olahraga Kecil Secara Rutin

Olahraga sangatlah penting, salah satu manfaatnya adalah membakar lemak dalam tubuh. Lakukan secara rutin dengan membagi waktu dua kali sehari yaitu pada pagi hari atau setelah sholat subuh dan sore hari setelah pulang kerja.

Cukup lakukan sedikit olah raga selama 15-30 menit seperti jalan kaki sebentar, yoga dan lain sebagainya. Dengan begitu, metabolisme tubuh tentunya akan tetap terjaga dengan baik, pikiran akan segar dan tentunya banyak kalori dalam tubuh yang terbakar.

Wajib Makan Sahur

Mengingat dari pagi hingga sore hari Anda akan melakukan berbagai macam aktivitas di luar rumah, pastikan terlebih dahulu tubuh Anda tercukupi nutrisinya. Sebab saat bulan puasa tubuh Anda akan membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya.

Jadi, sangat dianjurkan untuk makan sahur dengan mengonsumsi makanan bergizi sebelum berpuasa untuk menunjang tubuh agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Selain itu lengkapi dengan buah-buahan dan air secukupnya. Sehingga aktivitas berjalan lancar tanpa rasa lemas atau lelah berlebihan.

Buka Puasa Dengan Makanan Berserat

Agar tubuh tetap bugar meski berpuasa lebih dari 12 jam, selain mengonsumsi makanan bergizi saat sahur, hal serupa juga penting dilakukan saat berbuka. Utamakan konsumsi makanan yang tinggi serat dan mengandung vitamin serta anti oksidan, seperti sayur dan buah, agar kebutuhan vitamin tubuh tetap tercukupi dan tentunya kenyang lebih lama.

Membuat Anda tidak lagi lapar hingga subuh. Tidak ada salahnya menurunkan berat badan untuk mendapatkan tubuh ideal dan sehat. Namun, jangan sampai cara yang Anda gunakan justru membuat berat badan Anda bertambah dan menimbulkan penyakit.

Jalani pola makan sehat dengan membiasakan pola hidup sehat. Mulailah dengan cerdas memilih makanan dan minuman yang akan Anda konsumsi. Jangan lupa imbangi dengan buah-buahan, olahraga dan air putih yang cukup. Tanpa disadari, berat badan Anda perlahan-lahan akan menurun dan tentunya tubuh Anda akan tetap sehat.

Demikian ulasan tentang Yuk Ikuti Beberapa Cara Menurunkan Berat Badan Saat Berpuasa seperti yang dilansir slot gacor, Semoga bermanfaat. 

Ikuti tulisan menarik Rina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler