Foto Facebook dan Kepribadian

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ternyata foto-foto yang kita unggah melalui jejaring sosial, mampu membaca sifat kepribadian seseorang. Termasuk yang manakah Anda?

Keterlibatan terhadap media sosial seringkali mampu melucuti kepribadian seseorang. Berbagai macam tulisan pendek yang kita unggah ke media sosial tak jarang memperlihatkan karakter seseorang.

Facebook misalnya. Cara seseorang mengunggah sejumlah foto-foto dalam halaman facebook ternyata dapat memperlihatkan banyak hal tentang kepribadian. Sebuah penelitian menemukan bahwa kepribadian ekstrovert dan neurotis sama-sama akan mengunggah sejumlah besar foto ke halaman facebook mereka. Tetapi bedanya, si ekstrovert cenderung memasang foto untuk mengubah cover profil mereka. Sedangkan si neurotis justru cenderung mengunggah foto untuk memperkaya album foto mereka.

Para peneliti di departemen psikologi, University of Wolverhampton, Inggris merekrut lebih dari 100 orang responden berusia 17 hingga 55 tahun. Mereka diharuskan menyelesaikan kuesioner tentang kepribadian dan demografi tiap individu. Lebih dari 70 persen responden adalah perempuan. Para peneliti tersebut mencermati bagaimana tiap-tiap individu mengunggah foto dan berinteraksi dengan teman-temannya di jejaring Facebook itu.

Hubungan antara pribadi ekstrovert dan kecenderungan untuk mengunggah banyak foto mungkin tidak terlalu mengejutkan. Tapi bagaimana bisa kecenderungan yang sama dijelaskan dalam pribadi neurotis. Mereka digambarkan sebagai orang dengan sifat temperamental yang rentan terhadap stres dan mudah terserang cemas.

Orang dengan neurotis sangat menginginkan persetujuan dalam segala sesuatunya. Tetapi mungkin tidak menjadi komunikator yang baik dan tidak memiliki keterampilan sosial. Sebagai individu yang mudah cemas, mereka melihat Facebook sebagai tempat yang aman untuk ekspresi diri dan mengkompensasi kekurangan mereka.

Temuan mereka menunjukkan bahwa pribadi neurotis akan mencari penerimaan diri secara implisit melalui unggah foto yang intensif. Alasannya, supaya terlihat lebih menarik dan populer. Selain itu, dalam jejaring Facebook, memberi tanda suka dan mengomentari foto yang terupdate adalah menyiratkan perhatian dan kepedulian terhadap peristiwa kehidupan teman-temannya. Jadi, termasuk pribadi yang manakah Anda?

Bagikan Artikel Ini
img-content
izmie san

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

Virus-Virus Pembawa Kematian

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
img-content

Mencermati Kecerdasan Gajah

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Urban

Lihat semua